Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Minimalis yang Sering Diterapkan

Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Minimalis yang Sering Diterapkan

MyGriya – Rumah terdiri dari berbagai elemen dasar sebagai penyusunnya. Elemen-elemen dasar tersebut memiliki peranan yang cukup penting terhadap terbentuknya sebuah rumah. Salah satu elemen dasar tesebut adalah jendela dan juga pintu. Keduanya memiliki pernan yang sangat penting baik untuk fungsi penggunaan dan sisi dekoratif rumah. Untuk menghadirkan kedua elemen tersebut, kamu harus memikirkan ukurannya terlebih dahulu. Ukuran kusen pintu dan jendela minimalis ini juga harus disesuaikan dengan luas dan tinggi bangunan.

Jika salah dalam menentukan ukurannya, bisa jadi tampilan rumah akan sedikit janggal dan kurang menarik. Untuk informasi selengkapnya mengenai ukuran kusen pintu dan jendela minimalis, bisa kamu simak di bawah ini.

Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Minimalis yang Sering Diterapkan

Jendela dan pintu menjadi elemen dasar pada rumah yang mana keberadaannya sangatlah penting. Pintu ini sendiri berfungsi sebagai tempat atau jalan dari penghuni untuk keluar masuk rumah atau mengekses ruangan lain dalam rumah. Sementara untuk jendela sendiri berfungsi sebagai tempat atau jalannya udara dan cahaya ke dalam rumah.

Selian memiliki fungsi utama tersebut, kedua elemen dasar rumah ini juga memiliki nilai estetika. Jendela dan pintu juga berperan penting untuk membuat tampilan rumah mejadi lebih cantik dan elegan, baik itu dari sisi interior maupun eksterior rumah.

Mengenai ukuran kusen pintu dan jendela minimalis ini sendiri bisa disesuaikan dengan tata letak maupun fungsinya masing-masing. Misalnya pintu utama rumah dengan pintu kamar tidur, tentunya ukurannya berbeda. Atau misalnya juga jendela di ruang utama rumah dengan jendela di kamar tidur yang juga berbeda ukurannya.

Ukuran kusen pintu rumah

Baca juga : 5 Contoh Model Pintu Garasi Kayu untuk Rumah Minimalis Modern

Ada beberapa jenis pintu yang dibedakan sesuai dengan tata letak dan juga kegunaanya, diantaranya pintu utama rumah, pintu kamar tidur, pintu kamar mandi, dan juga pintu folding door. Ukuran kusen dari masing-masing pintu tersebut tentunya berbeda satu sama lain. Biasanya ukuran kusen pintu utama rumah akan dibuat lebih besar dibandingkan dengan kusen pintu di ruangan lainnya.

  • Ukuran kusen pintu utama = lebar 90cm dan tinggi 210

Seperti yang dijelaskan di atas, pintu utama rumah dibuat lebih besar daripada pintu-pintu lain di dalam rumah. Ini karena pintu utama adalah tempat awal semua penghuni untuk memasuki rumah. Selain itu, juga mejadi jalan utama untuk memasukkan barang-barang yang dibutuhkan untuk rumah. Pintu utama rumah juga menjadi aksen pada wajah rumah yang paling utama dilihat penghuni dan juga kerabat yang berkunjung. Biasanya dibuat lebih mewah dengan berbagai motif dan fokus.

  • Ukuran kusen pintu kamar = lebar 80cm dan tinggi 190cm

Pintu kamar dibuat lebih kecil daripada pintu utama, karena memang fungsinya yang hanya menjadi jalan keluar masuk di penghuni kamar saja.

  • Ukuran kusen pintu kamar mandi = lebar 70cm dan tinggi 180cm

Untuk pintu kamar mandi dibuat lebih kecil lagi dari pada pintu kamar, yang mana ukurannya tersebut disesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas.

  • Ukuran kusen pintu folding door = lebar 65cm dan tinggi 238

Pintu folding door sendiri dibuat agar memanjang ke atas karena memang disesuaikan dengan fungsinya.

Ukuran kusen jendela

ukuran kusen jendela

Baca juga : Model Kusen Jendela Ruang Tamu Paling Kece dan Elegan

Tidak jauh berbeda dengan ukuran kusen pintu, ukuran jendela sendiri juga dibedakan sesuai tata letak dan juga kegunaannya.

  • Ukuran jendela ruang utama rumah = 80cm x 120cm

Dibuat cukup luas karena fungsi dari jendela utama untuk memberikan pencahayaan yang baik untuk ruang utama yang juga luas. Selain itu, juga berfungsi untuk lebih memaksimalkan sirkulasi udara dalam rumah.

Selain ukurannya, juga perlu diperhatikan jarak atau tinggi jendela dari lantai. Umumnya pintu utama memiliki tinggi 200cm sehingga ketinggian jendela dari lantai ini bisa dibuat setinggi 80cm.

  • Ukuran jendela ruang kamar = 60cm x 80cm

Jendela kamar dibuat lebih kecil ukurannya dikarenakan fungsinya untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya yang tidak terlalu besar.

Itulah tadi informasi mengenai ukuran kusen pintu dan jendela minimalis yang paling sering diterapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password