Trik Membuat Ruang Kedap Suara Sederhana Paling Mudah

trik membuat ruang kedap suara

MyGriya – Ketenangan ketika berada di dalam rumah sudah seharusnya didapatkan oleh setiap penghuni. Tapi hal ini tidak akan pernah didapatkan jika rumah Anda berada di daerah perkotaan atau dekat dengan jalan raya. Suara bising dari kendaraan yang melintas atau karena aktifitas lain yang cukup ramai, akan masuk ke dalam rumah yang akhirnya akan membuat penghuni jadi terganggu. Tak hanya siang hari, terkadang di malam hari sekalipun suara bising masih tetap saja terdengar.

Suara bising seperti ini sebenarnya bisa Anda minimalisir dengan cara membuat ruangan dalam rumah kedap suara. Suara yang masuk akan di tangkat dan akhirnya tidak akan ada lagi suara bising yang mengganggu. Tak perlu mengeluarkan banyak biaya, hanya dengan cara sederhana maka Anda sudah bisa menciptakan ruangan kedap suara tersebut. Lantas, bagaimana cara atau trik membuat ruang kedap suara sederhana tersebut? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Trik Membuat Ruang Kedap Suara Sederhana Paling Mudah

trik membuat ruang kedap suara

Menggunakan tirai

Trik membuat ruang kedap suara yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tirai. Suara bising yang masuk melalui jendela nantinya akan cegah oleh tirai sehingga akhirnya suara bising menjadi lebih diminimalisir. Gunakan tirai ganda supaya manfaatnya dalam menangkal suara bising bisa lebih sempurna.

Menggunakan styrofoam

trik membuat ruang kedap suara

Styrofoam memang menjadi salah satu benda yang memiliki kemampuan untuk meredam suara bising. Banyak orang yang memanfaatkan styrofoam atau gabus ini sebagai pelapis bagian bawah dari atap seng untuk meredam suara bisingnya. Selain suara bising dari seng, styrofoam juga bisa Anda manfaatkan sebagai peredam suara bising dari luar ruangan. Ruangan akan menjadi kedap suara dengan pengaplikasiannya.

Menggunakan acoustic foam

trik membuat ruang kedap suara

Hampir sama dengan styrofoam, acoustic foam juga diklaim sebagai benda terbaik untuk meredam suara. Hanya  saja, acoustic foam ini lebih baik fungsinya sebagai peredam suara jika dibandingkan dengan styrofoam. Acoustic foam memiliki bentuk tonjolan seperti layaknya karpet telur dengan bahan yang terbuat dari busa lembut, sering digunakan untuk ruang studio professional. Biasanya acoustic foam ini dijual dalam bentuk lembaran berukuran 2×1 m dan dengan ketebalan 5 cm.

Menggunakan karpet

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa karpet ternyata bisa menyerap suara dan mencegah suara keluar melewatinya. Dengan kemampuannya tersebut, Anda bisa memanfaatkan karpet untuk menciptakan ruang kedap suara di rumah sendiri. Gunakan karpet dan tempelkan pada bagian-bagian ruangan yang dibutuhkan agar suara bisa di redam dengan baik. Selain meredam suara, karpet ternyata juga bisa meredam gema dan getaran. Bukti karpet bisa meredam suara bisa kita temukan pada bioskop-bioskop, dimana memang menggunakan karpet tebal di dalamnya.

Menggunkan lukisan dengan kanvas

Selain beberapa cara diatas, trik menciptakan ruang kedap suara yang selanjutnya adalah dengan memanfaatka kanvas yang dibuat dasar lukisan. Cara yang satu ini memiliki fungsi ganda, yakni sebagai peredam suara dan juga untuk mempercantik ruangan. Karena itulah, tak hanya suara bising yang bisa Anda cegah, tapi juga tampilan ruangan yang cantik dan elegan juga didapatkan.

Menggunakan pelindung udara

Setiap lubang udara yang ada di suatu ruangan, itulah yang menjadi tempat masuknya getaran atau suara. Karena itulah, Anda harus menutupnya dengan pelindung udara atau yang memiliki nama door draft protector. Anda bisa memasangnya dibagian bawah pintu yang memang tersedia lubang.

Itulah tadi beberapa trik membuat ruang kedap suara sederhana yang bisa Anda terapkan sendiri. Cegah suara bising masuk ke dalam ruangan dan nikmatilah ketenangan di dalamnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password