Terungkap, Trik Jernihkan Air Sumur Tercemar dengan Filter! Tertarik Mencoba?

trik jernihkan air sumur

Air merupakan unsur alam yang paling penting dalam kehidupan. Setiap makhluk hidup baik tumbuhan, hewan, maupun manusia membutuhkan air. Bagi tumbuhan, air dibutuhkan untuk berfotosintesis disamping sinar matahari. Air dibutuhkan oleh hewan untuk minum agar tetap hidup. Bahkan beberapa spesies juga hanya mampu hidup di dalam air.

Pada kehidupan manusia, kebutuhan akan air jauh lebih kompleks. Air tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan dasariah makhluk hidup saja seperti minum. Manusia membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari seperti mandi, mencuci, memasak, berendam, berenang, membilas, serta beberapa aktivitas yang menunjang kehidupan setiap manusia lainnya.

Kebutuhan air bagi manusia sangat beragam. Untuk mencukupi kebutuhan ini manusia tidak tanggung-tanggung memilih air yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Manusia pasti memilih menggunakan air bersih dalam setiap kegiatannya. Air bersih adalah air murni yang tidak tercampur materi-materi polutan atau pencemar. Umumnya air bersih tidak berwarna alias bening dan tidak berasa. Sedangkan air yang sudah tercemar atau mengandung polutan biasanya sudah berwarna dan berasa.

sungai yang jernih

Air tanah selama ini dipercaya terjaga kebersihannya pun sesungguhnya masih rentan terhadap polutan. Kita tentunya tidak ingin membiarkan air yang kita konsumsi bersama anak istri kita terkena polusi bukan? Air yang tercemar ini berbahaya dan sangat mengganggu kesehatan kita. Tentunya kita dapat membeli filter-filter air yang dapat beli di toko-toko bahan bangunan atau sejenisnya.

Namun apabila kita membuatnya sendiri justru akan lebih hemat bukan? Setidaknya kita juga memahami bagaimana kinerja sistem filter ini. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara dan kinerja filter air secara sederhana.

Siapkan Bahan

filter air jernih

Pertama, siapkan bahan terlebih dahulu seperti wadah, ember, filter, kerikil, pasir, dan arang aktif. Wadah ini bisa apa saja asalkan dapat menampung materi-materi lainnya. Wadah dapat berupa baskom, ember, botol air minum, paralon, atau apapun yang dapat menampung air dan materi-materi di atas agar tidak tumpah.

Kedua, masukkan filter pada bagian bawah. Filter ini penting untuk menahan beban dari keseluruhan materi yang ada. Pastikan filter ini kuat menahannya. Kita dapat mengikat mensolasi ataupun memakunya agar kuat. Kemudian masukkan arang aktif di atasnya. Arang aktif ini berfungsi mengikat molekul-molekul polutan atau materi-materi pencemar yang ada di air. Adapun arang ini bisa dibuat dari sabut kelapa yang dibakar hangus.

Ketiga, masukkan filter sebagai pemisah materi. Hal ini dilakukan agar bagian arang aktif ini tidak bercampur dengan pasir. Kemudian masukkan pasir halus. Pasir ini berfungsi untuk menyaring endapan-endapan atau partikel-partikel yang menyebabkan air tercemar. Keempat, masukkan filter lagi untuk memisahkan materi pasir dan kerikil. Kemudian masukkan kerikil dan ratakan. Kerikil ini berfungsi untuk menyaring bahan-bahan pencemar air yang kasar.

air bersih

Proses penyaringan air ini tidak langsung dapat bersih dalam sekali penyaringan. Penyaringan harus dilakukan berulang-ulang. Untuk melakukannya tentu sangat melelahkan apabila kita harus mengisi air berulang-ulang. Setidaknya kegiatan ini akan lebih efisien apabila menggunakan pompa. Lebih enak lagi dengan pompa listrik Shimizu PS-230 BIT yang merupakan jenis pompa terbaik keluaran Shimizu.

Pompa air Shimizu PS-230 BIT memiliki sudut pipa sedot dan dorong dengan diameter 1 inchi. Pompa ini mampu menarik air sebanyak 28 liter per menit. Dengan pompa Shimizu PS-230 BIT upaya distribusi air pasti dapat terlaksana dengan baik.

Nah, demikianlah informasi tentang cara menyaring atau memfilter air tanah di rumah kita. Ada kalanya kita waspada tentang bahaya air yang tercemar di sekitar rumah. Dengan memahami sekurang-kurangnya konsep dasar tentang cara menjernihkan air ini setidaknya kita dapat merasa lebih aman di rumah kita sendiri. Jangan lupa, gunakanlah produk-produk Shimizu untuk menjamin ketersediaan air di rumah Anda. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber Gambar : baodauthau, wartabromo, blogspot, social-impakt

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password