Tips Rumah Aman ketika Ditinggal Liburan

rumah aman

Mygriya.com – Angka kriminalitas yang cukup tinggi khususnya di kota besar memang kadangkala meresahkan. Data statistik menyebutkan bahwa setiap 37 detik ada satu rumah aman yang dibobol oleh maling. Hal ini membuat lebih dari satu juta kasus pencurian terjadi setiap tahunnya. Bahkan lebih parahnya angka pencurian di rumah meningkat hingga 3 persen tiap tahunnya.

Jangan biarkan pencuri dan maling menjadi halangan bagi Anda yang ingin menikmati liburan, khususnya liburan akhir tahun seperti yang akan hadir saat ini. Berikut adalah tips rumah aman ketika ditinggal liburan

Jangan Biarkan Rumah Gelap

rumah aman

Penting untuk diketahui bahwa pencuri sebenarnya sangat gelisah dan gugup saat melakukan tindakan kejahatan. Oleh karena itu mereka lebih memilih melakukan pencurian di lokasi yang redup atau gelap. Kelemahan tersebut bisa kita manfaatkan. Caranya? Lampu keamanan dengan sensor gerakan. Trik seperti ini merupakan cara efektif dalam menangkal maling. Ketika maling bergerak, lampu keamanan akan menyala dan mengagetkan maling. Mereka pun umumnya akan membatalkan niatnya.

Terdapat pula lampu yang dirancang agar dapat mati sendiri hanya dengan mendeteksi cahaya matahari. Anda dapat menggunakan lampu ini jika anda meninggalkan rumah dan pada saat itu juga rumah tidak terkesan kosong.

Jangan Perlihatkan Rumah Kosong

Jika waktu liburan Anda akan memakan waktu yang cukup lama ada baiknya untuk menitipkan rumah ke tetangga atau security di lingkungan setempat. Mintalah mereka secara rutin untuk mengecek ke sekeliling rumah dan memberitahukan jika ada sesuatu hal yang mencurigakan. Selain itu jika Anda memiliki kiriman surat atau paket, baiknya agar alamatnya dialihkan ke rumah tetangga untuk sementara sehingga tak terlihat kalau rumah sedang kosong.

Kecilkan Suara Dering Telepon

Saat berencana meninggalkan rumah, jangan lupa mengecilkan suara dering telepon rumah Anda. Selain itu putuskan pula sambungan ke voice mail, yang membuat orang berasumsi rumah Anda sedang kosong.

Simpan Harta Berharga

Hindari penempatan barang berharga di rumah atau lokasi-lokasi ‘istimewa’ seperti dasar lemari pakaian, di bawah kasur atau bahkan di kotak sepatu Anda. Tempat tersebut sudah dapat diperkirakan oleh maling. Oleh karena itu sebaiknya simpan uang di tampat yang tidak terduga agar rumah aman, barang berharga dan perhiasan Anda di kotak deposit dalam bank, Pegadaian atau lembaga penitipan barang berharga yang aman dan terpercaya.

Gunakan Kunci yang Kokoh

Agar rumah aman, gunakan kunci yang kokoh, karena sangat penting jika Anda berencana meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Jangan hanya bergantung pada satu kunci tapi gunakan kunci tambahan seperti deadlock dan five point lock atau bila punya dana lebih, menambah pintu besi menjadi pelapis pintu utama cukup efektif. Ini akan membuat pencuri kesulitan membongkar pintu dan membuat mereka kehilangan minat untuk melanjutkan usahanya.

Selain pintu, jendela juga harus diperkuat dengan baik. Pasang teralis pada jendela rumah, hal ini akan mengurangi salah satu jalan masuknya pencuri kedalam rumah. Selain itu penggunaan kaca film yang cukup gelap juga akan membuat maling tidak mengetahui ada tidaknya orang di dalam rumah.

Baca Juga : Tips Membuat Taman yang Aman Bagi Anak

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password