Tips Negosiasi Saat Membeli Rumah Second

tips negosiasi saat membeli rumah Second

Mygriya – Tips Negosiasi Saat Membeli Rumah Second – Pasangan muda pasti ingin hidup lebih mandiri dan menjalani kehidupan barunya bersama pasangan. Satu hal yang paling penting saat akan hidup mandiri adalah rumah. Rumah inilah yang menjadi saksi perjalanan pahit dan manis rumah tangga Anda dan pasangan.

Tetapi bagaimana jika Anda tak memiliki dana lebih untuk membangun sebuah rumah? Jawabannya adalah dengan membeli rumah second. Rumah second lebih baik karena harga yang bisa didapatkan lebih murah jika dibandingkan membangunnya mulai dari nol. Tetapi demikian ada beberapa hal penting saat negosiasi rumah second yang perlu Anda perhatikan.

Tips Negosiasi Saat Membeli Rumah Second

Beli rumah seken

Riset harga pasar

Saat akan membeli rumah second, terlebih dahulu Anda harus tahu harga pasar. Jangan sampai nanti Anda mendapatkan harga yang mahal dan tidak sesuai dengan hasil rumah yang dibeli. Terlebih dahulu lakukan riset pasar, sehingga nantinya Anda tahu harga pasar untuk rumah second.

Biarkan penjual menyebutkan harganya dulu

Saat akan membeli rumah second, sebaiknya Anda menunggu sang penjual untuk menyebutkan harga untuk rumah second tersebut. Jangan sampai Anda menyebutkan angka untuk harga rumah terlebih dahulu. Bisa jadi Anda memasang harga yang terlalu mahal.

Menawar dengan harga lebih murah

Saat penjual sudah menyebutkan angkanya, barulah Anda bisa menawar dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian maka Anda akan mendapatkan rumah dengan harga yang wajar dan sesuai dengan kondisi serta lokasi rumah tersebut.

Mengecek kondisi rumah dan surat-suratnya

Langkah selanjutnya saat akan membeli rumah adalah melakukan pengecekan pada kondisi rumah dan surat-surat legalnya. Jangan sampai rumah yang Anda beli, surat-suratnya sudah tidak lengkap. Atau juga bisa jadi surat yang disuguhkan adalah palsu. Karena itu, lakukan cek terlebih dahulu.

Memberikan selang waktu

Saat akan membeli sebuah rumah, sebaiknya Anda memberikan selang waktu. Jangan hari negosiasi langsung deal waktu itu juga. Sebaiknya Anda memikirkannya terlebih dahulu lebih matang agar Anda bisa mendapatkan rumah second yang layak dan sesuai dengan keinginan Anda.

Demikian tadi cara negosiasi saat membeli rumah second yang bisa kami bagikan kepada Anda semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password