6 Tips Merancang Interior Rumah Tropis

interior rumah tropis

Selain rumah bergaya minimalis, rumah bergaya tropis bisa menjadi pilihan untuk diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia. Konsep rumah tropis ini akan membantu pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami untuk rumah-rumah yang berada di negara-negara tropis, salah satunya Indonesia.

Rumah tropis mempunyai karakteristik berupa selasar atau teras yang cukup lebar, beratap miring atau kerucut, dan setiap ruangannya dirancang memiliki bukaan berupa jendela yang bisa dilalui udara dan pancaran sinar matahari yang baik.

Rumah bergaya tropis juga sering disebut sebagai rumah relaksasi karena rumah tropis ini memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik yang dapat mendukung kesehatan para penghuni. Sehingga, Anda pun bisa sangat betah berada di dalam rumah setiap saat.

Dalam membuat rumah bergaya tropis, Anda dapat memulainya dengan mendekorasi bagian dalam (interior) terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips yang dikutip dari enlightenme.com untuk membuat desain interior rumah tropis.

  1. Suasana hutan sabana tropis yang dilengkapi dengan pencahayaan yang teduh merupakan alah satu inspirasi dari rumah tropis. Maka, Anda sebaiknya memilih warna cat dinding yang sesuai dengan warna-warna alam seperti putih, krem, biru muda, biru lembut, maupun hijau muda. Semua warna tersebut akan memberikan efek teduh dan perasaan yang lapang.
  2. Gunakan material bambu atau kayu untuk bagian jendela di ruangan rumah Anda. Mungkin sekilas ini akan seperti rumah-rumah tradisional, tapi rumah tradisional Indonesia sejak dulu memang telah mencirikan rumah khas tropis yang aman. Agar terlihat lebih cantik, Anda pun bisa menambahkan tirai.
  3. Pilih material dan corak pada furnitur yang memberikan nuansa tropis yang alami. Sebagai contoh, Anda bisa memilih kursi dan meja yang terbuat dari kayu atau rotan. Begitu pula dengan hiasan rumah lainnya, Anda dapat menambahkan lampu-lampu kayu dan gambar-gambar pemandangan di ruangan rumah Anda agar bisa memberikan inspirasi alam. Anda juga bisa menyediakan bantal-bantal kecil pada kursi kayu Anda.
  4. Umumnya, rumah tropis sangat identik dengan unsur hijau dari tanaman. Sehingga, Anda pun bisa menambahkan beberapa jenis tanaman untuk ditempatkan pada bagian interior rumah. Contohnya adalah tanaman palm yang dapat diletakkan di ruang tamu.
  5. Gunakan kipas angin gantung pada langit-langit rumah. Penggunaan kipas angin ini sebetulnya tambahan jika diperlukan. Namun, pendingin ruangan biasanya sangat jarang digunakan pada rumah-rumah tropis. Sebab, angin yang berasal dari kipas angin akan menambah kesan alami dari rumah tropis.
  6. Tambahkan akuarium sedang di dalam ruangan agar nuansa tropis semakin kuat. Gemericik air dan gerakan ikan pada akuarium dapat memberikan kesan alam dan pengaruhnya sangat baik untuk relaksasi penghuni. Akan tetapi, Anda tentu harus rajin merawat dan membersihkannya agar akuarium tetap bersih dan indah.

 

Sumber : rumah.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password