Tips Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampat dan Selalu Lancar

tips menjaga saluran air di rumah

MyGriya – Dalam aspek kebersihan rumah, saluran air memegang peranan yang sangat penting. Salah satu fungsi saluran air di rumah adalah untuk menjaga pembuangan daerah pembuangan di rumah.  Biasanya pada sebuah rumah, terdapat dua macam saluran air yaitu yang pertama adalah saluran air untuk limbah cair dan yang kedua adalah saluran air untuk limbah air cuci dan mandi.

Seringkali di umur yang sudah semakin tua biasanya saluran air mengalami berbagai macam masalah. Salah satunya adalah masalah saluran air yang mampat dan tidak lancar, karena itu Anda harus bisa menjaga saluran air di rumah agar tidak mengalami masalah tersebut. Berikut bagaimana tips menjaga saluran air di rumah agar tidak mampat dan selalu lancar yang Anda bisa terapkan. Cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Tips Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampat dan Selalu Lancar

  1. Hindari membuang sampah di saluran air

Tips Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampat dan Selalu Lancar

Mampatnya saluran air sebenarnya dapat dicegah dengan mudah. Salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah apapun ke dalam wastafel, kloset dan juga bak cuci piring. Sisa makanannya sendiri ada baiknya secara langsung Anda buang ke tempat sampah.

Sampah cair seperti halnya minyak, mentega juga santan bisa Anda saring lebih dulu sebelum Anda buang ke saluran air atau Anda buang secara langsung ketika dimasukkan ke dalam sebuah wadah. Hal ini juga agar Anda tak perlu repot melakukan penyedotan ketika saluran airnya mampet dan berpikirlah ulang sebelum Anda buang sampah apa saja ke dalam wastafel serta juga bak cuci.

  1. Bersihkan lubang saluran air secara rutin

Tips Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampat dan Selalu Lancar

Baca juga : Cara Ampuh Atasi Wastafel Mampet yang Bisa Anda Coba

Menyangkutnya sisa makanan dan juga helaian rambut memang seringkali tidak dapat dihindari. Karenanya Anda harus bersihkan lubang atau ujung pipa saluran air paling tidak selama satu minggu sekali.

Anda bisa gunakan cairan desinfektan untuk membasmi bakteri dan berbagai macam kuman penyakit yang bersarang disana. Manfaatkan juga aneka bahan masak seperti halnya baking soda, cuka dan berbagai bahan lain untuk menghancurkan kotoran yang mengalami penggumpalan didalam saluran airnya.

  1. Pastikan sistem pemipaan sedang tidak bermasalah

Tips Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampat dan Selalu Lancar

Baca juga : Jenis Saluran Air Perumahan yang Biasanya Jadi Pilihan di Perkotaan

Sistem pemipaan juga memberikan suatu andil atas kelancaran aliran di saluran air. Kotoran yang terdapat di bagian saluran air biasanya rawan tersangkut di area kelokan. Dalam mencegah hal ini terjadi maka Anda perlu terapkan sistem pipa belok Y dengan tingkat kemiringan kurang dari 45 derajad.

Sistem pemipaan lain yang sering digunakan untuk saluran air yaitu sistem belok T dengan tingkat kemiringan mencapai 45 derajad dimana justru hal ini lebih mudah memberikan sumbatan. Didalam sistem pemipaan saluran airnya sendiri, bisa jadi semakin miring maka aliran airnya bisa menjadi jauh semakin lancar.

Itulah beberapa tips menjaga saluran air di rumah agar tidak mampat dan selalu lancar yang Anda perlu tahu. Untuk Anda yang kebetulan sudah mengalami masalah saluran air yang mampat dan ingin mengatasinya, segera atasi.

Carilah berbagai peralatan dan perlengkapan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Semua produk kebutuhan Anda bisa ditemukan di AKULAKU. Bahkan tak hanya peralatan dan perlengkapan saluran air, produk furniture sampai dengan berbagai item dekorasi yang lain bisa Anda temukan di AKULAKU. Tak hanya itu, untuk menjangkau kebutuhan semua lapisan masyarakat Indonesia, AKULAKU juga hadir menjadi satu – satunya aplikasi kredit  terbaik di Indonesia yang akan memberikan kemudahan berbelanja melalui cicilan dengan bunga hanya 0% saja.

Masih nunggu apalagi untuk belanja di AKULAKU? Segera nikmati kemudahan belanja hemat di AKULAKU sekarang juga! Oh ya, kabar baiknya lagi, AKULAKU sekarang bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon belanja up to 700.000. Gunakan kode voucher AIDIA1 dan nikmati diskon besarnya bersama AKULAKU. See u soon!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password