Tips Mengolah Sampah Organik di Rumah Menjadi Kompos

Tips Mengolah Sampah Organik di Rumah Menjadi Kompos

Mygriya.com – Tidak bisa dipungkiri, aktivitas rumah tangga menghasilkan sampah yang cukup banyak. Mengolah hasil sampah organik menjadi kompos merupakan solusi yang bermanfaat.

Jika sampah anorganik kebanyakan didaur ulang menjadi barang baru atau bahan kerajinan, sampah organik, seperti sisa sayur dan buah, bisa menjadi kompos.

Karena itu, jangan buang sisa makanan atau bahan masakan ke tempat sampah, justru ciptakanlah semuanya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Cara ini sekarang sudah banyak diterapkan di lingkungan rumah, masyarakat dan mengenalnya dengan nama “bank sampah”.

Biasanya, terdapat tempat sampah yang diletakkan di sekitar tempat tinggal. Masyarakat mengumpulkan sampah organik kemudian membuangnya ke tempat sampah tersebut.

Sampah organik kemudian diolah menjadi kompos dan digunakan untuk menanam tumbuhan yang difungsikan untuk menghijaukan daerah sekitar.

Namun, sebenarnya kompos skala rumah tangga juga dapat dibuat oleh masyarakat sendiri. Caranya pun tidak sulit dan hasilnya dapat diterapkan di pekarangan rumah.

Tips Mengolah Sampah Organik di Rumah Menjadi Kompos

Tips Mengolah Sampah Organik

Pertama, pisahkan dan kumpulkan sampah sayur, nasi, buah, atau biji buah.

Kemudian, siapkan sampah organik kering, seperti dedaunan kering, serta kompos yang sudah jadi.

Campurkan semua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1, kemudian aduk hingga rata lalu beri air yang cukup hingga mencapai kelembapan sekitar 30%.

Baca Juga : Mempercantik Taman Rumah dengan Bunga Alamanda

Simpan bahan tersebut dalam komposter atau wadah tertutup dan berlubang di bagian bawahnya yang berguna sebagai sirkulasi udara dan pembuangan air sampah.

Jika bisa, tambahkan gabungan bahan yang sama kedalam wadah tersebut setiap hari.

Namun, masukkan tanah terlebih dahulu di tiap lapisan wadahnya.

Kotoran binatang juga dapat membantu proses pembentukan kompos menjadi lebih baik. Nantinya, akan muncul belatung dan berbau, namun hal tersebut merupakan pertanda baik.

Pembuatan kompos dengan langkah ini membutuhkan waktu 2-3 bulan. Lalu, campuran tersebut akan berubah bentuk, serta ditandai dengan berwarna kehitaman.

Namun, bila campuran tersebut basah dan berbau busuk, itu artinya kompos yang Anda buat belum berhasil.

Saring kompos yang sudah Anda buat, lalu pisahkan antara yang halus dan kasar, kompos kasar tersebut bisa digunakan kembali sebagai bahan campuran pembuatan kompos berikutnya.

Bila Anda ingin mempercepat proses pembusukan serta menghilangkan bau, aktivator berupa effective microorganism (EM-4) yang tersedia di toko, dapat Anda gunakan.

Sebelumnya, buatlah larutan air, gula, dan EM-4 sebanyak bahan yang tersedia. Kemudian, lakukan urutan langkah yang sama, hanya mengganti fungsi air dengan EM-4.

Jika Anda melakukan cara ini, maka pupuk untuk tanaman di rumah Anda bisa didapatkan dengan gratis dan sudah terjamin kebersihannya.

Selan itu, dengan langkah mengubah sampah menjadi kompos menjadikan orang-orang dapat mengurangi sampah dan pastinya menjaga lingkungan supaya tetap bersih.

Baca Juga : Tips Desain Taman Rumah yang Nyaman

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password