Tips Mendesain Kamar untuk Bayi yang Benar Agar Aman dan Nyaman

tips mendesain kamar untuk bayi

Mygriya – Tips Mendesain Kamar untuk Bayi – Kehadiran seorang bayi dalam keluarga memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan. Apalagi bagi mereka yang baru menjalani hidup berumah tangga, pasti akan sangat menantikan momen indah ini.

Dan ketika bayi sudah lahir dan umurnya sudah semakin besar, tidak ada salahnya untuk kita membuat kamar bayi terpisah. Kamar khusus bayi ini akan membuat bayi lebih mandiri karena sudah terbiasa tidur tanpa ditemani. Tapi demikian, semua hal harus dipikirkan agar bayi tetap aman dan nyaman meskipun tidur sendirian di kamar khususnya. Berikut ini tips mendesain kamar untuk bayi yang benar agar aman dan nyaman bisa Anda terapkan.

Tips Mendesain Kamar untuk Bayi yang Benar Agar Aman dan Nyaman

Pilih lokasi ruang yang strategis

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan membuat kamar khusus untuk bayi adalah lokasinya harus strategis. Strategis disini maksutnya adalah dekat dengan kamar utama atau juga dengan ruang tamu serta ruang keluarga. Dengan demikian, kita akan lebih mudah mengontrol aktifitas bayi saat berada dalam kamarnya sendiri. Selain itu, sebaiknya kamar untuk bayi ini tidak terlalu dekat dengan dapur, karena biasanya ruangan ini mengeluarkan suara bising yang akan membuat bayi kurang tenang.

Perhatikan pencahayaan dan sirkulasi udaranya

Selanjutnya adalah dengan membuat pencahayaan alami yakni dari sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi memang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang bayi agar lebih kuat. Selain itu, sirkulasi udara juga penting untuk diperhatikan. Pastikan sirkulasi udara dalam kamar cukup baik sebagai jalan keluar masuknya udara.

Warna cat kamar

Warna cat dinding untuk kamar bayi ini juga perlu diperhatikan. Warna cat yang cocok untuk kamar bayi adalah warna-warna pastel. Sesuaikan dengan warna elemen lain pada kamar, seperti furniture, ranjang bayi dan lain sebagainya. Sebaliknya, jangan pernah menggunakan warna gelap maupun terlalu cerah pada kamar bayi karena akan membuatnya ketakutan dan kurang nyaman.

Perabotan kamar bayi

Dan yang terakhir hal yang perlu diperhatikan adalah perabotan kamar bayi, seperti ranjang box bayi, lemari bayi, kursi kecil, dan lain sebagainya. Pastikan Anda menggunakan kelambu untuk ranjang box bayi untuk melindunginya dari gigitan nyamuk dan juga serangga lainnya.

Itulah tadi beberapa tips mendesain kamar untuk bayi agar ia selalu dalam keadaan aman dan juga nyaman. Terapkan tips diatas agar orangtua tak khawatir lagi kalau bayi tidur di ruang terpisah.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password