Minim Budget! Tips Menciptakan Rumah Sejuk Tanpa AC

Minim Budget! Tips Menciptakan Rumah Sejuk Tanpa Penggunaan AC

MyGriya – Kenyamanan rumah tentu menjadi tujuan utama yang pasti diinginkan oleh semua penghuni rumah. Dan untuk mewujudkannya, ada banyak cara yang bisa anda terapkan. Mulai dari pemilihan desain rumah yang tepat, pembagian ruang dan penataan yang baik dan juga dekorasi rumah yang indah. Jika semuanya tersebut sudah terpenuhi, bukan tidak mungkin rumah akan memberikan kenyamanan dan kedamaian bagi para penghuninya.

Lain dari itu semua, terkadang ada beberapa masalah yang harus dihadapi oleh para penghuni rumah, yakni suhu di ruangan yang terasa sangat panas dan pengap. Untuk masalah satu ini biasanya penghuni rumah akan memanfaatkan kipas angin ataupun AC. Tapi untuk hal itu semua tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Belum lagi biaya listrik yang semakin membengkak. Masalah ini biasanya terjadi karena anda salah dalam menerapkan desain untuk rumah. Ada beberapa hal pendesainan rumah agar bisa menciptakan suhu yang sejuk di dalamnya. Dan inilah yang mungkin anda lupakan sebelum akhirnya membangun sebuah rumah.

Tips Menciptakan Rumah Sejuk Tanpa AC

Meskipun tanpa penggunaan AC atau kipas angin, interior rumah bisa memberikan hawa sejuk jika memang anda benar dalam mendesainnya. Beberapa poin penting untuk menciptakan rumah sejuk adalah penerapan ventilasi, aplikasi plafon hingga pemakaian material pembangunannya. Semuanya akan dibahas di bawah ini.

Penerapan ventilasi rumah

Hal paling utama yang perlu anda perhatikan untuk menciptakan rumah sejuk tanpa AC adalah dengan penerapan ventilasi silang. Masksutnya ventilasi silang disini adalah anda bisa mengahadirkan 2 ventilasi yang saling berhadapan pada 2 sisi dinding dalam satu ruangan rumah. Penerapan ventilasi yang seperti ini akan membuat pertukaran udara dalam ruangan dan diluar rumah menjadi lebih lancar. Suhu dalam rumah pun akan menjadi lebih sejuk meskupin tanpa menggunakan AC. Udara alami yang masuk ke dalam ruangan dalam rumah tentu juga bersifat bersih dan tidak berbahaya. Sebaliknya, udara alami akan memberikan kebaikan tersendiri bagi setiap penghuni rumah.

Ventilasi ini sendiri bisa dalam bentuk apapun, bisa jendela, pintu ataupun lubang di bagian atas dinding rumah. Ventilasi silang seperti ini lebih cocok di aplikasikan di rumah yang bagian luarnya terdapat halaman yang lumayan luas.

Baca Juga : Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC dengan Cara Simpel Ini!

Membuat plafon rumah lebih tinggi

Cara selanjutnya untuk menciptakan rumah sejuk tanpa AC adalah dengan penerapan tinggi plafon di dalam rumah. Anda bisa membuat plafon agak tinggi yang nantinya akan mampu memperlambat suhu atau udara panas yang masuk ke dalam rumah.

Cara yang seperti tidak akan membuat sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Justru sinar matahari akan terlebih dahulu membentur dinding, kemudian masih harus masuk ke rangka atap. Dari sini, barulah nanti disalurkan ke plafon dan masuk ke dalam ruangan.

Tak hanya bisa menangkal hawa panas di dalam ruangan, membuat plafon tinggi di rumah minimalis yang sempit akan membuatnya tampak lebih luas. Terlebih lagi jika anda menerapkan warna cerah di dalam rumah, akan terasa lebih lega lagi.

Baca Juga : Tips Mudah Menjadikan Rumah Sejuk Tanpa Harus Menggunakan AC dan Kipas Angin

Penggunaan material tahan panas

Dan tips terakhir untuk menciptakan rumah sejuk tanpa penggunaan AC adalah dengan menggunakan material tahan panas, misalnya aluminium foil.

Banyak sekali jenis aluminium foil dari berbagai merek yang bisa anda manfaatkan untuk meredam panas di dalam rumah.

Nantinya, material aluminium ini bisa anda aplikasikan pada bagian atap maupun dinding rumah. Tak hanya meredam panas, penggunaannya juga cukup rapi sehingga tak akan menganggu tampilan cantik rumah anda.

Itulah tadi beberapa tips menciptakan rumah sejuk tanpa AC bisa coba anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password