Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis dan Ciri-cirinya yang Perlu Anda Tahu

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis dan Ciri-cirinya yang Perlu Anda Tahu

MyGriya – Dalam mendesain sebuah rumah, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah desain pintunya. Memang terkesan sepele untuk menentukan desain pintu untuk sebuah rumah minimalis ini. Tapi kalau dilakukan dengan sembarangan, bukan tidak mungkin tampilan rumah baik dari segi interior maupun eksterior akan kurang menarik. Karena itulah, sangat penting sekali memperhatikan pemilihan pintu rumah ini. Terutama untuk pintu rumah utama.

Meskipun namanya rumah minimalis yang desainnya cukup sederhana, tapi dengan pemilihan pintu rumah yang tepat maka akan membuatnya tampil lebih cantik dan elegan. Penghuni rumah akan lebih nyaman berada di dalamnya. Untuk anda yang kurang mengerti atau bahkan tidak paham mengenai pemilihan pintu rumah minimalis, tenang saja karena di bawah ini akan dibahas mengenai hal tersebut. Selain tips memilih pintu rumah minimalis, akan dijelaskan pula mengenai ciri-ciri pintu rumah minimalis tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis yang Tepat

Mengenai pintu rumah minimalis, saat ini banyak sekali desain yang bisa anda pilih. Namun demikian, anda harus disesuaikan dengan konsep atau tema yang diterapkan pada rumah minimalis anda. Dan untuk tips pemilihannya, berikut ulasan selengkapnya:

Memperhatikan desain pintu

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk hal pemilihan pintu rumah minimalis adalah soal desain yang diusungnya. Seperti yang sudah dikatakan di atas, desain pintu rumah minimalis saat ini sudah cukup beragam. Namun yang paling umum kita temukan adalah pintu dengan kombinasi garis horizontal dan vertikal, tampak sederhana namun tetap elegan serta kokoh. Ini biasanya terdapat pada pintu yang terbuat dari bahan kayu. Ada juga  pintu bermaterial aluminium yang desainnya lebih bervariatif.

Perhatikan model dari pintu

Selain desain pintu, hal lain yang juga perlu anda perhatikan adalah menganai modelnya. Pintu rumah minimalis saat ini memiliki banyak sekali model dan bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kecocokan untuk rumah. Beberapa model pintu rumah minimalis yang ada saat ini antara lain, pintu satu daun, pintu dua daun, pintu dorong, serta juga pintu geser. Beberapa model pintu tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Bahan kayu untuk pintu

Untuk mendapatkan pintu rumah yang kokoh namun memberikan kesan alami serta cantik untuk rumah, anda perlu memperhatikan jenis kayu yang digunakan untuk pembuatan pintu.

Baca Juga : Dari Engsel Kupu-kupu Hingga Bubut, Inilah Jenis Engsel Pintu Rumah yang Perlu Anda Tahu

Misalnya seperti bahan kayu meranti yang memiliki keunggulan lebih kokoh, mudah divernis dan juga bisa dicat sesuai selera.

Selain itu ada juga kayu jati yang mana jenis kayu ini sangat kuat, awet, tahan rayap serta juga memiliki corak alami.

Ada juga jenis kayu lainnya yang tak kalah bagus untuk dijadikan sebuah pintu seperti, kayu trembesi, kayu merbau, dan juga kayu bayan.

Pemilihan warna pintu

Selanjutnya adalah untuk penerapan warna untuk sebuah pintu minimalis. Untuk masalah warna ini sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan atau selera masing-masing. Namun perlu diperhatikan juga untuk kecocokannya dengan tema atau warna dinding di rumah. Jangan sampai penerapan warna pintu menjadi kurang menarik untuk tampilan rumah.

Ciri-ciri Pintu Rumah Minimalis

Selain mengetahui cara memilih pintu rumah minimalis, pintu ini juga memiliki ciri tersendiri yang juga tak boleh anda abaikan. Berikut ini ciri-cirinya:

  • Hanya memiliki satu warna yang berfungsi untuk mempertegas tampilannya untuk sebuah rumah. Biasanya menggunakan warna netral seperti, coklat alami, abu-abu, putih, dan lain sebagainya.
  • Memiliki bentuk yang simple namun tampak elegan.
  • Pintu rumah yang terbuat dari kayu memiliki ketahanan yang kuat dan kokoh, namun tetap terlihat mewah.
  • Desainnya cenderung monoton, baik garis datar, garis tegak atau juga kombinasi dari keduanya.

Itulah tadi informasi mengenai tips memilih pintu rumah minimalis dan ciri-cirinya yang perlu anda tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password