Tips Membersihkan Karpet di Rumah dengan Mudah dan Ampuh

tips membersihkan karpet

MyGriya – Membuat tampilan interior rumah menjadi cantik dan elegan adalah tugas wajib bagi sang pemilik rumah. Tampilannya yang cantik dan elegan ini nantinya bisa membuat penghuni lebih betah dan juga nyaman berada dalam rumah. Selain itu, mereka juga tidak akan minder saat ada sanak saudara yang berkunjung ke rumah. Salah satu cara untuk mempercantik rumah, khususnya untuk ruang tamu dan keluarga adalah menghadirkan karpet sebagai alasnya. Karpet rumah ini biasanya memiliki motif yang sangat unik dan bisa membuat tampilan rumah terkesan mewah.

Menghadirkan karpet di dalam rumah, bukan hanya sekedar meletakkannya sebagai alas lalu kemudian membiarkannya. Anda sebagai pemilik rumah harus rutin melalukan perawatan dengan cara membersihkannya dari kotoran yang menempel. Karena fungsinya sebagai alas, tentu yang namanya kotoran akan lebih sering menempel diatasnya.

Untuk hal membersihkan karpet mungkin bagi sebagian orang cukup mudah. Tetapi kalau tidak dilakukan dengan benar, maka bisa jadi karpet tersebut memiliki tampilan yang kurang menarik lagi. Karena itulah, berikut ini kami bagikan informasi mengenai tips membersihkan karpet di rumah dengan mudah bisa coba Anda terapkan.

Tips Membersihkan Karpet di Rumah dengan Mudah dan Ampuh

Menggunakan vacuum cleaner

Bagi masyarakat modern saat ini pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya vacuum cleaner ini. Ya, alat penyedot debu tersebut memang akan sangat membantu Anda dalam membersihkan ruangan, tak lain juga membersihkan karpet. Debu dan kotoran yang menempel di karpet akan lebih mudah di bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner ini. Cara penggunaannya cukup mudah, tinggal menghidupkannya dan tempelkan pada bagian demi bagian karpet hingga bersih. Pembersihan karpet menggunakan vacuum cleaner lebih baik dilakukan saat pagi atau menjelang malam hari.

Menggunakan sapu lidi

Bagi pemilik rumah yang tidak memiliki vacuum cleaner tidak perlu khawatir soal pembersihan karpet yang mudah. Anda bisa menggunakan sapu lidi sebagai penghilang debu dan sisa-sisa kotoran yang ada diatasnya. Lakukan pembersihan karpet dengan sapu lidi secara rutin setiap hari agar tidak ada lagi debu dan juga kotoran yang menempel.

Mencuci secara rutin

Selain perawatan harian, agar karpet selalu dalam keadaan bersih Anda harus dengan rutin mencucinya. Cuci karpet dengan sabun cuci yang umum digunakan agar kotoran yang menempel bisa hilang. Lakukan pencucian karpet rumah ini setidaknya sebulan sekali agar kondisinya tetap baik dan bagus.

Menggunakan baking soda

Pada karpet, tak jarang juga terdapat noda yang menempel dan tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Meskipun sudah dicuci, noda tersebut tetap tidak bisa hilang. Untuk masalah yang seperti ini Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang benama baking soda. Baking soda dengan kandungan zat aktif di dalamnya memang dipercaya bisa menghilangkan noda membandel dengan mudah. Caranya tinggal Anda campurkan baking soda dengan air secukupnya, lalu kemudian gunakan sikat untuk membersihkannya. Selanjutnya bilas dengan sabun cuci dan beri pengharum agar lebih wangi.

Menggunakan es batu

Untuk cara yang satu ini bisa Anda terapkan saat karpet tertempel permen karet yang tentunya sangat susah untuk dilepaskan. Es batu akan membuat permen karet yang menempel membeku dan lebih mudah untuk dilepaskan. Caranya tinggal Anda taruh es batu pada karpet yang terkena permen karet selamat kurang lebih 2 menit. Kemudia congkel permen karet untuk melepaskannya.

Itulah tadi beberapa tips membersihkan karpet di rumah dengan mudah dan ampuh bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi yang sudah dibagikan tersebut bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password