Tips Memasang Keramik Diagonal Paling Mudah untuk Pemula

Tips Memasang Keramik Diagonal

MyGriya – Tips Memasang Keramik Diagonal – Dalam menghias rumah, khususnya untuk rumah minimalis memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menghias bagian dasar rumah ataupun lantai.

Di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini, lantai tidak hanya bisa dibuat dengan satu warna saja, dimana dulu umumnya lantai dibuat dengan warna hitam dari semen atau juga lantai kayu. Sekarang sudah ada yang namanya keramik dengan berbagai motif dan corak unik di atasnya. Coraknya yang rumit juga mempengaruhi harga yang ditawarkan untuk 1 meter persegi atus dusnya.

Keramik lantai ini juga terdiri dari berbagai ukuran, bisa disesuaikan dengan keinginan anda sendiri untuk menghias rumah kesayangan. Umumnya keramik diaplikasikan secara horizontal, menyesuaikan arah menghadapnya rumah. Namun untuk mendapatkan kesan yang lebih modern dan unik tentunya, anda bisa menata keramik lantai secara diagonal. Dengan tampilan yang seperti ini lantai rumah anda akan terkesan lebih inovatif dan beda dari yang lainnya. Namun untuk cara memasang keramik diagonal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada tips-tips khususnya, apalagi bagi anda yang memang baru pertama kali menerapkan konsep pemasangan keramik lantai yang seperti ini. Berikut tips selengkapnya:

Tips Memasang Keramik Diagonal Paling Mudah untuk Pemula

Ada beberapa tahapan yang perlu anda perhatikan untuk hal memasang keramik lantai dengan pola diagonal. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemasangan keramik secara horizontal atau vertikal, hanya ada beberapa perbedaan saja dalam penerapan keramiknya.

Tahap Persiapan Pemasangan Keramik Lantai

Terlebih dahulu rendam keramik

Langkah pertama untuk hal pemasangan keramik lantai ini adalah dengan merendam keramik yang akan dipasang. Lakukan perendaman keramik kurang lebih selama 3 jam. Perendaman ini bertujuan agar keramik lebih merekat pada dasar lantai yang akan dipasang nanti. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi cara untuk mengetahui mana keramik yang bagus dan yang rusak.

Melakukan pengukuran area lantai

Selanjutnya, anda perlu melakukan pengukuran dimensi dari area lantai yang ada dipasang keramik. Hal ini diperlukan untuk menemukan titik tengah diagonal ruangan. Dari titik inilah nantinya anda bisa mulai memasang keramik secara digonal yang kemudian dilanjut ke bagian atas, bawah, kiri dan kanan. Selain itu, anda juga perlu memikirkan berapa tinggi lantai yang akan dipasang keramik. Sesuaikan dengan pintu rumah dan kusennya agar pemakaiannya tetap maksimal.

Memasang pembatas

Inilah hal yang tak boleh dilupakan saat akan melakukan pemasangan keramik lantai secara diagonal. Buatlah satu pembatas menggunakan benang untuk 2 jalur tinggi rata dengan dinding dan juga 2 jalur diagonal ruangan.

Tahap Pemasangan Keramik Lantai

Menyiapkan adonan semen

Untuk proses pemasangannya, terlebih dahulu anda siapkan adonan semennya. Untuk perbandingan pembuatan adonannya yaitu 1 semen dan 3 pasir beton. Campuran ini dirasa sudah paling sempurna untuk perekat keramik lantai. Pastikan adonan tidak terlalu basah maupun tidak terlalu kering.

Memasang keramik

Langkah selanjutnya yaitu menuangkan adonan ke permukaan lantai yang sudah diberi jalur benang tadi. Ratakan baru kemudian antara adonan dan keramik diberikan aci secukupnya. Aci bisa anda lapiskan di atas adonan yang sudah diratakan tadi. Pastikan anda tidak menuangkan aci yang terlalu banyak, karena hal tersebut akan membuatnya cepat kering. Pastikan juga pemasangan keramik dilakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai pemasangannya tidak rata.

Melakukan pemotongan

Pemotongan keramik pasti akan dilakukan untuk pemasangan keramik diagonal ini. Biasanya untuk keramik yang akan dipasangkan pada sisi pinggiran dinding. Gunakan alat pemotong keramik agar proses pemotongan lebih sempurna dan tidak terjadi banyak keramik yang pecah secara tidak beraturan.

Pemasangan keramik sudah selesai dilakukan, sekarang biarkan keramik merekat sempurna selama 2-3 hari. Barulah nanti bisa dilakukan pengisian nat atau grout. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password