4 Tanaman Berbunga Putih untuk Pengharum Rumah

4 Tanaman Berbunga Putih untuk Pengharum Rumah

Ada beragam alasan mengapa orang meletakkan tanaman di dalam rumah. Bukan hanya sekedar keindahannya saja, bisa jadi untuk mendapatkan manfaat yang lain. Sebut saja, untuk mengusir nyamuk atau bahkan karena wanginya yang dapat membuat rumah menjadi harum. Beberapa tanaman memang terkenal karena wanginya yang khas, seperti lavender atau bunga kenanga. Jika diletakkan di dalam atau pekarangan rumah, tentunya wangi tersebut dapat menyebar dan memberi kesegaran dalam ruangan. Berikut tanaman berbunga yang bisa Anda jadikan sebagai pengharum rumah.

1. Bunga Melati

melati

Bunga ini tentunya sudah tidak asing lagi. Melati putih (Jasminum sambac) adalah tanaman penghias taman yang cukup sering ditemui. Bunganya yang kecil dan berwarna putih ini menghasilkan wangi yang sangat khas. Bunga melati ini memang sering digunakan untuk industri minyak wangi, parfum, atau kosmetika. Untuk dapat menikmati wanginya melati, Anda dapat menanamnya di dekat teras atau di bawah jendela kamar Anda sehingga saat angin bertiup wanginya melati dapat menyebar ke ruangan. Bunga yang ditabur dalam ruangan ber-AC ini juga dapat menghasilkan wangi yang bisa bertahan selama dua hari.

2. Tanaman Kaca Piring

kaca piring

Kaca piring (kacapiring) atau nama latinnya Gardenia augusta juga sangat terkenal karena wanginya yang khas dan harum. Tanaman dari suku kopi-kopian ini berwarna putih dan memiliki mahkota yang berukuran cukup besar. Sekilas, tampilan bunga ini mengingatkan kita pada bunga kamelia meskipun tidak mempunyai hubungan apa pun. Wangi harum dari bunga kaca piring yang segar ini dapat bertahan maksimal dalam sehari, bahkan bunganya yang telah layu masih dapat dicium wanginya.

Baca Juga : 4 Tanaman Hias Cantik Pengusir Nyamuk

3. Bunga Sedap Malam

bunga sedap malam

Sesuai namanya ‘Bunga Sedap Malam’ atau nama latinnya Polianthes tuberose, bunga ini biasa mekar di malam hari dengan wangi yang harum. Minyak dari tumbuhan cantik ini sudah banyak digunakan dalam pembuatan parfum. Wangi bunganya pun dapat dijadikan sebagai aroma terapi. Tampilan sedap malam juga cantik, bunganya berwarna putih dengan daun yang panjang berwarna hijau, mengumpul di pangkal batangnya. Sedap mala mini dapat Anda jadikan sebagai salah satu tumbuhan pengisi pekarangan di rumah Anda.

4. Kemuning

Kemuning

Kemuning (Murraya paniculata) memiliki tampilan menyerupai bunga melati, bunganya yang berwarna putih dan berukuran kecil dengan dedaunan seperti daun jeruk. Tidak hanya itu saja, wangi Kemuning ini pun sangat harum dan dapat tercium dari jarak yang jauh. Tumbuhan ini memiliki sifat yang sama dengan tanaman teh, yakni sekalipun dipangkas, tumbuhan ini akan tetap mengeluarkan bunga. Dengan begitu, wanginya juga dapat terus menyegarkan rumah Anda.

Demikian informasi seputar tanaman berbunga yang bisa Anda jadikan sebagai pengharum rumah. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password