Jenis Saluran Air Perumahan yang Biasanya Jadi Pilihan di Perkotaan

saluran air perumahan

MyGriya – Jika air hujan turun mengguyur sementara saluran air perumahan atau drainase tidak dalam kondisi baik tentunya banjir akan terjadi. Karena itu di area perumahan yang padat penduduk utamanya yang ada di area perkotaan sistem drainase harus benar – benar diperhatikan. Jenis saluran air perumahan atau jenis drainase sendiri ada banyak macamnya di area perkotaan.

Anda bisa memilih salah satunya demi menunjang penampilan menarik untuk rumah Anda. Berikut apa saja jenis saluran air perumahan yang recommended untuk menjadi pilihan di area perkotaan. Informasi selengkapnya bisa Anda cek dan simak berikut ini!

Jenis Saluran Air Perumahan di Area Kota

Jenis saluran air berdasarkan bentuk dan bahan

Inspirasi Zen Garden yang Bisa Diciptakan di Rumah Minimalis Anda
Berdasarkan bentuk dan bahannya, jenis saluran air perumahan terbentuk dengan cara alami atau buatan. Drainase alami artinya saluran air yang terbentuk tanpa campur tangan manusia dan tanpa penunjang apapun semisal rumah dekat sungai. Sementara drainase buatan dibentuk secara sengaja dan disesuaikan dengan tata kelola airnya seperti talang, kanal, gorong – gorong dan juga selokan.

Jenis saluran air berdasarkan fungsinya

Berdasarkan fungsinya jenis saluran air terbagi atas saluran air satu fungsi dan saluran air multifungsi. Saluran air berdasarkan fungsi sendiri dibedakan atas dasar banyaknya jenis air buangan. Untuk drainase satu fungsi berguna hanya untuk mengalirkan satu jenis air buangan semisal air limbah rumah tangga atau air limbah industri. Sementara drainase multifungsi mampu mengalirkan berbagai macam air buangan baik secara bergantian atau sekaligus.

Jenis saluran air berdasarkan kontruksinya

Inspirasi Zen Garden yang Bisa Diciptakan di Rumah Minimalis Anda

Berdasarkan konstruksinya jenis saluran air terbagi atas saluran air terbuka dan tertutup. Saluran air terbuka merupakan drainase yang berguna untuk mengalirkan air hujan di wilayah yang luas juga berfungsi menjadi media mengalirkan air yang tidak berbahaya bagi kelestarian lingkungan. Sementara drainase tertutup merupakan sebuah saluran yang berfungsi menghanyutkan air yang mengandung limbah yang dibuat dengan konsep tertutup agar tidak berbahaya bagi kesehatan lingkungan dan juga masyarakat. Sementara biasanya drainase tertutup berperan sebagai suatu saluran air didalam area kota.

Jenis saluran air berdasarkan letak saluran

Berdasarkan letak salurannya, drainase dibedakan atas drainase permukaan tanah dan di bawah tanah. Drainase permukaan tanah letaknya berada diatas permukaan tanah dan dapat dilihat secara langsung yang biasanya memiliki fungsi untuk mengalirkan air permukaan sehingga tidak tercipta genangan di tanah. Sementara untuk drainase bawah tanah dibuat dengan membutuhkan pipa – pipa yang menjadi media bagi saluran airnya.

Jenis saluran air berdasarkan wilayah

Inspirasi Zen Garden yang Bisa Diciptakan di Rumah Minimalis Anda
Jenis saluran air berdasarkan wilayah dibedakan atas drainase jalan raya, bandara dan juga di area lapangan olahraga. Untuk drainase jalan raya biasanya ditutup sebagai trotoal atau sebagai bahu jalan. Hal ini dilakukan supaya keberadaannya tidak akan mengganggu aktivitas yang ada di jalan raya yang mana jenis drainase satu ini berfungsi untuk mengelola aliran air hujan supaya tidak terjadi banjir yang malah merusak konstruksi atau erosi di badan jalannya. Sementara drainase lapangan olahraga biasanya berfungsi menyerap air agar lebih cepat sehingga genangan dan kerusakan pada infrastruktur tidak terjadi.

Sebagai informasi, Anda yang sedang mencari aneka furniture atau aksesoris dekorasi rumah, Anda bisa belanja di AKULAKU. Dapatkan promo belanja hemat dengan diskon up to 700.000,00 hanya di AKULAKU dengan menggunakan kode promo AIDIA1. Yuk belanja dan dapatkan produk terbaik bersama AKULAKU!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password