Rumah Tahan Banjir Dan Tsunami Rancangan Para Arsitektur Muda

Rumah Tahan Banjir Dan Tsunami

MyGriya.com – Siapa saja ingin memiliki sebuah rumah yang kokoh dan tidak rusak oleh bencana apapun yang mungkin terjadi baik itu banjir dan Tsunami. Lalu bagaimana supaya bisa mendirikan rumah tahan banjir dan Tsunami?

Sampai saat ini memang masih belum ada penelitian pasti tentang rumah tahan banjir dan Tsunami. Akan tetapi ada seorang arsitektur muda di Camano yang merancang sebuah rumah yang diklaim bahwa rumah tersebut adalah rumah tahan banjir dan tsunami. Memang masih belum terbukti sih kebenarannya akan tetapi nggak ada salahnya kita intip dulu bagaimana desain rumah tahan banjir dan tsunami tersebut!

Desain Rumah Tahan Banjir Dan Tsunami Karya Arsitektur Muda

Rumah Tahan Banjir Dan Tsunami Rancangan Para Arsitektur Muda

Di Camano seorang arsitektur muda menciptakan sebuah rumah dengan konsep tahan banjir dan tsunami yang diklaim rumah ini memungkinkan air deras mengalir melewatinya. Rumah ini diharapkan dapat menjadi rumah pertahanan jika suatu hari banjir dan tsunami menghadang Camano.

Rumah yang dibuat ini luasnya sebesar 3140 kaki persegi atau sekitar 291 meter yang lokasinya di ujung utara pulau. Hasil karya arsitek dan Nelson dari Northwest Architects. Rumah ini diberi nama Tsunami House yang memiliki tinggi 9 meter dan bisa bertahan diterpa gelombang setinggi 2,4 meter dan dari guncangan gempa 7,8 skala richter. Rumah ini diusung dengan konsep dua lantai yang berada di ketinggian 2,7 meter dari permukaan tanah. Didukung dengan kerangka baja dan pilar yang ditempatkan secara sangat strategis. Rumah ini memiliki selasar antar kolom dengan diiisi pintu kaca geser yang sengaja didesain mudah pecah oleh kekuatan arus banjir. Cara ini memungkinkan air mengalir melewati dasar ruangan dan keluar dari sisi berlawanan sehingga memecah kekuatan arus bah dan mengurangi tekanan pada kolomnya. Sementara ruangan bagian atas rumah tetap dibuat utuh. Lantai dasarnya disebut sebagai ruang banjir yang terlihat seperti ruangan biasa. Rumah ini berdiri di salah satu sesar aktif terbesar yang ada di Amerika Utara.

Itulah bagaimana rumah tahan banjir dan tsunami yang dirancang oleh para arsitektur muda. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Baca Juga : Ide Desain Rumah Simple Tropis Untuk Hunian Anda

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password