Ingin Renovasi Rumah Dinas? Yuk Baca Ketentuannya!

renovasi rumah dinas

Bagi pegawai dinas ataupun aparat tertentu memiliki fasilitas ekstra yang dipergunakan untuk menunjang pengabdiannya. Banyak fasilitas didapatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti tunjangan belanja, kendaraan dinas, bahkan sampai rumah dinas. Nah, bagi mereka yang mendapat rumah dinas ini dapat hidup sedikit lega karena negara atau perusahaan mereka telah membantu melengkapi kebutuhan papan.

Rumah dinas ini tidak diberikan cuma-cuma. Terlebih lagi jika anda adalah aparatur negara dan mendapat fasilitas ini. Harus dipahami bahwa rumah dinas dalam hal ini adalah rumah negara. Terdapat peraturan perundang-undangan yang mengatur hal ini. Undang-undang tersebut berbunyi sebagai berikut

Pasal 7 PP 40/1994 menetapkan bahwa orang yang dapat menghuni rumah Negara, yaitu:

a. Pejabat; atau
b. Pegawai Negeri.
Ada tiga golongan rumah negara, yaitu:

a. Rumah Negara Golongan I
Rumah Negara yang dipergunakan bagi pemegang jabatan tertentu dan karena sifat jabatannya harus bertempat tinggal di rumah tersebut, serta hak penghuniannya terbatas selama pejabat yang bersangkutan masih memegang jabatan tertentu tersebut. Rumah Negara Golongan I dapat disebut sebagai rumah jabatan.

b. Rumah Negara Golongan II
Rumah Negara yang mempunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu instansi dan hanya disediakan untuk didiami oleh Pegawai Negeri dan apabila telah berhenti atau pensiun rumah dikembalikan kepada Negara. Rumah Negara Golongan II dapat disebut sebagai rumah instansi.

c. Rumah Negara Golongan III
Rumah Negara yang tidak termasuk Golongan I dan Golongan II yang dapat dijual kepada penghuninya.

Berdasarkan undang-undang tersebut, fasilitas rumah dinas hanyalah diperuntukkan bagi pegawai atau pejabat pemerintahan dan tidak bisa dialihkan penggunaannya. Permasalahannya adalah saat ini sudah cukup banyak pengusiran keluarga yang tinggal di rumah-rumah dinas. Adapun karena rumah tersebut dianggap rumah sendiri, banyak penghuni rumah dinas menganggap rumah tersebut sebagai rumah pribadi yang secara leluasa merubah desain-desain yang ada atau merenovasinya. Padahal hal tersebut juga diatur dalam undang-undang. Undang-undang tersebut berbunyi sebagai berikut.

Pasal 10 PP 40/1994 menetapkan kewajiban dan larangan bagi penghuni rumah negara, yaitu:

1. Penghuni Rumah Negara wajib:

  • membayar sewa rumah;
  • memelihara rumah dan memanfaatkan rumah sesuai dengan fungsinya.

2. Penghuni Rumah Negara dilarang:

  • ¬†menyerahkan sebagian atau seluruh rumah kepada pihak lain;
  • mengubah sebagian atau seluruh bentuk rumah;
  • menggunakan rumah tidak sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan undang-undang tersebut, pemilik rumah tidak berhak untuk merenovasi rumah dinas yang ada dengan cara merombak bentuk dan desain rumah. Adapun kita diijinkan mendekorasi dan merawat rumah dinas tersebut. Dekorasi ini tentu saja tidak merubah wujud rumah dinas yang ada.

Kendati demikian bagi Anda yang memiliki rumah dinas ini memiliki kewajiban untuk merawatnya. Pada umumnya rumah-rumah dinas ini sudah berumur tua yakni dibangun pada periode 60-an hingga periode 90-an. Beberapa fasilitas mungkin sudah terlalu usang seperti kabel-kabel di mana karetnya mungkin sudah mengeras, langit-langit yang kadang berlubang, atau sumur-sumur yang berbau besi karat. Keseluruhan kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh penghuni sebelumnya yang kurang peduli atau terlalu lama tidak ditinggali.

Bagi kita yang tinggal di rumah dinas yang terlanjur rusak kita dapat turut serta merawat ini seperti mengganti kabel-kabel yang rusak, menambal langit-langit yang bolong, dan lain sebagainya. Adapun jika sumur berbau besi disebabkan oleh pompa air tua yang berbahan besi sudah mulai berkarat, kita dapat mengganti pompa lama ini dengan pompa yang lebih berkualitas seperti pompa air Shimizu PS-128 BIT.

Shimizu PS-128 BIT ini merupakan pompa canggih yang berkualitas. Segala kekurangan pompa tua seperti air berbau besi akan dapat diatasi dengan pompa ini, terutama karena bahannya yang tahan lama dan tidak mudah rusak atau berkarat. Gunakanlah produk-produk Shimizu untuk menjamin ketersediaan air di rumah Anda. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber Gambar : kebudayaan.kemdikbud, fajaronline, blogspot, tniad.mil

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password