Gunakan Prinsip Dasar Desain Untuk Dekorasi Interior Ruangan Rumah

prinsip dasar desain

Sebagian orang mungkin memiliki mata yang tajam untuk urusan dekorasi atau desain. Meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan mendalaam tentang desain, ada beberapa prinsip dasar desain yang dapat Anda terapkan pada dekorasi interior ruangan di rumah.

Aturan dan prinsip dekorasi ini cukup sederhana dan mudah untuk diaplikasikan, apa pun gaya interior rumah Anda.

Prinsip Dasar Desain Untuk Dekorasi Interior Ruangan Rumah

1. Gunakan jumlah ganjil

desain vas lilin
Sumber : solidatheist,com

Anda mungkin familiar dengan aturan fotografi yang dikenal dengan nama rule of third. Mendesain dengan jumlah ganjil sebagai prinsip dasar pada interior juga dapat menciptakan harmoni dan fokus visual yang menarik.

Obyek-obyek dan aksen dekoratif yang dikelompokkan dalam jumlah ganjil akan membuat dekorasi interior Anda terlihat lebih menarik dan mengesankan.

Anda dapat bereksperimen dengan benda-benda dekoratif dalam tinggi, bentuk, dan tekstur yang berbeda-beda, namun masih dapat dipadankan satu sama lainnya.

Misalnya, menggunakan tiga lilin dalam ketinggian yang berbeda-beda sebagai dekorasi di meja tamu.

2. Tentukan fokus visual ruangan

ide dekorasi meja kopi
Sumber : figleeg,com

Tentukan area yang ingin Anda tonjolkan pada sebuah ruangan.

Misalnya coffee table di ruang tamu, maka letakkan beberapa obyek dekoratif menarik di atas meja, dan hiasi area di sekelilingnya dengan aksen dekoratif yang menunjang.

Prinsip dasar desain ini akan menonjolkan dekorasi interior pada fokus area yang Anda inginkan.

Jika Anda masih bingung memilih fokus visual yang diinginkan, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba:

Mengecat salah satu sisi dinding dengan warna yang berbeda, lalu menghias dinding tersebut dengan karya seni atau rak pajangan.

Anda juga bisa meletakkan perabotan berdesain unik pada salah satu sudut ruangan.

3. Pengaturan jarak yang ideal

furniture bertema retro
Sumber : freshome,com

Dengan mempertimbangkan jarak antara setiap perabotan yang ada di ruangan, maka Anda akan dapat mengestimasi ukuran serta jenis perabotan yang dibutuhkan sesuai dengan luas ruangan.

Contohnya untuk meletakkan sofa di depan televisi, maka hitunglah jarak pandang ideal sehingga Anda dapat menentukan sisa ruang yang tersedia dan memilih ukuran sofa yang sesuai.

Untuk memilih perabotan di ruang tamu, pertimbangkan jarak antara kursi dan meja sehingga tamu memiliki ruang gerak yang memadai.

4. Teknik negative space

rahasia desain interior
Sumber : domain,com,au

Dalam dunia desain, negative space adalah area kosong yang bersih dari obyek apa pun. Menerapkan prinsip dasar desain negative space pada dekorasi interior di ruangan memang sedikit lebih rumit, namun ada banyak cara untuk mengaplikasikannya dengan tepat.

Hal yang perlu Anda pikirkan adalah meminimalisir tumpukan barang. Meskipun Anda dapat meletakkan berbagai macam aksen dekoratif di meja makan, namun sisakan area kosong agar meja tidak terlihat terlalu penuh.

Anda tidak perlu memajang beberapa macam lukisan di area dinding, pilihlah salah satu lukisan sebagai fokus visual pada dinding tersebut.

5. Pencahayaan yang dimensional

ide pencahayaan ruang keluarga
Sumber : armany,co

Menambahkan jenis-jenis pencahayaan yang berbeda akan membuat dekorasi interior ruangan semakin menonjol.

Mulailah dengan menentukan pencahayaan dasar pada setiap ruangan, lalu tentukan area-area di mana Anda membutuhkan pencahayaan tambahan.

Misalnya Anda dapat menambahkan lampu gantung di atas meja makan untuk memberi pencahayaan yang memadai saat menikmati sajian makan malam bersama keluarga, atau menggunakan lampu sorot untuk semakin menonjolkan lukisan yang terpajang di dinding Anda.

Menerapkan prinsip dasar desain ke dalam ruangan akan membantu Anda menghias setiap ruangan di rumah dengan mudah.

Meskipun demikian, Anda tidak harus mengikuti semua aturan di atas.

Gunakanlah panduan dalam artikel ini sebagai inspirasi awal sehingga Anda bebas bereksperimen untuk mendapatkan tampilan dekorasi interior ruangan yang cantik, unik dan nyaman.

Sumber Featured Image : homeoop,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password