Jangan Salah! Pilihlah Atap Rumah Sesuai Karakteristik

atap rumah

Membangun rumah bukanlah perkara yang mudah. Perlu banyak sekali bahan material yang disiapkan agar bangunan rumah Anda bisa berdiri dengan kokoh. Salah satu material penting yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan atap rumah sesuai karakteristik. Banyak sekali jenis yang beredar di pasaran, seperti genteng metal, genteng beton, genteng tanah liat, genteng aspal, genteng keramik, genteng baja ringan dll.

Baca juga : Tips Tepat Memilih Atap Baja Ringan Untuk Rumah Anda

atap rumah sesuai karakteristik

Dari banyaknya pilihan jenis genteng tersebut, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana ciri-ciri genteng yang baik untuk digunakan? Apa saja pertimbangan Anda dalam memilih atap genteng? Setidaknya kami membaginya menjadi 3 kriteria, diantaranya:

3 Kriteria Atap Rumah Sesuai Karakteristik

  1. Fungsional

Setiap jenis genteng diciptakan dengan fungsi yang berbeda-beda. Pilihlah jenis atap rumah yang sesuai dengan fungsi rumah Anda. Faktor-faktor genteng seperti beban berat, kekuatan, hingga teknik pemasangan harus Anda perhatikan agar memberikan rasa aman dan nyaman saat Anda berada di dalam rumah.

  1. Estetika

Selain berfungsi sebagai pelindung kita dari panas matahari dan hujan deras, atap rumah juga memiliki fungsi estetika bagi bangunan rumah. Seperti bentuk genteng yang presisi, rapi, hingga warna cat yang elegan, bisa membantu merepresentasikan siapa pemilik rumah tersebut. Jangan sampai rumah Anda terlihat usang hanya karena pemilihan atap yang kurang tepat.

  1. Durability

Catatan yang tidak kalah penting sebelum Anda memilih genteng adalah daya tahan pemakaian. Setiap jenis genteng memiliki tingkat keawetan yang beragam. Sebagai pemilik rumah, Anda punya kuasa untuk memilih jenis genteng mana yang memiliki daya tahan hingga puluhan tahun, baik secara fungsional maupun dari segi estetikanya.

atap rumah genteng merah

Tiga kriteria tersebut bisa Anda dijadikan acuan dalam menentukan jenis atap mana yang nantinya akan Anda gunakan. Setiap ruangan di rumah Anda bisa jadi memiliki atap yang berbeda-beda, bergantung dengan peruntukan di masing-masing ruangan. Salah satu ruangan yang harus Anda perhatikan jenis atapnya adalah garasi. Sebagai tempat penyimpanan mobil mewah sekelas Toyota Fortuner, jangan sekali-kali menggunakan atap garasi dengan material yang mudah panas, seperti asbes atau seng.

Dengan fitur canggih dan eksteriornya yang gagah, udara panas yang ditimbulkan oleh pemilihan atap yang salah dapat merusak lapisan cat mobil Anda. Apalagi Fortuner sudah dilengkapi dengan full leather pada bagian interiornya. Penggunaan atap yang panas tentu juga akan berpotensi timbulnya jamur. Atap genteng dari tanah liat adalah alternatif yang tepat agar dapur pacu Fortuner yang dikenal kuat di segala medan, bisa terjaga suhu dan performa mesinnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password