Ragam Pilihan Jenis Cat Rumah yang Bisa Anda Gunakan Beserta Fungsinya

pilihan jenis cat rumah

MyGriya – Pilihan Jenis Cat Rumah – Membangun sebuah rumah, tentu butuh yang namanya perencanaan terlebih dahul. Mulai dari konsep rumah yang digunakan, desain rumah hingga penggunaan komponen dalam rumah. Jika semuanya sudah diatur, barulah Anda bisa memulai membangun sebuah rumah dengan hasilnya yang nanti pasti akan sempurna. Sebagai pemanis tampilan rumah, Anda tentu butuh yang namanya cat. Cat yang berguna sebagai pelapis ini dinding ini sendiri memiliki banyak sekali macam warnanya. Tinggal disesuaikan dengan tema rumah dan kesukaan Anda sebagai pemiliknya.

Anda bisa menggunakan kombinasi 2 warna cat atau lebih untuk membuat tampilan rumah lebih cantik dan elegan, serta juga bisa menampakkan kesan mewah. Selain kombinasi warna, hal yang juga tak boleh Anda lupakan adalah memilih jenisnya. Cat rumah juga memiliki beberapa jenis dengan kegunaannya yang berbeda-beda. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pilihan jenis cat rumah yang bisa Anda gunakan beserta dengan fungsinya masing-masing.

Ragam Pilihan Jenis Cat Rumah yang Bisa Anda Gunakan Beserta Fungsinya

Cat rumah tipe satin

Jenis cat rumah yang pertama adalah yang memiliki tipe satin. Cat tipe satin satu ini saat dilapiskan pada dinding akan tampak glossy dan tidak terlalu melkat. Selain itu, teksturnya sangat lembut di tangan saat Anda menyentuhnya. Cat tipe ini juga memiliki efek teduh dan juga tidak memantulkan cahaya. Dan hebatnya lagi, cat tipe satin juga bisa membuat noda tidak menempel kuat sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Karena kelebihannya tersebut, cat jenis ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang cepat kotor seperti ruang keluarga ataupun dapur.

Cat rumah tipe matte atau flat

Selanjutnya adalah cat dinding dengan tipe matte atau flat, dimana cat jenis ini bisa menyamarkan bagian-bagian dinding yang tidak rata karena tingkat kilaunya yang cukup rendah. Selain itu, cat tipe matte ini juga sangat baik saat diaplikasikan pada dinding yang bertekstur dikarenakan warnanya yang akan tampak sangat halus di permukaan yang kasar tersebut. Tapi kekurangannya, cat tipe ini sangat sulit untuk dibersihkan saat tertempel noda atau kotoran. Karena itulah cat tipe matte tersebut tidak cocok digunakan pada ruang aktif seperti dapur, ruang keluarga dan juga kamar mandi. Lebih cocok cat jenis ini digunakan pada plafon atau juga sebagai aksen pada dinding.

Cat rumah tipe glossy

Kebalikan dari cat tipe matte, cat tipe glossy ini justru bisa memberikan pantulan cahya yang maksimal. Kemampuannya memantulkan cahaya akan membuat ruangan terlihat lebih mewah dan glamour saat diaplikasikan pada dinding dalam rumah. Selain itu, cat jenis ini juga sangat cocok diaplikasikan pada pinggiran pintu atau juga jendela karena kemampuannya tersebut yang bisa membuat warna sangat kuat dan juga berkilau.

Cat rumah tipe semi glossy

Hampir sama dengan jenis cat sebelumnya, namun kemampuan pantulan cahayanya lebih rendah. Penggunaan cat jenis ini akan memberikan efek jelas pada tonjolan maupun tekstur pada dinding. Selain itu, warnanya juga cukup kuat dan bisa membuat ruangan interior tampak mewah. Kelebihan lainnya dari cat jenis ini adalah tahan terhadap air sehingga sangat cocok diaplikasikan di luar ruangan atau di kamar mandi.

Cat rumah tipe egg shell

Dan jenis cat rumah yang terakhir adalah dari tipe egg shell. Tipe cat satu ini cukup bisa memantulkan cahaya dan cenderung lebih mudah untuk dibersihkan saat ada noda yang menempel. Hasil akhirnya memang tampak bertekstur namun tetap lembut dan halus saat disentuh tangan. Cat dinding jenis ini lebih cocok digunakan untuk ruang luar maupun juga kamar tidur.

Itulah tadi beberapa jenis cat rumah yang bisa Anda gunakan beserta juga fungsinya masing-masing. Pilih sekarang dan aplikasikan pada dinding rumah Anda dan dapatkan tampilan rumah yang cantik sempurna.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password