Listrik Rumah Sering Konslet? Ini Penyebabnya yang Harus Anda Tahu

Penyebab Listrik Rumah Sering Konslet

MyGriya – Penyebab Listrik Rumah Sering Konslet – Sejatinya rumah berfungsi sebagai tempat tinggal dan menjadi tempat perlindungan terbaik bagi penghuninya dari ancaman dunia luar. Dari waktu ke waktu, rumah mengalami pembaruan. Dari yang dulunya hanya terbuat dari kayu yang disusun hingga menjadi tempat berteduh, hingga saat ini sudah banyak sekali desain rumah modern. Bahan penyusunnya pun juga tak seluruhnya berasal dari alam seperti kayu, ada komponen lain yang digunakan untuk penyusunannya.

Namun lain dari itu semua, ada salah satu unsur yang sangat penting untuk kehidupan adalah listrik. Listrik bisa digunakan untuk segala hal, mulai dari menghidupkan alat-alat elektronik hingga sebagai sumber penerangan. Tanpa adanya listrik, mungkin hidup ini tidak akan sempurna seperti jaman modern sekarang ini. Tapi tak jarang memang, listrik di rumah ini mengalami konslet. Listrik rumah konslet ini juga disebabkan oleh banyak faktor. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai penyebab listrik rumah sering konslet yang perlu Anda tahu agar nantinya bisa tahu bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Listrik Rumah Sering Konslet

Isolator kabel terkelupas

Penyebab Listrik Rumah Sering Konslet

Penyebab listrik rumah sering konslet yang pertama diakibatkan oleh isolator atau pembungkus kabel yang terkelupas. Hal ini biasanya disebabkan oleh tikus atau hewan lainnya yang suka memakan isolator kabel. Ketika pembungkus kabel terkelupas, maka inti tembaga kabel aka termuda. Kondisi yang seperti akan sering membuat kedua sisi kabel beradu dan akhirnya menyebabkan konslet. Atau bisa juga karena instalasi penyambungan kabel yang kurang baik sehingga membuat kedua sisi inti kabel tersambung.

Pemakaian listrik secara terus menerus

Penyebab Listrik Rumah Sering Konslet

Penyebab yang kedua adalah penggunaan listrik yang dilakukan secara terus menerus tanpa mengistirahatkannya. Kebutuhan akan listrik memang cukup besar untuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Rasanya tak ada alat pembantu manusia yang tidak memanfaatkan listrik untuk penggunaannya. Karena itulah, sebaiknya Anda tidak menggunakan listrik ini secara terus menerus agar tidak menyebabkan konslet dikemudian hari.

Lampu listrik yang putus

Penyebab Listrik Rumah Sering Konslet

Selanjutnya adalah konsleting listrik yang disebabkan oleh lampu yang putus atau pitingan timah yang meleleh. Hal yang demikian ini nantinya akan menghasilkan arus pendek listrik yang akhirnya membuat listrik konslet. Lampu putus ini biasanya sering terjadi pada lampu yang diletakkan di luar rumah, yang mana dipaksa untuk hidup selama semalaman penuh. Karena fungsi tersebutlah akhirnya menyebabkan lampu tersebut putus.

Kabel yang digunakan tidak sesuai dengan beban listrik

Kebanyakan orang akan membeli kabel rumah tanpa memikirkan besaran beban listrik yang ada di rumahnya. Kabel yang berguna sebagai jalur aliran listrik, jika tidak sesuai dengan standar beban listrik maka nanti akan menyebabkan kabel sangat panas dan akhirnya pembungkusnya meleleh. Kalau sudah melele, otomatis inti tembaga akan rawan beradu yang akhirnya menyebabkan konsleting listrik. Karena itulah, sebaiknya sebelum melakukan instalasi kabel, pastikan kabel yang digunakan sesuai dengan beban listrik yang ada di rumah Anda.

Stop kontak kemasukan air

Dan penyebab listrik rumah sering konslet yang terakhir adalah karena bagian stop kontak yang terisi air. Air yang masuk ke dalam stop kontak akan mengakibatkan arus pendek yang akhirnya menyebabkan konsleting listrik. Jika hal ini yang terjadi, dan Anda masih terbilang awam soal kelistrikan, sebaiknya meminta bantuan kepada ahlinya. Jangan coba-coba untuk membetulkannya sendiri jika memamg Anda kurang faham soal listrik.

Itulah tadi beberapa penyebab listrik rumah sering konslet yang perlu Anda tahu. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, sekarang Anda tentunya sudah tahu bagaimana cara menanganinya. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password