3 Pengharum Ruangan Alami Terbaik ini Cocok Digunakan untuk Meditasi

pengharum ruangan alami

Kesehatan dan stamina tubuh perlu dijaga, terutama saat melakukan aktivitas yang padat sehari-harinya. Meditasi merupakan salah satu yang bisa dilakukan sebagai bagian dari pola hidup sehat. Terlebih mendekati perayaan nyepi, meditasi menjadi lebih sering dilakukan di rumah. Untuk mengoptimalkan meditasi di rumah, Anda bisa memilih aromatherapy terbaik di bawah ini. Selain sebagai sarana relaksasi, bisa juga digunakan sebagai pengharum ruangan alami di rumah Anda.

Berikut adalah rekomendasi tiga pengharum ruangan alami yang cocok dipakai saat melakukan meditasi.

1. Cendana

Ketika level stres meningkat, fokus dan konsentrasi kita akan menurun. Oleh karena itu, meditasi mutlak diperlukan untuk mengembalikan fokus. Tempatkan pengharum ruangan alami terbaik berupa kayu cendana di rumah Anda. Anda juga bisa membeli ekstrak kayu Cendana sebagai aromatherapy yang akan menemani meditasi Anda.

Selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan merawat rambut rusak, ternyata menggunakan minyak cendana sebagai pengharum ruangan alami dalam meditasi dapat membuat stres menurun dan konsentrasi meningkat. Tidak heran apabila minyak cendana banyak digunakan sebagai teman yoga maupun meditasi.

Akan lebih mudah dan hemat jika Anda membuat minyak cendana sendiri di rumah. Namun, jika Anda ingin membeli dari toko, alangkah baiknya jika Anda memastikan keaslian minyak cendana tersebut. Minyak cendana asli memiliki tekstur kental seperti gel dan berwarna putih bening. Satu hal yang paling penting untuk Anda ingat, minyak cendana tidak terlihat atau bersifat seperti cairan parfum biasa.

Pohon cendana banyak tumbuh di wilayah Indonesia bagian timur. Jenisnya pun beragam dan Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

2. Lavender

Sama seperti minyak cendana maupun aromatherapy lainnya, minyak lavender juga bisa sarana rileksasi untuk yoga dan meditasi. Untuk Anda yang baru pertama kali melakukan meditasi, minyak lavender sangat cocok untuk digunakan karena mudah lebih mudah didapat dan khasiatnya tidak kalah dengan pengharum ruangan alami lainnya.

Baca juga : DIY Pewangi Ruangan Alami Hanya Dengan 3 Material

Aroma minyak lavender yang bisa membuat pikiran rileks ini juga cocok untuk pengharum ruangan alami sekaligus teman tidur agar lebih nyenyak dan mencegah insomnia. Jika tidak memiliki alat aromatheraphy, kita bisa membuat aroma terapi buatan. Cara membuat aroma terapi buatan dengan minyak lavender sangatlah mudah. Cukup siapkan baskom berisi air panas, lalu teteskan minyak lavender di dalamnya.

3. Clary Sage

Baca juga : 4 Tanaman Berbunga Putih untuk Pengharum Rumah

Tumbuhan satu ini terbilang jarang tumbuh di Indonesia. Namun, tumbuhan yang berasal dari Mediterania Utara ini, dikatakan sebagai salah satu minyak esensial terbaik. Clary Sage dideskripsikan memilih bau seperti tanah, herbal, bunga, dan buah bercampur menjadi satu. Tidak perlu kita hirup dari tanaman aslinya langsung, kita bisa langsung menghirup aroma Clary Sage sebagai wangi yang membuat rileks.

Karena salah satu tujuan meditasi adalah membuat rileks, maka tentu saja Clary Sage adalah pengharum alami yang cocok sebagai teman yoga dan meditasi. Minyak Clary Sage juga berkhasiat mengobati batuk rejan, serangan asma, dan sakit tenggorokan.

Anda juga bisa memakai Clary Sage sebagai pengharum ruangan alami di rumah. Dijamin, pikiran akan jauh dari kata stres dan Anda bisa menghadirkan nuansa alami di rumah Anda sendiri.

Nah, setelah membaca rekomendasi tiga pengharum ruangan alami di atas, Anda bisa coba-coba untuk membuat sendiri di rumah atau mencarinya di toko sekitar sebagai teman meditasi sebelum hari raya Nyepi nanti tiba. Dari ketiganya, mana yang paling Anda sukai?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password