Ondol, Sistem Pemanas Ruangan Tradisional Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

ondol

Masyarakat tradisional Korea ini memiliki rumah adat yang sama yakni rumah hanok. Di luar dugaan, rumah adat ini sangat canggih dalam mengatur sistem pemanasannya. Sebagaimana yang kita tahu, semenanjung Korea juga mengalami musim dingin yang tentunya memerlukan tempat tinggal yang hangat.

Kebutuhan akan tempat tinggal yang hangat ini sudah dipikirkan masyarakat tradisional Korea sejak jaman dahulu. Adalah ondol, yakni sistem pemanas ruangan tradisional yang dimiliki bangsa Korea. Sistem ondol ini biasa ditemukan di rumah hanok. Sumber panas yang digunakan ondol berasal dari tungku. Tungku diletakkan di dapur atau tembok luar ruang tamu. Cara ini sangat efisien sebab, selagi memasak, udara panas yang ada tidak dibuang begitu saja melainkan dialirkan ke pipa-pipa yang ada.

Masyarakat tradisional Korea membangun dapur sekitar satu meter lebih rendah. Cara ini mempermudah aliran udara panas ke dalam ruangan. Pipa-pipa yang digunakan untuk mengalirkan udara panas ini bukan pipa sembarangan. Pipa-pipa ini dibangun di bawah lantai-lantai ruangan. Pipa ini dibangun secara horizontal dan melintasi bawah rumah utama.

Panas ini tidak langsung memanaskan kayu lantai melainkan memanaskan lantai batu dan lumpur sehingga panas yang ada lebih awet. Lantai batu ini memiliki ketebalan sekitar satu dua inchi. Jika lantainya dekat tungku, biasanya batu-batu lebih tebal digunakan untuk mencegah hilangnya panas. Batu-batu tersebut ditutup dengan lumpur lempung kuning dan lantainya diratakan. Setelah itu lembaran-lembaran kertas kuning direkatkan ke dasarnya. Inilah yang membuat orang korea tradisional lebih memilih duduk di di lantai.

Pemasangan ondol tradisional di Korea memiliki perbedaan. Di korea bagian utara kamar dan dapur tidak dipisahkan oleh dinding. Sedangkan di korea bagian selatan kamar dan dapur dipisah oleh dinding. Hal ini dikarenakan korea bagian utara cenderung lebih dingin dari yang selatan. Adapun pandangan masyarakat korea bagian selatan menganggap jika dapur tidak dipisah maka asap hasil memasak akan mengganggu siapapun yang berada di kamar.

Sistem pemanasan dengan ondol ini tidak hilang di peradaban modern masyarakat Korea. Konsep ondol ini diterapkan kembali oleh masyarakat korea dengan sistem yang lebih modern. Masyarakat Korea modern kini lebih memilih menggunakan ondol multi-lantai yang menggunakan teknologi hydronic radiant floor heating (sistem pemanas lantai radiasi hidronik). Teknologi ini tidak lagi menggunakan udara panas melainkan menggunakan air panas.

Sumber air panas ini benar-benar efektif untuk menghangatkan ruangan. Air lebih banyak digunakan ketimbang udara karena air lebih efektif untuk menyimpan cadangan panas. Nah, untuk menjaga suplai air ini dibutuhkan pompa air yang cukup kuat seperti pompa air Shimizu JET-400 BIT. Pompa air ini adalah pompa air yang memiliki kekuatan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita yang satu ini.

Pompa air Shimizu JET-400 BIT adalah pompa air yang mampu mengangkut air dengan baik. Kekuatan besar ini sangat membantu kita untuk mendorong air melalui pipa-pipa yang ada. Dengan kapasitas maksimal 65 liter/menit serta daya dorong maksimal 50 meter, pompa air ini pun bisa Anda andalkan untuk menyuplai kebutuhan air di hunian Anda. Jangan lupa, gunakanlah produk-produk Shimizu untuk menjamin ketersediaan air di rumah Anda. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber Gambar : haeundaegrandhotel, twimg, pinterest, cloudfront

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password