3 Model Tangga Rumah Paling Diminati Sepanjang Masa, Apa Saja?

model tangga rumah paling diminati

Mau tau model tangga rumah paling diminati saat ini?

Tangga rumah menjadi bagian penting apabila Anda berencana membangun rumah lebih dari satu lantai. Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini rumah lebih dari satu lantai semakin banyak.

Tuntutan membangun rumah minimalis karena ketersediaan lahan yang semakin sempit mendorong banyak orang untuk memodifikasi rumah minimalis menjadi dua lantai. Selain untuk menambah space ruang juga meningkatkan estetika rumah.

Berbicara soal tangga rumah, yakni bagian rumah yang berguna sebagai penghubung antar lantai ini menjadi bagian rumah yang tidak bisa terlepas dalam desain rumah.

Model tangga rumah sangat penting dan tentunya harus diserasikan dengan desain utama rumah. Nah, model tangga rumah apa saja yang selalu diminati sepanjang masa oleh masyarakat? Berikut ulasannya.

1. Model tangga rumah paling diminati bentuk lurus

renovasi-rumah

Tangga dengan bentuk lurus menjadi tangga idola hampir sebagian besar orang. Selain bentuk dan cara membuat yang cukup sederhana, ternyata model ini juga memudahkan Anda dalam menjangkau lantai diatasnya.

Tangga yang lurus juga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk melaluinya. Tetapi, model lurus memerlukan ruang yang cukup lebar untuk membangunnya, sehingga dapat memakan ruang rumah cukup banyak. Hal ini karena sudut antar tangga dengan dinding berukuran relatif kecil.

2. Model tangga berkelok

instryments

Model tangga berbelok dapat mengurangi risiko memakan ruang yang lebar. Jika rumah Anda tidak memiliki ruang kosong cukup luas, maka tangga berkelok ini sangat cocok untuk digunakan.

Umumya tangga ini digunakan untuk rumah minimalis dengan kelokan sebanyak satu kelok. Keberadaan kelokan ini berdampak pada kebutuhan tenaga yang lebih banyak dalam melewati tangga ini sebab sudut tangga dengab dinding penyangga berukuran lebih tinggi dari sudut pada model tangga lurus. Model tangga ini mampu meningkatkan kesan estetik rumah.

3. Model tangga spiral

Anda juga bisa memilih tangga spiral jika ruang kosong rumah Anda cukup sempit. Model tangga spiral tidak memerlukan banyak tempat, sebab tangga hanya akan dibangun dalam satu garis yang memutar.

Untuk melewati tangga ini biasanya memerlukan tenaga yang lebih banyak dibandingkan pada model tangga lurus maupun berkelok.

Sudut pada antara tangga dengan dinding penyangga pada model ini biasanya cukup tinggi, sehingga tangga ini tampak sangat tegak dan berputar pada satu garis.

Dalam memilih model tangga, pastikan banyak hal yang dipertimbangkan. Desain rumah dan ukuran rumah merupakan pertimbangan yang paling utama.

Jika rumah Anda minimalis, maka model tangga berkelok dan spiral akan lebih sesuai, sebab tidak akan memakan banyak ruang.

Sebaliknya, jika rumah Anda berukuran cukup luas, maka lebih baik meggunakan model tangga lurus. Sebaiknya, besarnya sudut tangga dengan dinding penyangga tidak lebih dari 30 derajat agar tenaga yang diperlukan tidak terlalu banyak.

Pastikan juga ukuran setiap anak tangga yakni panjang, lebar, dan tinggi juga dipertimbangkan dengan matang karena berpengaruh terhadap jumlah anak tangga yang akan dibuat. Tangga rumah juga sebaiknya ditempatkan di ruang yang sesuai, agar keindahan rumah tetap terjaga.

Nah, tiga hal diatas merupakan model tangga rumah paling diminati oleh masyarakat dari jaman dahulu hingga saat ini.

Bagi Anda yan saat ini sedang merencanakan desain rumah dengan lebih dati satu lantai, pastikan Anda juga memasukkan tangga rumah dalam daftar ruang rumah.

Jangan lupa untuk mendiskusikan model tangga rumah bersama seluruh anggota keluarga, orang terdekat, juga konsultasi dengan arsitek agar keberadaan tangga dapat berfungsi dengan benar dan menjadikan rumah semakin estetik. Yuk ciptakan kenyaman rumah, agar keluarga selalu damai dan harmonis!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password