Tips Merawat Rumput Jepang Pada Taman Rumah Minimalis

merawat rumput jepang

MyGriya – Merawat Rumput Jepang – Menghadirkan sebuah taman pada rumah minimalis memang akan membuat lingkungan rumah menjadi lebih asri dan mendamaikan.

Taman juga bisa menjadi tepat terbaik untuk menetralisir penat dipikiran yang disebabkan oleh beban pekerjaan yang menumpuk. Di pagi atau sore hari, anda bisa duduk santai mengahadap ke taman atau bisa juga duduk di taman sembari menyeduh minuman hangat yang menyegarkan. Suasana hati akan lebih tenang dan damai yang nantinya bisa lebih siap lagi dalam menghadapi rutinitas sehari-hari.

Tampilan taman akan jauh lebih cantik lagi jika di hadirkan area hijau, yakni dengan melapisi tanahnya dengan rerumputan. Tentu bukan sembarang rumput ya? Melainkan jenis rumput yang memang khusus untuk menghias taman rumah. Salah satu jenis rumput yang bisa anda pilih adalah rumput jepang. Jenis rumput satu ini memang banyak dipilih karena tampilannya yang sangat cantik serta cara perawatannya yang cukup mudah. Perawatan tetap dibutuhkan untuk menjaga tampilan dari rumput agar tetap cantik dan elegan. Berikut ini adalah cara perawatan rumput jepang yang bisa anda terapkan.

Tips Merawat Rumput Jepang Pada Taman Rumah Minimalis

Memenuhi kebutuhan air

Sebagai salah satu jenis tumbuhan, rumput jepang juga perlu nutrisi berupa air untuk tetap hidup dan tumbuh. Karena itulah, melakukan penyiraman secara rutin pada taman harus anda terapkan agar tanaman rumput bisa tetap memberikan kesan cantik yang maksimal. Untuk langkah penyiraman ini bisa anda lakukan 2 kali sehari dengan intensitas pemberian air yang sedang atau cukup. Sementara jika di musim penghujan, langkah ini tidak perlu anda lakukan karena kebutuhan air sudah terpenuhi dan berlimpah ruah.

Memberikan pupuk yang cukup

Setelah dilakukan penanaman, anda juga perlu memberikan pupuk susulan agar membuatnya tetap ternutrisi dengan baik. Pemupukan ini sendiri bisa dengan menggunakan pupuk organik agar pertumbuhan rumput jepang lebih baik dan maksimal. Selain memberikan pupuk oraganik, perlu juga untuk memberikan jenis pupuk NPK yang nantinya berpengaruh pada kecantikan warna dari rumput jepang. Dengan demikian, taman akan tampak lebih cantik dengan warna hijau cerah dari rumput jepang tersebut.

Melakukan pemangkasan pada rumput dan juga pemberantasan gulma

Langkah selanjutnya dalam cara merawat jenis rumput jepang adalah dengan melakukan pemangkasan. Sama seperti pada jenis rumput taman lainnya, jenis rumput jepang juga perlu dilakukan pemangkasan agar tampilannya tetap cantik dan elegan. Jika tidak dilakukan pemangkasan, tentu tampilan dari rumput ini akan kurang menarik dan tampak seperti rumput liar.

Selain melakukan pemangkasan, pembersihan tanaman pengganggu seperti gulma juga perlu anda lakukan. Gulma ini sendiri adalah tanaman liar yang sering mencuri nutrisi yang dibutuhkan oleh rumput. Jika ini dibiarkan maka rumput tidak akan maksimal tumbuh dikarenakan nutrisinya yang kurang.

Menggemburkan tanah dan menyuntikkan humus dan pasir

Dan langkah terakhir yang tak boleh anda lewatkan dalam hal perawatan rumput jepang pada taman adalah dengan menggemburkan tanahnya. Tanah yang semakin lama ditumbuhi oleh rumput jepang, teksturnya akan berubah menjadi lebih keras dan kering. Langkah penggemburan ini diperlukan untuk membuatnya lebih lunak. Caranya adalah dengan mengungkit-ngungkit tanah dengan memanfaatkan garpu taman.

Selain penggemburan, penyuntikan humus dan pasir juga diperlukan agar nutrisi tanah tetap terjaga. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal memhuat lubang dengan menggunakan garpu taman dan mengisikan lubang tersebut dengan humus dan juga pasir.

Itulah tadi beberapa cara merawat jenis rumput jepang pada taman rumah yang bisa anda terapkan sendiri. Taman rumah akan tetap cantik dengan kesan hijau sempurna dari rumput jepang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password