Tips Merawat Jenis Rumput Gajah Mini Pada Taman Rumah Minimalis

merawat rumput gajah mini

MyGriya – Merawat Rumput Gajah Mini – Salah satu cara untuk mempercantik taman rumah adalah dengan melapisi tanahnya dengan rumput hijau. Ada banyak sekali jenis rumput hijau untuk taman yang bisa anda gunakan agar bisa memberikan kesan asri yang lebih maksimal pada taman. Salah satunya yang cukup populer digunakan adalah jenis rumput gajah mini. Rumput gajah mini banyak dipilih karena proses penanamannya yang terbilang cukup mudah dan gampang tumbuh ketika diterapkan pada taman. Selain itu, kesan hijau yang diberikan oleh jenis rumput taman satu ini sangat memanjakan mata penghuni rumah.

Kehadiran rumput gajah mini pada taman rumah, juga menuntut anda sebagai pemilik rumah untuk merawatnya dengan baik dan benar. Merawat rumput gajah mini pada taman rumah juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara yang harus anda terapkan agar rumput bisa memberikan tampilan yang maksimal. Berikut ini ada beberapa tips merawat jenis rumput gajah mini pada taman rumah yang bisa anda terapkan.

Tips Merawat Rumput Gajah Mini Pada Taman Rumah Minimalis

Melakukan penyiraman secara rutin

Sebagai jenis tanaman, rumput gajah mini tentunya butuh nutrisi untuk membuatnya tetap bertahan hidup dan tumbuh. Penyiraman adalah langkah wajib yang harus anda lakukan jika memang ingin taman tetap cantik dengan kesan hijau dari rumput gajah mini. Untuk proses penyiraman ini bisa anda lakukan 2 kali sehari jika di musim kemarau. Sementara pada musim penghujan, anda tidak perlu melakukan penyiraman lagi, karena kebutuhan air sudah terpenuhi. Alat yang bisa digunakan untuk menyiram rumput adalah gayung ataupun selang semprotan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi agar tidak menyebabkan becek.

Melakukan pemupukan

Pemupukan juga diperlukan agar tanaman tetap tumbuh sehat. Anda bisa menambahkan pupuk Urea atau NPK setelah umur rumput mencapai 20 hari setelah penanaman. Selanjutnya pemupukan susulan juga harus dilakukan yakni dengan rentang waktu satu bulan sekali. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga nutrisi dan unsur hara yang ada dalam tanah.

Melakukan pemangkasan dan mengatasi gulma

Langkah selanjutnya yang tak boleh dilupakan dalam hal perawatan rumput gajah mini di taman rumah adalah melakukan pemangkasan.

Tentu kurang menarik tampilannya jika rumput gajah mini sudah terlalu panjang tumbuhnya. Karena itulah pemangkasan ini perlu anda lakukan.

Selain melakukan pemangkasan, pengatasian terhadap gulma juga perlu dilakukan agar tanaman rumput gajah tetap tumbuh sehat dan memberikan tampilan yang cantik sempurna.

Tanaman gulma yang terus dibiarkan hidup, akan mencuri nutrisi yang seharusnya ditujukan untuk rumput gajah mini.

Yang demikian ini nanti akan membuat rumput gajah mini kekurangan nutrisi dan akhirnya pertumbuhannya tidak akan stabil lagi.

Pengendalian hama

Sama seperti pada jenis tanaman lainnya, untuk menjaga tampilan rumput tetap apik, pengendalian hama juga perlu anda lakukan. Hama yang biasanya menyerang tanaman rumput ini adalah ulat. Ulat akan senang memakan daun dari rumput sehingga jika dibiarkan akan membuat tampilannya menjadi kurang menarik lagi. Solusi untuk mencegah masalah ini adalah dengan menghadirkan tanaman atau bunga yang tidak disukai oleh serangga atau hama lainnya. pengecekan juga diperlukan untuk memberantas hama yang mengganggu.

Penggemburan tanah

Seiring dengan lamanya rumput gajah mini tumbuh di atas tanah, akan membuat tekstur tanah tersebut menjadi keras dan padat. Nah, jika sudah seperti ini anda bisa melakukan penggemburan tanah. Cara untuk menggemburkan tanah ini bisa dengan cara mengungkit-ngungkit tanah menggunakan garpu taman khusus.

Itulah tadi beberapa tips merawat rumput gajah mini pada taman rumah yang bisa anda terapkan. Jadikan taman rumah tetap cantik dan elegan dengan kesan asri yang maksimal.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password