Cara Jitu Menjadikan Rumah Sebagai Tempat Usaha

Cara Jitu Mengubah Rumah Menjadi Tempat Usaha

Mygriya.com – Dengan semakin sulitnya mencari pekerjaan, saat ini banyak orang yang mulai mengembangkan bisnis sendiri alias berwirausaha. Bahkan tak sedikit yang membuka tempat usaha di rumah sendiri. Pertimbangan mereka biasanya karena lokasi rumah yang strategis atau banyak dilewati orang. Beberapa contoh usaha yang menjadi pilihan banyak orang yaitu toko kelontong, laundry, warung makan, toko baju, praktik jasa dan usaha fotocopy, dan juga cafe.

Walaupun terkesan praktis dan bebas biaya sewa, tapi ternyata ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membangun usaha di rumah. Sebab, mengubah rumah pribadi menjadi tempat usaha berarti sama saja dengan mempersilakan banyak orang untuk mengunjungi ke rumahmu. Lalu bagaimana dengan privasi kamu dan keluarga?

Sekarang kamu tak perlu cemas, karena membuat tempat usaha di rumah tidak melulu berarti privasi dan kenyamanan keluarga harus menjadi korban. Nah, agar kamu bisa merancang tempat usaha yang ideal di rumah, ada baiknya kamu simak dulu beberapa kiat dari Rumah.com berikut ini.

Faktor paling utama dalam membangun lapak usaha adalah kamu harus bisa membedakan antara area hunian dan area bisnis. Jadi kamu mungkin perlu mengubah desain bangunan rumah. Hal ini penting jika kamu menginginkan tempat usaha yang nyaman tapi tetap terkesan profesional.

Sebagian orang memanfaatkan ruang garasi atau teras rumahnya sebagai tempat usaha. Tapi ada juga yang melakukan renovasi total seperti pada ruang tamu atau bahkan satu lantai sekaligus. Tentu saja, besarnya renovasi harus disesuaikan dengan kebutuhan usaha, yaitu antara lain:

  1. Tentukan area di rumahmu yang paling tidak mengganggu aktivitas rumah. Pastikan ada akses keluar masuk yang bisa dilewati anggota keluarga dengan mudah, selain melalui area tersebut. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan area parkir minimal untuk satu mobil atau beberapa motor jika pengunjung diperkirakan bisa berlama-lama berkunjung di lapak usahamu.
  2. Kamu perlu memberikan atmosfer atau interior yang nyaman untuk ditempati karena luas area tempat usahamu ini tak sebesar ruko atau rukan sewa. Kamu bisa menerapkan desain minimalis dengan memilih furnitur bergaya simpel dan multifungsi. Kamu juga perlu memberikan nuansa ruang yang berbeda dengan interior rumah, yaitu dengan memberi wallpaper dan lampu hias yang unik.
  3. Bagian depan atau tampilan depan tempat usaha sebaiknya dibuat terbuka. Dengan tampilan terbuka, lapak usahamu bisa terlihat mencolok bagi saja yang melintas di depan rumahmu. Hal ini bisa diterapkan dengan membuat etalase kaca, papan nama, atau neon box yang cukup besar. Jika ingin lebih tematis, kamu pun bisa membuat fasad arsitektur menjadi lebih modern.
  4. Jika harus melakukan renovasi, ada baiknya kamu membuat ruang yang cukup besar dengan memilih partisi daripada menembok sebagai sekat. Hal ini untuk mengantisipasi jika tempat usaha ingin kembali kamu alihkan sebagai bagian dari hunian, sehingga strukturnya tak perlu direnovasi.
  5. Kamu juga perlu memperhatikan faktor sanitasi. Bagian depan tempat atau saluran air jangan ditutup dengan cor beton atau rabatan. Kamu bisa membuat jembatan dari besi berlubang yang masih bisa dilewati mobil atau motor tapi tetap tak mengganggu selokan air atau sanitasi.

Nah, itulah beberapa cara jitu untuk mengubah rumah menjadi tempat usaha. Semoga bermanfaat bagi kamu yang akan memulai usahamu sendiri di rumah!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password