Cara Ampuh Mengupas Pelitur Pada Furniture Kayu

mengupas pelitur pada furniture kayu

MyGriya – Rumah tak akan pernah lepas dari yang namanya furniture, dimana furniture ini sendiri berfungsi sebagai pendukung untuk rumah. Selain kegunaanya untuk segala hal bagi penghuni rumah, furniture nyatanya juga memiliki peran penting untuk hal keindahan rumah. Furniture yang pas dan cocok dengan tema rumah, maka akan menjadikan tampilan rumah lebih berkesan dan elegan.

Misalnya untuk rumah yang mengusung tema alami atau klasik, furniture yang dilapisi warna alami akan menjadi paduan yang pas untuk tampilan tersebut. Tak hanya warnanya yang alami, bahan dari furniture ini juga berasal dari alam, seperti kayu. Furniture dari kayu umumnya memang diberi lapisan pelitur untuk mengeluarkan warna alaminya.

Nah, berbicara soal furniture kayu yang dilapisi pelitur tentu tak bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Ada masa dimana pelitur sebagai pelapis furniture kayu ini akan sedikit demi sedikit mengelupas. Dan ketika hal ini terjadi tentu akan membuat tampilannya tak menarik lagi. Antisipasi untuk hal yang demikian ini, penghuni rumah biasanya akan meremajakannya kembali dengan melapisi pelitur baru.

Tapi untuk hasil yang lebih maksimal, pelitur yang mengelupas ini sebaiknya dikupas secara keseluruhan. Nantinya lapisan pelitur baru akan lebih rata dan mulus jika dalam furniture yang seperti ini. Untuk hal cara mengupas pelitur pada furniture kayu, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Ampuh Mengupas Pelitur Pada Furniture Kayumelapisi pelitur pada furnitur

Bahan atau alat yang diperlukan :

  • Soda Api
  • Sikat
  • Air bersih

Jika alat dan bahan diatas sudah dipersipakan, baru bisa lanjut ke langkah dalam cara mengupas pelitur pada furniture kayu. Berikut langkah-langkah selengkapnya :

  1. Siapkan soda apinya terlebih dahulu sebanyak kurang lebih 100 gram.
  2. Campurkan soda api tersebut dengan air bersih sebanyak 1 liter pada wadah yang sudah disiapkan terlebih dahulu.
  3. Pastikan terlebih dahulu Anda menggunakan sarung tangan karet atau plastik sebagai langkah keamanan.
  4. Siramkan campuran soda api dan air tadi ke furniture yang ini dikupas peliturnya. Bisa dilihat sendiri cairan ini akan secara perlahan mengupas pelitur.
  5. Agar pengupasan pelitur lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan sikat dan menggosokkannya secara perlahan sampai furniture bersih dari lapisan pelitur. Siramkan kembali cairan soda api agar pengupasan lebih mudah dan cepat.
  6. Sesekali siram dengan air biasa sembari menyikatnya hingga bersih dan tidak ada lagi sisa pelitur yang menempel.
  7. Soda api yang bersifat keras memang bisa membuat pelitur yang menempel akan terkelupas dengan mudah. Perlu diingat, jangan sampai cairan soda api ini mengenai bagian tubuh Anda. Karena jika hal tersebut terjadi, maka akan membuat kulit bereaksi dan lebih parahnya adalah kulit akan terasa terbakar.

Jika futniture sudah bersih, barulah pelitur baru bisa Anda lapiskan. Lapisan pelitur akan terlihat lebih merata dan mulus, tampilan furniture tampak bagus seperti baru lagi. Saat disatukan kembali dengan interior rumah, pastinya akan membuat tampilannya kembalisegar dan elegan. Anda yang berada di dalamnya akan merasa sangat nyaman dengan tampilan interior rumah yang indah.

Demikian tadi cara ampuh mengupas pelitur pada furniture kayu yang bisa Anda coba terapkan sendiri di rumah. Jika memang Anda cukup kesulitan melakukan langkah diatas, lebih mudahnya menggunakan ampelas untuk mengikis lapisan pelitur yang menempel. Cara ini juga lebih mudah dan simpel, serta biasanya juga sering dilakukan oleh tukang pembuat furniture rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Selamat mencoba!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password