Cara Mengatasi Kebisingan dan Suhu Panas dari Atap Seng

atap seng

Bagi Anda yang ingin menggunakan seng untuk beberapa bagian di ruangan rumah, jangan lupakan kekurangan seng. Seperti yang sudah tertulis di judul, atap seng berpotensi untuk menimbulkan suara bising. Kebisingan tersebut biasanya terjadi saat hujan deras tiba.

Atap seng yang berisik karena hujan dapat mencapai 100 dB di bawah atap seng atau sekitar 90 dB di dalam ruangan. Belum lagi suhu panas yang ditimbulkan seng, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan orang yang berada di dalam ruangan tersebut. Lalu bagaimana solusinya?

atap seng

  1. Gunakan bahan peredam

Banyak orang memilih untuk menggunakan bahan peredam suara seperti glasswool, rockwool, alumunium foil, polyurethane foam atau serat selulosa. Namun cara ini tidak cukup membantu. Peredam suara tersebut memiliki nilai sound transmission loss (insulasi suara) yang rendah, sehingga tidak cukup mampu meredam getaran pada saat hujan tiba. Bahan peredam suara tersebut hanya mengurangi kebisingan antara 2 dB-5dB.

  1. Pilih seng berkualitas unggul

Saat ini, tersedia jenis seng yang memiliki komposit yang lebih kuat dan lebih tebal. Jenis atap ini biasanya disebut sebagai penutup atap galvalum. Namun perlu Anda pahami, memakai jenis atap seng ringan atau galvalum memiliki estetika yang terlihat kurang menarik.

  1. Memasang plafon asbes

Cara selanjutnya adalah dengan memakai plafon asbes di bawah atap seng. Untuk mengurangi suara berisik yang ditimbulkan oleh hujan, Anda bisa meredamnya dengan memasang plafon asbes. Selain itu, Anda bisa mengurangi paparan suhu panas dengan bantuan plafon tersebut. Asbes berperan sangat penting untuk menahan panas ketika asbes dipasang pada langit-langit.

Namun dari ketiga solusi yang telah disebutkan di atas, memasang seng sebagai atap untuk garasi adalah pilihan yang kurang tepat. Sebagai tempat penyimpanan mobil, garasi idealnya punya ruang yang anti panas. Apalagi jika Anda memiliki mobil mewah keluaran All New Toyota Fortuner.

Mesin pacu Fortuner haruslah ditempatkan pada suhu ruang yang bersih dan dingin. Belum lagi desain eksterior yang menampilkan kesan sporty dan stylish. Lapisan cat pada badan Fortuner harus terhindar dari panas ruangan agar tidak mudah rusak dan terkelupas.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password