Aspek Penting Sebelum Mendirikan Rumah Di Dataran Tinggi

Rumah di dataran tinggi

Mygriya.com – Rumah di dataran tinggi memang memiliki view dan pesona yang luar biasa. Ini yang kemudian menjadikan banyak orang berlomba – lomba membangun villa atau rumah tinggal di dataran tinggi. Pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk menambah nilai tambah dari suasana rumah yang dibangun.

Mungkin Anda salah satu orang yang ingin membangun rumah, villa atau hotel di kawasan dataran tinggi? Ide yang sangat bagus sebenarnya. Tetapi ingat! Selain keunggulan dari rumah yang dibangun di pegunungan, ada juga beberapa resiko dari pembangunan rumah di wilayah ini. Salah satunya adalah longsor. Longsor tak hanya akan menimbun aset properti tetapi juga nyawa orang yang ada didalamnya. Karena itu sebelum mendirikan rumah di dataran tinggi, berikut beberapa aspek yang Anda perlu pertimbangkan, pikirkan dan upayakan.

Aspek Penting Sebelum Mendirikan Rumah Di Dataran Tinggi

Rumah di dataran tinggi 2

Tingkat kemiringan lahan

Hal pertama yang perlu dipikirkan dalam membuat rumah di dataran tinggi yaitu kemiringan lahan atau tanahnya. Kemiringan lahan maksimal yang bisa dibangun rumah diatasnya adalah 30 derajad. Untuk kemiringan diatas 30 derajad Anda harus membuat retaining wall atau turap dulu.

Perhatikan koefisien dasar bangunan

Koefisien dasar bangunan ditetapkan untuk menjaga jumlah area hijau dan kelestarian lingkungan hidup di wilayah pemukiman. Di wilayah yang datar, koefisien dasar bangunan adalah 60% dengan area hijau 40%. Untuk area bukit dan gunung berlaku kebalikannya. Ini karena sifat tanah di lahan berkontur yang lebih rawan longsor sehingga harus dipastikan luasan area hijau tetap tersedia dengan baik.

Daerah aliran air

Sebelum Anda membeli lahan atau bangunan di pegunungan, perhatikan apakah tempat tersebut masuk atau dekat dengan aliran air. Daerah aliran air cukup berbahaya karena strukturnya yang lebih labil. Tanahnya juga cenderung mengalami pergerakan terus menerus sehingga pembangunan di area ini tidak disarankan.

Itulah beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum membangun rumah di dataran tinggi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca juga : Inspirasi Menciptakan Desain Rumah Minimalis Modern Terbaik

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password