4 Trik Menata Furniture di Ruang Keluarga untuk Acara

menata furniture di ruang keluarga

Menata Furniture di Ruang Keluarga – Saat Anda hendak mengadakan acara di rumah, pengaturan tempat duduk merupakan salah satu hal penting yang patut diperhatikan.

Menerima tamu untuk acara seperti silahturami lebaran, makan malam dengan kerabat terdekat, atau acara nonton bersama pertandingan sepakbola, Anda perlu menata furniture di ruang keluarga yang akan membuat bersosialisasi mudah dan menyenangkan.

Perpaduan yang tepat dari kursi yang nyaman, meja, dan furniture lainnya adalah kunci untuk membuat rumah Anda lebih mengundang dan nyaman.

Berikut lima trik untuk menata furniture di ruang keluarga yang dapat Anda terapkan untuk acara sosial atau kehidupan sehari-hari.

1. Ciptakan area melingkar

furniture ruang keluarga
Sumber : pixabay,com

Untuk mengencerkan suasana dan membuat acara kasual lebih intim, susunlah tempat duduk secara melingkar mengelilingi satu fokus visual. Letakkan meja bundar di tengah untuk makanan ringan dan minuman.

Dengan menata furniture seperti ini, Anda dapat dengan mudah melihat semua tamu yang hadir dan bercengkerama santai dengan kerabat terdekat sambil menikmati sajian.

2. Berikan sedikit ruang antara furniture

furniture ruang keluarga minimalis
Sumber : pixabay,com

Agar percakapan tetap mengalir, berikan ruang sekitar 90 cm di antara setiap tempat duduk selain sofa. Misalnya, letakkan armchair sekitar 90 cm dari ujung sofa, atau sekitar 150 cm di seberang sofa.

Untuk meja, apa pun bentuknya, baik bundar, kotak, atau persegi panjang, letakkan sekitar 35-45 cm dari pinggiran depan sofa atau kursi.

Penataan ini akan menyediakan ruang kaki yang memadai, namun tidak terlalu jauh bagi tamu untuk mengambil makanan dari meja atau meletakkan gelas tanpa harus berdiri.

Menata furniture dengan trik ini akan memberi kenyamanan bagi semua tamu sehingga mereka tidak merasa terlalu sempit atau berdesakan satu sama lain, dan dapat dengan mudah tetap mengikuti percakapan.

3. Menata furniture dengan TV sebagai titik fokus

furniture untuk ruang keluarga
Sumber : pixabay,com

Jika Anda sekeluarga gemar menonton film bersama di ruang keluarga, atau Anda berencana untuk mengadakan acara nonton bareng pertandingan sepakbola bersama sahabat terdekat, maka TV akan menjadi titik fokus visual bagi setiap tamu yang hadir.

Anda dapat mengkalkukasi jarak pandang yang optimal untuk pengaturan tempat duduk berdasarkan ukuran TV Anda.

Gandakan ukuran diagonal layar TV untuk mendapatkan jarak pandang yang optimal. Misalnya, untuk TV berukuran 43 inci, maka Anda memerlukan jarak 86 inci atau sekitar 218 cm dari TV untuk posisi duduk yang baik.

Khusus untuk TV resolusi 4K, Anda dapat duduk lebih dekat. Para ahli merekomendasikan jarak pandang antara satu hingga 1,5 kali ukuran layar TV.

Setelah Anda mendapatkan ukuran yang tepat, aturlah sofa Anda di posisi tengah dan letakkan kursi lainnya dalam ketinggian yang bervariasi di samping dan belakang sofa.

Tambahkan juga beberapa bantal lantai atau karpet yang empuk sebagai alas duduk agar semua tamu kebagian tempat duduk yang nyaman untuk menonton TV.

4. Tambahkan area untuk meletakkan minuman dan benda-benda lainnya

desain furniture ruang keluarga
Sumber : pixabay,com

Saat mengadakan acara, pertimbangkanlah jumlah tamu yang hadir. Setiap tamu yang hadir akan memerlukan tempat untuk meletakkan gelas minuman, handphone, atau tas mereka.

Cobalah untuk duduk di semua posisi kursi yang sudah Anda siapkan, dan cek apakah ada tempat untuk meletakkan barang dalam jarak yang dekat dari kursi.

Jika tidak ada, tambahkan beberapa meja kecil di samping kursi agar tamu dapat meletakkan barang-barang dengan mudah. Anda bisa menggunakan side table atau bangku kecil dan menghiasnya dengan pot tanaman atau pajangan.

Dengan mempertimbangkan kenyamanan tamu dan menata furniture secara seimbang, Anda akan mendapatkan area sosialiasi yang nyaman dan homey bagi semua orang yang hadir.

Hanya dengan mengaplikasikan beberapa trik praktis di atas, Anda dapat menyulap ruang keluarga menjadi area entertainment yang super menyenangkan.

Sumber Featured Image : pixabay,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password