Raup Pundi-pundi Rupiah dengan Memulai Bisnis Kuliner, Ini 3 Saran yang Perlu Diperhatikan

memulai bisnis kuliner

Berbisnis adalah aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat ini. Mengingat biaya hidup yang semakin meningkat dan keadaan ekonomi yang sulit terbaca, kita tentu harus bersiap-siap untuk mengalami semua kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Ekonomi adalah salah satu hal vital yang punya pengaruh penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa keuangan yang baik, kehidupan akan menjadi lebih sulit. Dalam mengolah finansial, jangan terlalu santai sebab keuangan yang diterima dari gaji terkadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Untuk itu, berbisnis adalah salah satu cara terbaik mengatasi persoalan finansial. Peluang bisnis yang bisa dijajaki adalah dunia kuliner. Saat ini banyak restoran yang bermunculan guna memenuhi permintaan dari konsumen yang cukup tinggi. Menyantap hidangan lezat dari dulu hingga saat ini peminatnya tak pernah surut.

Makin banyaknya penduduk Indonesia dengan ragam selera membuat peluang bisnis kuliner cukup menjanjikan. Membangun bisnis dalam dunia kuliner biasanya ada 2 macam metode yang bisa dipakai.

Pertama membuka tempat makan di rumah sendiri, atau metode kedua melakukannya di tempat lain (bisa menyewa sebuah bangunan atau membangunnya sendiri. Berikut ini ada sekelumit tips ampuh untuk memulai bisnis kuliner yang bisa langsung diterapkan.

1. Pertimbangkan Jenis Makanan yang Ingin Dijual

macam sambal indonesia
Sumber : kata,co,id

Dalam memulai bisnis kuliner, aspek terpenting yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang ingin dijual. Harus ada produk yang mampu menarik para konsumen atau bahkan dapat menjadi perbincangan.

Usahakan kuliner yang disuguhkan tidak terlalu umum dan agak sedikit eksentrik. Carilah cita rasa menu yang menarik misalnya mengombinasi 2 resep dari provinsi berbeda menjadi sebuah sajian yang mutakhir.

2. Cari Harga Bahan Mentah yang ‘Lebih Miring’

pusat grosir distributor
Sumber : glosiran,com

Salah satu hal yang juga patut diperhatikan adalah mendapatkan bahan makanan secara banyak tapi tetap ramah di kantong. Penting untuk menekan harga produksi agar nantinya bisa membuat keuntungan menjadi lebih besar.

Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan mencari pasokan bahan mentah di tempat yang lebih murah atau yang melayani pembelian grosir. Jika perlu, cobalah belajar cara menawar agar mendapat potongan harga yang lebih murah lagi. Ini tentu merupakan strategi cukup berguna.

3. Perhatikan Desain Ruangan

desain restoran modern
Sumber : thearchitectsdiary,com

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan yang tepat soal desain restoran. Selain masakan yang lezat, tempat yang menarik juga dapat mendatangkan pelanggan yang penasaran. Ada bermacam-macam desain ciamik yang dapat diterapkan.

Tidak selalu harus modern, futuristik, atau tradisional. Yang paling utama, cobalah buat desain tempat selaras dengan menu yang ditawarkan.

jet 300 bit
Sumber : http://www.shimizu.co.id/products/jet-300-bit

Itulah 3 kiat memulai bisnis kuliner yang dapat dicoba. Selain itu, pastikan juga restoran memiliki akses pada air bersih secara cukup. Kehigienisan dan akses air yang mudah bagi konsumen tentu penting dalam belantika persilatan dunia restoran.

Maka perhatikan betul seberapa tinggi kualitas pompa airnya. Shimizu adalah produsen pompa air mumpuni yang telah memiliki pengalaman melayani masyarakat Indonesia. Coba gunakan Shimizu tipe JET 300 BIT.

Pompa air tipe ini merupakan salah satu produk andalan Shimizu dengan kapasitas maksimal membantu menyediakan air 55 liter per menit. Selain itu, daya listriknya juga termasuk dalam kategori hemat karena hanya memakan 220v/50 hz. Shimizu merupakan merek pompa air yang sangat cocok menemani jalan kesuksesan dalam bisnis kuliner. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password