Tips Merawat dan Membersihkan Kompor Gas Agar Lebih Maksimal Penggunaanya

Tips Merawat dan Membersihkan Kompor Gas Agar Lebih Maksimal Penggunaanya

MyGriya – Salah satu adalah yang sering digunakan setiap hari untuk aktifitas memasak adalah kompor. Jika dulunya tempat untuk memasak menggunakan tungku, dengan hadirnya kompor ini aktifitas memasak jadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, penggunaan kompor untuk memasak terbilang lebih praktis. Kompor sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dimana awalnya menggunakan bahan bakar minyak tanah, tapi sekarang sudah menggunakan gas. Dan satu terobosan baru yakni menggunakan listrik.

Kompor memang semakin mempermudah para ibu-ibu untuk melakukan aktifitas memasak yang merupakan rutinitas sehari-hari. Namun yang saat ini cukup umum digunakan adalah jenis kompor gas. Menggunakan kompor gas untuk aktifitas memasak sehari-hari, anda juga perlu melakukan perawatan dan pembersihan terhadapnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan juga keefektifan penggunaannya. Untuk hal perawatan dan pembersihan kompor gas, berikut ini ulasan selengkapnya.

Tips Merawat dan Membersihkan Kompor Gas Agar Lebih Maksimal Penggunaanya

Melakukan pembersihan setiap selesai memasak

Hal yang satu ini memang cukup sepele untuk dilakukan, tapi kalau tidak dilaksanakan secara rutin maka akan membuat kompor gas semakin kotor akhirnya aktifitas memasak pun akan terganggu. Aktifitas memasak sehari-hari pastinya akan meninggalkan bekas noda atau sisa-sisa masakan yang berceceran, terutama pada bagian kompor. Sebelum noda dan kotoran semakin menumpuk, sebaiknya anda lakukan pembersihan setiap hari setelah aktifitas memasak.

Noda atau sisa masakan yang muncrat ini jika dibiarkan akan menimbulkan kerak atau bahkan bau yang tidak sedap. Karena itulah penting sekali untuk rutin membersihkannya. Caranya degan menggunakan lap basah atau spons basah untuk membersihkannya. Anda juga bisa memanfaatkan cairan pembersih untuk lebih mudah mengangkat noda, kemudian keringkan dengan lap.

Membersihkan bagian bawah tungku

Selain pada bodi atau bagian terluar dari kompor gas, bagian lain yang juga harus diperhatikan kebersihannya adalah bagian bawah tungku. Bagian bawah tungku ini biasanya memang cukup rentan menjadi sarang dari noda atau mucratan bahan masakan. Karena itulah anda harus secara rutin membersihkannya.

Baca Juga : Cara Membuat Lemari Dapur Gantung Untuk Solusi Dapur Sempit

Jika dibiarkan, lama kelamaan bagian bawah tunggu ini akan berkerak yang tentunya akan lebih sulit lagi untuk dibersihkan. Untuk cara pembersihannya, anda bisa membuka penutupnya jika memang ada. Gunakan lap setengah basah untuk membersihkannya.

Jika memang lapisan yang bergerigi bisa dilepas, maka lepas saja dan bersihkan menggunakan sikat kecil atau jarum. Yang semikian ini akan membuat nyala api lebih maksimal.

Bersihkan selang dan tabung gas LPG

Selain pada bagian kompor, permbersihan juga harus anda lakukan pada bagian selang dan juga tabung gasnya. Selang yang tidak diselimuti dengan pelindung selang, tak jarang akan ketumpahan noda atau sisa-sisa masakan yang berceceran. Jika dibiarkan, lama kelamaan selang akan mengeras dan akhirnya bisa patah serta bocor. Jika sudah seperti ini anda harus segera menggantinya. Untuk langkahpencegahan hal tersebut terjadi, sebaiknya anda bersihkan bagian selang ini secara rutin.

Baca Juga : Cara Memilih Lemari Dapur Gantung Kecil Agar Dapur Mungilmu Tidak Penuh Sesak

Selain selang, tabung gas LPG juga harus rutin dibersihkan, tak lain untuk mencegah karat yang bisa menimbulkan kebocoran. Lepaskan regulator dari tabung gas lalu bersihkan menggunakan lap basah.

Mengecek bagian regulator gas

Ini penting dilakukan untuk mencegah kebocoran pada regulator gas. Jika sudah terlanjur, maka bisa jadi hal terburuk akan anda alami. Karena itulah pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Itulah tadi beberapa tips merawat dan membersihkan kompor gas agar penggunaannya lebih maksimal dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password