Kelebihan Kayu Multipleks, Jenis Kayu Untuk Desain Rumah Dengan Harga yang Bersahabat

kelebihan kayu multipleks

MyGriya – Ada berbagai jenis kayu yang kerap dijadikan pilihan untuk melengkapi desain sebuah rumah. Salah satu jenis kayu yang dijadikan pilihan untuk melengkapi desain sebuah rumah adalah kayu multipleks. Jenis kayu ini tersusun dari beberapa lembaran kayu yang kemudian direkatkan dengan tekanan yang tinggi. Batang kayunya pada awalnya dilunakkan didalam sebuah mesin uap.

Kemudian batang yang telah dilunakkan tersebut dimasukkan ke dalam mesin bubut untuk nantinya dipotong agar menjadi lapisan atau lembaran – lembaran kayu. Ketebalannya pada masing – masing lembaran kayu ini berbeda – beda mulai dari kisaran 1 sampai 4 mm. Kayu multipleks yang kerap dijadikan bagian dari sebuah desain rumah atau partisi didalam rumah nyatanya memiliki banyak kelebihan. Berikut apa saja kelebihan kayu multipleks yang Anda harus tahu!

Kelebihan Kayu Multipleks Untuk Desain Rumah

Kayu multipleks kuat dan stabil

Kayu multipleks merupakan kayu yang hadir dengan tekanan tarik yang tinggi. Hal ini turut dapat menyebabkan lapisan penyusunannya tidak mudah tereduksi sehingga akan tetap stabil walau menopang bobot ataupun tekanan yang dibuat cukup besar atau bahkan lebih dari itu.

Kayu multipleks memiliki durabilitas yang tinggi

Jenis kayu yang satu ini tidak hanya mampu membantu menahan beban berat saja. Akan tetapi kayu multipleks juga menjadi jenis kayu yang tahan terhadap air, cairan kimia, api, udara lembab bahkan api. Kayu jenis ini merupakan kayu olahan yang dapat dilapisi dengan lapisan yang tidak mudah terbakar seperti halnya eternit atau semen fiber.

Kayu multipleks sebagai insulator

Jenis kayu multipleks ini merupakan jenis insulator yang memiliki sifat kedap yang baik. Jadi jenis kayu ini sangat cocok untuk insulasi termal atau pada insulasi suara. Sebagai insulasi termal, kayu ini menjaga agar suhu panas dapat tetap bersirkulasi didalam bangunan. Begitu juga sebagai insulator suara, kayu ini juga menjaga agar suara bising tidak keluar dari dalam ruangan.

Kayu multipleks memiliki tampilan yang estetis

Walau jenis kayu ini tidak solid seperti kayu asli akan tetapi kayu multipleks tetap tersusun dari lapisan kayu asli sehingga masih menampilkan guratan kayu asli yang cantik pada bagian sisi permukaannya.

Kayu multipleks sendiri hadir dalam berbagai jenis. Berikut jenis – jenis kayu multipleks yang dapat menjadi pilihan Anda diantaranya :

Kayu multipleks soft wood

Kelebihan Kayu Multipleks, Jenis Kayu Untuk Desain Rumah Dengan Harga yang Bersahabat
Jenis kayu multipleks soft wood ini merupakan jenis kayu multipleks yang lunak. Kayu ini sering digunakan untuk membuat aneka furniture yang melengkapi desain interior rumah seperti halnya kitchen set, kabinet, dan juga material lantai. Sifatnya yang fleksibel sendiri membuatnya sering digunakan sebagai material untuk menyusun plafon. Kayu ini sendiri merupakan jenis kayu yang tebalnya mencapai 1,3 cm sampai dengan 2,5 cm.

Kayu multipleks hard wood


Lapisan kayu ini berasal dari batang kayu yang memiliki bobot cukup besar seperti halnya kayu meranti. Ketebalannya lebih besar dari soft wood dimana bobot kayunya lebih berat dan tebal yang kemudian menjadikan kayu jenis ini lebih resisten terhadap kerusakan.

Kayu multipleks tropical plywood

Kelebihan Kayu Multipleks, Jenis Kayu Untuk Desain Rumah Dengan Harga yang Bersahabat
Jenis kayu yang satu ini tersusun dari campuran lapisan kayu yang terbuat dari berbagai macam spesies pohon yang ada di sekitar kawasan Asia. Hal ini tentu menjadikan kayu ini memiliki ketahanan yang prima dari jenis kayu multipleks biasanya. Tropical plywood sendiri diproduksi secara masif di kawasan Asia dan juga di kawasan Afrika.

Kayu multipleks exterior plywood

Kelebihan Kayu Multipleks, Jenis Kayu Untuk Desain Rumah Dengan Harga yang Bersahabat
Kayu jenis ini penggunaannya secara khusus dikhususkan pada area outdoor. Jenis kayu ini tahan terhadap panas dan juga udara lembab sehingga dapat digunakan juga sebagai pintu gerbang atau sebagai suatu overhang bagi sebuah bangunan. Jenisnya cocok diterapkan sebagai dekorasi interior pada ruangan yang lembab dan juga basah termasuk cocok digunakan di area kamar mandi.

Sebagai informasi, Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi – bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password