Cara Mudah Menjaga Kebersihan Tempat Ibadah

kebersihan tempat ibadah

Kebersihan Tempat Ibadah – Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi orang yang beribadah atau umat agama adalah soal kebersihan di tempat ibadah. Tempat ibadah baik itu gereja, wihara, masjid, pura dan lain sebagainya merupakan suatu tempat yang sangat penting dan simbolis bagi komunikasi antara manusia dan Tuhan-nya.

Di tempat ibadah, kita menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang sangat berhubungan dengan ritual keagamaan seperti khotbah/belajar dari guru, pernikahan, kematian dan lain sebagainya. Sederhananya, tempat ibadah merupakan ruang bagi kita melakukan hal yang sangat suci karena merupakan tempat berkumpulnya komunitas suatu agama untuk menunaikan kewajibannya.

Setelah kita melihat betapa pentingnya suatu tempat ibadah bagi umat beragama, maka tentu sangat vital menjaga kualitas suatu tempat ibadah. Beberapa yang perlu diperhatikan misalnya untuk menjaga kualitas bangunan adalah dengan merenovasi bangunan yang sudah agak rapuh. Selain itu, perhatikan juga soal keamanan, dan kebersihan bangunan tempat ibadah.

Di antara tiga hal tersebut, kita akan membahas lebih jauh terkait masalah kebersihan. Mungkin menjaga kebersihan terdengar sangat simpel. Namun sebenarnya, kebersihan tempat ibadah juga sangat penting dan mudah dipraktikkan. Berikut beberapa tips menjaga kebersihan tempat ibadah.

1. Pastikan Halamannya Bersih

masjid ugm
Sumber : muslimyogyakarta,wordpress,com

Kebanyakan tempat ibadah banyak yang memiliki halaman atau bahkan lapangan yang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Halaman tempat ibadah penting karena dapat digunakan untuk beberapa hal seperti kegiatan ibadah lainnya, tempat berkumpulnya pemuda-pemudi, hingga tempat memakirkan kendaraan.

Biasanya yang menjadi penyebab kotornya halaman tempat ibadah adalah daun-daun yang jatuh berguguran secara alami dan sampah-sampah kecil. Untuk mengatasi hal ini, pengurus tempat ibadah atau warga sekitar dapat melakukan bersih-bersih secara rutin, paling tidak seminggu sekali.

Tentu tidaklah sulit melakukan hal ini jika benar-benar serius ingin menjaga kebersihan tempat ibadah.

2. Jaga Kebersihan WC

kamar mandi masjid nabawi
Sumber : labbaik,id

WC atau toilet merupakan Fasilitas umum yang penting dalam kebersihan suatu tempat ibadah. Tampaknya memang terasa sepele. Tapi semenjak sering digunakan para hadirin yang datang ke tempat ibadah, maka kebersihan toilet haruslah diperhatikan.

Dalam kasus ini juga perlu diperhatikan beberapa hal penting seperti akses air yang bersih untuk menunjang kebutuhan beribadah. WC maupun toilet yang bersih tentu sangat menunjang aktivitas ibadah lebih khidmat.

3. Perhatikan Kebersihan Interior Tempat Ibadah

interior tempat ibadah
Sumber : viharabuddhasena,wordpress,com

Sangat penting memerhatikan kebersihan interior tempat ibadah. Para hadirin sangat sering melakukan praktik peribadahan dan ragam kegiatan lainnya di ruangan ini. Walaupun memang merupakan tempat yang sakral, masih ada beberapa orang (baik anak-anak atau remaja) yang sengaja maupun tidak mengotori tempat ini.

Dalam menjaga kebersihan jangan hanya memperhatikan masalah debu dan plastik. Tetapi perhatikan juga noda yang ada. Cobalah untuk rutin mengepel lantai yang kotor menggunakan pembersih lantai dan air bersih. Lakukan kegiatan ini setidaknya secara teratur.

jet 400
Sumber : http://www.shimizu.co.id/products/jet-400

Berdasarkan 3 langkah di atas, kita bisa memahami kebersihan tempat ibadah dapat dijaga jika memiliki akses air yang baik. Ini berarti, sebuah rumah ibadah membutuhkan pompa air yang mumpuni. Shimizu adalah merek pompa air yang kualitasnya dapat diandalkan.

Shimizu tipe JET-400 BIT dapat dipasang di rumah ibadah. Pompa air ini masuk dalam tipe semi jet yang memiliki pipa hisap sepanjang 1 inci dengan kapasitas daya serap sebesar 65 liter per menit. Listrik yang dibutuhkan hanya 220v/ 50hz sehingga cenderung hemat. Segera pesan pompa air Shimizu di toko-toko terdekat. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber Featured Image : kufarooq5,blogspot,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password