Jenis – Jenis Kabel Listrik yang Anda Harus Kenali

Jenis – Jenis Kabel Listrik yang Anda Harus Kenali

MyGriya – Rumah tanpa lampu seperti kehidupan tanpa cahaya dan warna. Semua akan terasa gelap gulita. Bukan hanya untuk sistem penerangan, melainkan lampu juga digunakan untuk berbagai macam aspek termasuk digunakan untuk charge dan berbagai aspek yang lainnya. Karena itu kehadiran lampu sangat penting. Agar sebuah lampu dapat berfungsi secara optimal tentu dibutuhkan suatu instalasi jaringan listrik yang tepat.

Selain itu memahami berbagai jenis kabel listrik juga perlu Anda pahami. Berikut apa saja jenis – jenis kabel listrik yang Anda harus kenali. Informasi selengkapnya dapat Anda simak berikut ini. Check these out!

Jenis – Jenis Kabel Listrik yang Anda Harus Kenali

  1. Kabel listrik NYA

Jenis – Jenis Kabel Listrik yang Anda Harus Kenali

NYA merupakan sebuah kabel dengan inti tunggal yang memiliki isolator dengan bahan PVC. Bagian konduktornya terbuat dari bahan tembaga. NYA selama ini dikenal karena merupakan jenis kabel listrik yang harganya relatif murah. Jenis kabel listrik NYA memiliki isolator yang berwarna hitam, merah, kuning dan juga biru. Disamping itu kabel listrik NYA ini merupakan suatu kabel yang tidak digunakan didalam tanah atau dengan kata lain disebut kabel udara.

Kelemahan dari kabel listrik NYA adalah isolatornya yang hanya satu lapis dimana hal ini menjadikan isolator tidak cukup kuat untuk melindungi bagian dalam NYA dari berbagai sebab. Seperti halnya dari gesekan, faktor cuaca, sampai dengan gigitan tikus atau binatang yang lain. Karenanya biasanya kabel listrik NYA diberikan lapisan tambahan yang berupa pipa conduit dari PVA atau besi.

  1. Kabel listrik NYM

Jenis – Jenis Kabel Listrik yang Anda Harus Kenali

Baca juga : Panel Surya Cocok Untuk Rumah Agar Lebih Hemat Listrik

Jenis kabel listrik NYM ini memiliki isolator dengan bahan PVC dan juga memiliki konduktor yang menggunakan bahan tembaga. Di bagian inti kabelnya terdapat dua, tiga dan empat inti. Berbeda dengan sebelumnya, jenis kabel NYM lebih aman karena sudah dilapisi dengan dua lapis isolator.

Bagian isolator terluar berwarna putih dan isolator bagian dalam hadir dengan aneka warna. Karena isolatornya ada dua lapis menjadikan kabel NYM ini lebih kuat terhadap berbagai macam gesekan dan tidak mudah mengalami kerusakan. Kabel ini cocok juga digunakan di tempat yang basah dan lembab sehingga walau demikian, Anda tidak boleh menempatkannya di dalam tanah.

  1. Kabel listrik NYY

Jenis – Jenis Kabel Listrik yang Anda Harus Kenali

Baca juga : Listrik Rumah Sering Konslet? Ini Penyebabnya yang Harus Anda Tahu

Jenis kabel listrik NYY ini merupakan kabel dengan inti dua, tiga dan empat yang menggunakan bahan tembaga bersama isolasi bahan yang menggunakan PVC. Karena NYY memang dikhususkan untuk ditanam di dalam tanah, lapisan isolator kabel NYY ini tebal, kuat dan juga anti terhadap gigitan tikus.

Kabel NYY ini berwarna hitam dan tahan air. Walau demikian, kabel NYY harus tetap dilapisi dengan aneka pipa tambahan sebagai perlindungan ekstra khususnya untuk aliran listrik dengan tenaga tinggi. Ketiga jenis kabel NYY tersebut bisa Anda cari di toko bangunan atau material yang paling dekat. Untuk memasangnya, Anda perlu bantuan  dari tukang listrik agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti salah satunya terkena sengatan listrik.

Dalam memilih berbagai jenis kabel listrik baiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda memilih secara asal – asalan. Sebagai informasi, untuk Anda yang mencari berbagai peralatan dan perlengkapan yang ada kaitannya dengan rumah, Anda bisa temukan semua kebutuhan Anda di AKULAKU.

Tertarik untuk berbelanja semua produk kebutuhan Anda di AKULAKU? Mulai dari produk furniture sampai dengan berbagai item dekorasi yang lain bisa Anda temukan di AKULAKU. Tak hanya itu, untuk menjangkau kebutuhan semua lapisan masyarakat Indonesia, AKULAKU juga hadir menjadi satu – satunya aplikasi kredit  terbaik di Indonesia yang akan memberikan kemudahan berbelanja melalui cicilan dengan bunga hanya 0% saja.

Masih nunggu apalagi untuk belanja di AKULAKU? Segera nikmati kemudahan belanja hemat di AKULAKU sekarang juga! Oh ya, kabar baiknya lagi, AKULAKU sekarang bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon belanja up to 700.000. Gunakan kode voucher AIDIA1 dan nikmati diskon besarnya bersama AKULAKU. See u soon!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password