Jenis – Jenis Atap Rumah Serta Kekurangan dan Kelebihannya

jenis jenis atap rumah

Jenis jenis Atap Rumah – Anda tentu sudah mengetahui fungsi dari atap ini bagitu banyak, yaitu berguna untuk melindungi dari panas, hujan, angin, dan masi banyak lagi. Sebelum Anda membeli atap rumah Anda sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa jenis atap dan kelebihannya juga kekurangan dari atap tersebut, sebelum Anda kecewa saat Anda mulai memasang atap rumah Anda.

Berikut ini beberapa jenis jenis atap rumah serta kelebihan dan kekurangannya

1.Atap genteng keramik

atap genteng keramik

Atap geteng ini terbuat dari tanah liat pilihan yang tentunya bahan utama dari pembutan genteng keramik ini. Tambahan bahan yang di gunakan yaitu pewarna glatzur, dimana pewarana ini berfungsi sebagai bahan agar genteng ini tetap awet dan tetunya tahan terhadap cuaca seperti panas, dan hujan. Untuk warna pada genteng jenis ini tentunya bisa tahan lama karena proses pembakaran dengan suhu yang sangat tinggi, telah Anda ketahui juga bahwa pemasangan geteng ini banyak di temukan pada balkon rumah mewah atap ini juga memiliki daya tahan yang cukup kuat.

Kelemahan dari atap genteng keramik adalah harganya yang cukup mahal, pemasangannya pun harus di kunci dengan mur baut, rangka tempat memasang genteng keramik adalah reng dan beton. Proses pemasangan rangka reng juga memerlukan ketelitian agar atap tidak mudah bocor. Pemasangan juga memperhatikan kemiringan minimum 30 derajat agar air hujan mengalir dengan lancar.

2.Atap Seng

atap rumah seng

Atap seng dimana telah banyak dipilih sebagai atap rumah oleh bangunan toko dipinggir jalan. Atap seng ini mempunyai ukuran yang panjang dan lebar, atap seng memiliki keunggulan pada minimya rangka yang diperlukan. Beratnya atap seng ini cukup ringan yang mengakibatkan pemasangan harus dipaku pada rangka atap. Untuk harga seng ini paling murah dibandingkan dengan atap lainnya.

Kelemahan dari atap seng ini adalah sangat mudah berkarat. Selain itu ketika sudah berumur, atap seng akan merusak pemandangan rumah sehingga rumah akan terlihat seperti rumah yang tidak di urus oleh penghuninya. Sifat dari atap seng ini yang juga bisa menahan panas akan tetapi membuat rumah terasa sangat panas serta akan menimbulkan suara berisik ketika hujan.

3.Atap genteng aspal

atap genteng aspal

Atap genteng ini tentunya jarang sekali Anda melihatnya ataupun mendengarnya, atap genteng aspal ini terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya. Kelebihan atap genteng aspal ini adalah memiliki bobot yang sangat ringan di banding atap keramik. Atap ini sangatlah Tahan api dan tahan terhadap angin yang sangat kencang. Atap inipun dilapisi lapisan anti jamur dan anti pudar dengan beragam pilihan warna. Namun kelemahan dari atap aspal ini adalah harganya yang terlalu mahal. Selain itu ia juga membutuhkan kerangka yang cukup kuat dan banyak tentunya.

Nah, itulah penjelasan artikel tentang jenis jenis atap rumah serta kekurangan dan kelebihannya. Terimaksih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Bingung ingin beli bahan-bahan bangunan? Bila Anda membelinya secara online, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Akulaku, yah. Caranya, tinggal unduh lalu instal di android atau iPhone Anda. Setelah itu, nikmati kemudahan berbelanja dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password