Dari Engsel Kupu-kupu Hingga Bubut, Inilah Jenis Engsel Pintu Rumah yang Perlu Anda Tahu

jenis engsel pintu rumah

MyGriya – Jenis Engsel Pintu Rumah – Banyak yang harus diperhatikan jika berbicara mengenai rumah tinggal. Elemen yang satu dengan yang lainnya harus bersatu padu sehingga menjadikan rumah aman dan nyaman untuk dihuni.

Salah satu elemen umah yang cukup krusial keberadaannya adalah pintu rumah. Pintu menjadi jalan keluar masuknya penghuni rumah dan juga menjadi jalan penghubung antara satu ruang dengan ruang yang lainnya dalam rumah.

Pintu ini sendiri terdiri dari berbagai komponen, mulai dari daun pintu, gagang pintu hingga engsel yang berfungsi untuk fleksibilitas pintu.

Mengenai engsel pintu, ada beberapa jenis yang perlu anda tahu. Meskipun jenisnya banyak dan berbeda bentuk satu dengan yang lainnya, tapi untuk urusan fungsinya sama. Beberapa jenis engsel pintu rumah tersebut bisa anda ketahui melalui penjelasan di bawah ini.

Jenis Engsel Pintu Rumah Tinggal yang Harus Anda Tahu

Engsel memang memiliki peranan cukup penting untuk sebuah pintu rumah. Dengan adanya engsel, daun pintu akan lebih mudah untuk dibuka dan ditutup kembali. Beberapa jenis engsel tersebut adalah sebagai berikut:

Engsel Kupu-kupu

Engsel Kupu-kupu

Jenis engsel pintu rumah yang pertama adalah engsel kupu-kupu. Untuk jenis engsel yang satu ini cukup familiar kita temukan pada sebuah pintu. Ukuran dari engsel kupu-kupu juga cukup beragam dengan perbedaan harga yang juga berbeda-beda. Selain itu, bahan pembuatannya adalah besi atau kuningan yang dibentuk seperti lempengan. Gunanya untuk menghubungkan antara bingkai pintu dengan daun pintu, namun hanya diperuntukkan daun pintu yang terbuat dari bahan material yang tidak terlalu berat.

Engsel Panel

Engsel Panel

Selanjutnya adalah jenis engsel panel yang benntuk dan fungsinya tak berbeda jauh dengan jenis engsel kupu-kupu. Hanya saja jenis engsel satu ini terbuat dari bahan yang lebih kuat serta kokoh. Engsel ini juga sangat cocok digunakan untuk penghubung bingkai pintu dengan daun pintu yang terbuat dari bahan cukup berat seperti, kayu jati, kayu merbau dan lain sebagainya. Cara pemasangannya juga cukup mudah dengan fungsi yang maksimal.

Engsel Sendok

Engsel Sendok

Untuk jenis engsel yang satu ini lebih sering digunakan untuk daun pintu lemari, kotak penyimpanan kecil ataupun kabinet. Bentuknya yang menyerupai sendok sehingga membuat jenis engsel satu ini dinamai dengan engsel sendok. Selain itu, engsel sendok juga memiliki 2 jenis yakni engsel sendok lurus dan engsel sendok bengkok. Keduanya sama, hanya saja bentuk dan keberadaannya saat dipasangkan berbeda.

Engsel Koboi

Engsel Koboi

Yang keempat adalah jenis engsel koboi, dimana engsel satu ini adalah yang sangat fleksibel untuk sebuah pintu. Penggunanya bisa membuat pintu tertutup atau terbuka sesuai dengan keinginan mereka. Selain penggunaannya yang sangat fungsional, engsel jenis ini juga memiliki sisi dekoratif untuk interior rumah.

Engsel Gudang

Engsel Gudang

Sementara untuk jenis engsel gudang biasanya memang digunakan untuk pintu gudang, garasi, dan juga pagar rumah. Bentuknya seperti huruf T, sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan engsel T.

Engsel Piano

Engsel Piano

Dinamakan dengan engsel piano, karena pada awalnya jenis engsel satu ini memang diperuntukkan sebagai penghubung daun penutup piano dengan bingakai pianonya. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, engsel piano ini akhirnya bisa digunakan untuk perabotan lainnya seperti daun pintu rumah, lemari, dan juga jendela. Penggunaanya sangat mudah dan bisa dipotong sesuai dengan panjang yang dibutuhkan.

Engsel Patrom

Engsel Patrom

Selanjutnya adalah engsel patrom yang juga umum disebut dengan nama engsel cabut. Engsel jenis ini memang cukup mudah untuk dipindahkan atau dicabut. Biasanya, jenis engsel ini sering digunakan untuk daun jendela dan juga daun pintu rumah.

Engsel Bubut

Engsel Bubut

Dan jenis engsel pintu rumah yang terakhir adalah engsel bubut. Bentuk dari engsel satu ini cukup unik yakni berbentuk silinder dengan lubang dibagian tengah sebagai porosnya. Biasanya jenis engsel ini digunakan untuk pagar pintu besi.

Itulah tadi beberapa jenis engsel pintu rumah yang bisa kita temukan dan gunakan saat ini. Selain banyak jenisnya, penggunaannya pun cukup berbeda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password