Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Instalasi Pipa Air

instalasi pipa air

Ketersediaan air sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Adapun air disebut dengan sumber kehidupan. Seluruh makhluk hidup membutuhkan air. Keberadaan air dipercaya membawa unsur-unsur kehidupan. Kalangan ilmuwan pun meyakini hal ini. Sebagai contoh badan antariksa NASA yang selalu ramai apabila mereka menemukan bukti adanya air di planet-planet lain.

Air sangat dibutuhkan di mana pun dan kapan pun. Demikian pula di kehidupan rumah tangga. Selain untuk minum, air juga dibutuhkan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, mencuci piring, mencuci kendaraan, dan masih banyak lagi.
Untuk memenuhi kebutuhan akan air, distribusi air haruslah tersedia. Sumber air haruslah ada. Kita dapat memenuhi kebutuhan ini dengan menggali sumur bagi yang memiliki akses tanah dan yang tidak memiliki bisa mendapatkan akses air melalui PDAM. Distribusi air di dalam rumah pun juga penting.

Air harus dapat melalui segala ruangan terutama kamar mandi dan dapur. Untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan instalasi pipa air yang baik dan benar. Instalasi pipa air yang baik dan benar ini sangat penting untuk menunjang kebutuhan air di dalam rumah. Nah, kali ini kita akan membahas syarat-syarat pemasangan pipa air yang baik dan benar.

1. Kenali Tipe Rumah Anda

Hal pertama yang harus dipahami sebelum memasang instalasi pipa air ini adalah mengenal terlebih dahulu rumah Anda. Setiap rumah memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Rumah dua lantai memiliki kebutuhan yang berbeda pula pada rumah satu lantai. Rumah yang lebih luas juga membutuhkan kebutuhan yang lebih. Dan jangan lupa untuk memahami anggaran yang dibutuhkan untuk instalasi pipa air di rumah. Mengenali sumber air untuk rumah pun juga disarankan.

2. Bahan atau Materi Pipa

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah bahan atau materi pipa. Selama ini kita mempercayai bahwa pipa yang baik adalah pipa yang kuat. Hal ini tidaklah selalu benar. Adapun beberapa instalasi pipa membutuhkan pipa yang lentur untuk bagian-bagian rumah tertentu.

Jika memiliki rumah dua lantai sebaiknya utamakan memilih materi pipa yang lebih kuat di lantai bawah. Hal ini dikarenakan tekanan air di lantai bawah lebih besar ketimbang di lantai atas. Sekurang-kurangnya terdapat tiga jenis pipa air yakni pipa PVC, pipa besi, dan pipa stainless steel. Pipa stainless steel dianggap yang paling baik karena lebih kuat menahan karat.

3. Pemasangan Tangki Air atau Toren

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah memasang toren atau tangki air. Toren atau tangki air ini berfungsi menyimpan air bersih dalam jumlah yang besar. Simpanlah toren atau tangki air ini di bagian atas rumah. Pastikan tempat atau dudukan tangki air ini kuat menampung air dalam jumlah yang besar.

Cara kerja toren atau tangki air ini sederhana, yakni memanfaatkan gravitasi untuk menyalurkan air ke keran-keran air melalui pipa-pipa yang ada. Selain itu toren atau tangki air ini juga memiliki manfaat tinggi ketika kita tidak dapat memperoleh air dari sumur atau PDAM. Hal ini dikarenakan toren atau tangki air ini sudah menyimpan air terlebih dahulu.

4. Perhatikan Metode Pemasangan Pipa Air

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah metode pemasangan pipa air. Terdapat dua metode dalam memasang pipa air yakni metode tanam dan metode tempel. Metode tanam biasanya lebih dipilih oleh banyak pemilik rumah. Kelebihan metode ini adalah pemasangan lebih rapi dan aman karena pipa-pipa tidak terlihat.

Adapun kekurangannya adalah metode tanam cenderung sukar dan mahal untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan atau kebocoran. Sebaliknya pada metode tempel, pemasangan dapat terlihat sangat berantakan jika tidak dilakukan dengan benar.

Adapun kerusakan akibat benturan lebih rentan karena pipa tidak terlindungi oleh tembok. Kendati demikian pemasangan pipa air dengan metode tempel lebih mudah diperbaiki karena tidak perlu membongkar isi tembok. Adapun metode tempel ini sangat cocok bagi penghuni rumah yang menginginkan desain rumahnya memiliki desain interior industrial.

5. Pemasangan Pompa Air

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pemasangan pompa air. Pompa air dibutuhkan untuk menyalurkan air dalam sumur ke dalam toren atau tangki air. Pipa yang dibutuhkan untuk mengangkut air ini haruslah kuat. Demikian juga untuk pompa air. Pompa air yang baik sebaiknya menggunakan pompa air yang kuat. Seperti pompa air Shimizu PS-130 BIT yang memungkinkan ketersediaan air yang cukup.

Pompa air Shimizu PS-130 BIT merupakan pompa otomatis yang memiliki kekuatan besar yang dapat membantu kita sehari-hari. Dengan kemampuannya, Shimizu PS-130 BIT mampu mengangkut air dengan daya 0,3 kW dan daya dorong maksimal 40 m. Dengan adanya Shimizu PS-130 BIT, suplai air di dalam rumah pasti terjaga. Janganlah ragu untuk mempercayakan urusan air pada Shimizu. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber Gambar : bcctl, design-milk, davesplbgservice, ytimg, tokopedia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password