5 Tips Feng shui Untuk Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Feng Shui Kamar Tidur – Untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini. Mulai dari pemilihan kasur, rutinitas malam hari Anda, hingga kesehatan tubuh.

Namun kondisi dan situasi kamar tidur Anda juga harus diperhatikan agar bisa mendapatkan ketenangan dan beristirahat dengan baik.

Sebagai salah satu area privat di mana Anda dapat bersantai, desain kamar tidur patut menjadi fokus perhatian agar Anda selalu merasa nyaman dan tenang saat berada di ruangan tersebut.

Salah satu cara untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman adalah dengan menerapkan prinsip feng shui.

Ilmu kuno dari Cina ini mengambil inspirasi dari berbagai unsur alam yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan manusia sehari-hari, termasuk untuk urusan desain interior rumah.

Untuk menerapkan prinsip feng shui dalam desain kamar tidur Anda, ada banyak tips praktis yang bisa Anda tiru.

Tips Praktis Feng Shui Kamar Tidur yang Bisa Anda Tiru

1. Headboard tempat tidur yang kokoh

feng shui kamar tidur suami istri
Sumber : pixabay*com

Feng shui menyarankan agar menggunakan headboard yang kokoh dan kuat, Anda bisa menggunakan headboard berbahan kayu solid, atau headboard yang berlapis kain nan lembut.

Posisi headboard dan kasur juga harus menempel pada dinding yang utuh. Anda tidak disarankan untuk meletakkan headboard dan kasur menempel pada jendela.

Hal ini dapat mengganggu tidur Anda karena posisi kasur yang berada di dekat jendela rentan mengalami gangguan seperti kebisingan dari area luar rumah serta sinar matahari yang dapat menyorot langsung ke kasur.

2. Kosongkan area di bawah kolong tempat tidur

feng shui kamar tidur biar hoki
Sumber : parachutehome*com

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyaman, feng shui menyarankan untuk meminimalisir barang-barang yang ada di dalam kamar tidur, terutama di bawah kolong tempat tidur. Justru, kolong tempat tidur haruslah bersih dan kosong, sehingga aliran energi dapat berputar dengan baik saat Anda sedang tertidur.

Selain itu, dengan kolong tempat tidur yang kosong, membersihkan area ini menjadi lebih mudah. Menjadikan kolong tempat tidur sebagai area penyimpanan dengan tumpukan barang akan membuat area ini sulit dibersihkan, dan akibatnya debu akan muncul.

Kamar tidur yang kotor akan berbahaya bagi kesehatan Anda dan dapat menimbulkan reaksi alergi pernafasan.

3. Ciptakan sisi yang simetris

feng shui kamar tidur yang baik untuk rejeki
Sumber : clickbratislava*com

Seperti yin dan yang, keseimbangan adalah salah satu kunci penting dalam desain kamar tidur yang ideal, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga.

Pastikan tempat tidur dapat diakses dari sisi kanan maupun kiri, dan gunakan furniture yang seimbang pada kedua sisi tersebut, misalnya side table atau lampu meja.

4. Berhati-hatilah dengan peletakan artwork seperti lukisan atau foto

feng shui tempat tidur menghadap pintu
Sumber : pixabay*com

Pilihlah artwork yang memiliki nuansa positif atau menenangkan. Hal ini akan membantu menenangkan pikiran Anda saat beristirahat di dalam kamar tidur, sehingga akan membantu Anda menjadi lebih rileks dan nyaman.

Jauhkan artwork yang bercorak terlalu ramai atau bertema negatif, karena dapat membuat pikiran Anda terbebani oleh stimulasi yang berlebihan sehingga sulit untuk beristirahat.

Untuk pajangan berupa foto, letakkanlah foto Anda bersama pasangan di dalam kamar tidur. Feng shui menyarankan untuk tidak meletakkan terlalu banyak foto-foto anggota keluarga lainnya di dalam kamar tidur, karena dapat merusak suasana intim dan kenyamanan di dalam kamar.

5. Jangan letakkan cermin mengarah ke tempat tidur

feng shui cermin di kamar tidur
Sumber : pixabay*com

Cermin yang berhadapan langsung dengan tempat tidur dapat mengganggu tidur Anda. Hal ini disebabkan oleh sifat cermin yang merefleksikan cahaya, sehingga dapat menyilaukan Anda serta membuat tidur Anda tidak nyaman.

Jika Anda dapat melihat refleksi diri saat berada di atas kasur, maka geserlah posisi cermin agar tidak menyorot langsung ke arah Anda.

Feng shui adalah seni yang bersifat personal, dan setiap orang membutuhkan aplikasi yang berbeda-beda.

Namun dengan mengikuti beberapa prinsip dasar feng shui kamar tidur di atas, Anda bisa menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan tenang.

Sumber Featured Image : pixabay*com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password