6 Desain Ruang Home Office yang Ideal dan Kerja Makin Produktif

desain ruang home office

Sedang berencana untuk membuat ruangan home office di rumah? Apa pun kebutuhan ruang home office Anda, sangatlah penting untuk membuatnya nyaman saat digunakan. Untuk memaksimalkan waktu bekerja Anda, berikut beberapa tips desain ruang home office yang penting untuk dipertimbangkan saat Anda hendak mendesain ruangan tersebut.

1. Lokasi ruangan

desain ruang kantor kecil
Sumber : freshome,com

Pikirkanlah lokasi dan letak ruang home office. Sebaiknya buatlah area yang terpisah dari ruangan lainnya di rumah Anda, sehingga Anda memiliki area privat khusus untuk bekerja.

Pastikan semua kebutuhan pekerjaan Anda tersimpan di area khusus ini, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan dokumen dan benda-benda lainnya yang dibutuhkan saat bekerja.

Dengan memisahkan ruangan kantor dari area lainnya di rumah, Anda akan lebih mudah berkonsentrasi bekerja tanpa banyak gangguan.

2. Kursi dan meja kerja ergonomis

desain ruang kerja kantor yang ergonomis
Sumber : comotrabalharemcasa,net

Pemilihan perabotan yang akan digunakan di ruangan home office juga harus dilakukan dengan hati-hati. Agar Anda dapat bekerja dengan nyaman hingga berjam-jam, gunakanlah perabotan kursi dan meja kerja dengan desain ergonomis.

Desain perabotan kerja yang baik akan menunjang postur tubuh yang ideal saat Anda bekerja, baik dalam posisi duduk maupun berdiri.

Anda juga sebaiknya memilih perabotan yang bersifat modular, sehingga jika suatu saat Anda hendak memindahkan ruang kantor ke area lain, Anda dapat dengan mudah membongkar pasang perabotan dan menyesuaikannya di posisi baru.

Anda juga dapat dengan mudah memindahkan posisi perabotan jika Anda merasa jenuh dengan desain ruang home office saat ini.

3. Area penyimpanan yang memadai

desain ruang kerja kantor
Sumber : designermag,org

Salah satu hal penting yang kerap terlupakan saat mendesain ruang kantor, adalah mempersiapkan area penyimpanan yang memadai.

Anda akan memerlukan area untuk menyimpan segala perangkat yang Anda butuhkan saat bekerja, mulai dari perangkat elektronik, dokumen-dokumen, hingga kalender jadwal pekerjaan.

Jika Anda tidak memiliki ruang yang besar, manfaatkan perabotan multifungsi, misalnya meja yang memiliki laci-laci penyimpanan, atau rak penyimpanan modular yang dapat menghemat ruang.

Penggunaan ruang yang cermat akan membuat ruang home office Anda lebih efisien dan terorganisir dengan baik.

4. Pencahayaan yang tepat

desain ruangan kantor yg kecil agar nyaman
Sumber : designdeveloprealize,com

Desain pencahayaan di ruang kantor juga patut menjadi perhatian. Pikirkanlah pencahayaan yang tidak akan membuat mata Anda silau atau sakit, terutama jika Anda lebih sering menggunakan monitor komputer saat bekerja.

Pencahayaan terbaik adalah pencahayaan yang alami, oleh karena itu sebaiknya letakkan area home office di dekat jendela atau area rumah yang banyak mendapatkan sinar matahari di siang hari.

Untuk pencahayaan lampu, hindari penggunaan lampu yang terlalu keras dan menyorot langsung dari atas. Hal ini akan membuat mata Anda lelah, sebaiknya gunakan lampu yang sedikit temaram dan tidak menyorot langsung ke arah Anda.

5. Nuansa ruang home office

ruangan kantor sederhana
Sumber :thewowdecor,com

Keuntungan bekerja dari rumah adalah Anda bebas berkreasi mendesain ruang kantor sesuai selera Anda. Tambahkan sentuhan personal Anda di dalam ruangan tersebut, seperti menggunakan warna favorit Anda sebagai warna dinding ruangan.

Warna-warna menenangkan seperti biru dan hijau akan membantu Anda merasa rileks saat bekerja, sedangkan warna-warna energik seperti kuning, oranye dan merah akan membuat Anda semakin bersemangat bekerja.

6. Pengaturan kabel-kabel

desain ruang kantor online
Sumber : furnitureartist,co,uk

Pastikan Anda sudah menyiapkan area penyimpanan bagi setiap perangkat kerja yang akan Anda gunakan. Untuk berbagai perangkat elektronik seperti modem, printer, keyboard dan charger, Anda juga perlu memikirkan pengaturan kabel-kabel perangkat ini.

Dengan memikirkan sejak awal posisi perangkat di ruang kerja kantor Anda, maka Anda dapat mengorganisir peletakan kabel-kabel sehingga ruang kerja Anda tetap nyaman dan tidak berantakan.

Dengan mengatur dan melakukan desain ruang home office dengan cermat, Anda akan mendapatkan ruang kerja yang efisien dan mampu menunjang aktivitas kerja Anda.

Ada banyak cara untuk membuat home office yang ideal meskipun ruangan yang tersedia terbatas, cobalah bereksperimen dan mencari inspirasi dari berbagai situs untuk mendapatkan ide terbaik.

Sumber Featured Image : blog.bestbuy,ca

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password