Contoh Denah Rumah 2 Lantai Lengkap dengan Gambarnya

denah rumah 2 lantai lengkap

Hunian yang nyaman adalah salah satu impian dari tiap keluarga. Tak sedikit yang ingin memiliki rumah asri, aman dan nyaman. Tentu dalam mewujudkannya, anda butuh sebuah rancangan atau desain terlebih dahulu. Seperti contoh desain atau denah rumah 2 lantai lengkap beserta detail dari tiap ruangan dan juga pemilihan warna cat rumah. Dengan detail seperti ini maka mudah rasanya untuk menciptakan sebuah rumah impian.

Denah rumah 2 lantai juga butuh perencanaan yang lengkap. Bukan hanya menyesuaikan budget tetapi juga menyesuaikan konsep yang anda inginkan. Berikut beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dalam membuat denah rumah 2 lantai agar rumah impian bisa diwujudkan dengan mudah dan sempurna.

Denah Rumah 2 Lantai Lengkap dengan Detailnya

  1. Menentukan Jumlah Penghuni

denah rumah 2 lantai lengkap dengan tampak

Mengetahui berapa jumlah penghuni dalam satu rumah tentu akan sangat berpengaruh dari bagaimana kita membuat denah rumah 2 lantai lengkap dengan kebutuhan ruangan-ruangannya. Hal ini juga dirasa makin bagus untuk perencanaan agar apa yang anda butuhkan dalam sebuah rumah bisa terwujud. Pastikan berapa jumlah penghuni rumah yang akan anda bangun. Salah satu langkah awal yang bisa membuat denah rumah menjadi sempurna.

  1. Membuat Program Ruang

denah rumah 2 lantai lengkap dengan tampak dan potongan

Baca juga : Contoh Denah Rumah Modern Minimalis yang Nyaman

Jika anda sudah menentukan jumlah penghuni sebuah rumah, buatlah program ruang yang bisa membantu untuk mempermudah membangun tiap ruangan. Buatlah data berapa saja ruangan yang anda butuhkan seperti berapa kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga hingga ruang terbuka hijau untuk taman anda. Disadari atau tidak, taman memanglah berfungsi untuk membuat rumah menjadi lebih asri. Maka dari itu tak ada salahnya untuk memberi lahan di denah rumah 2 lantai lengkap dengan taman anda.

  1. Buatlah Sketsa Lahan dan Zoning

denah rumah 2 lantai

Baca juga : Contoh Denah Rumah 3 Kamar Berkonsep Minimalis Sederhana

Lantai 1 bisa diprioritaskan untuk aktivitas bersama dengan seluruh penghuni rumah. Misalnya saja seperti ruang keluarga, ruang tamu atau ruang dapur. Sementara untuk tangga menuju lantai 2 bisa anda letakkan berada di tengah rumah dan kamar mandi harus diturunkan beberapa sentimeter agar bisa digunakan dengan lebih nyaman. Lakukan pembagiian zona untuk lantai 1 ataupun lantai 2. Sementara kamar depan dan ruang tamu bisa dibuat tetap terlalu banyak perubahan.

  1. Pindahkan Sketsa ke Kertas Milimeter

denah rumah 2 lantai mungil

Baca juga : Contoh Denah Rumah Type 36 Renovasi yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Jika anda ingin membuat denah rumah 2 lantai lengkap dengan detailnya, cobalah untuk memindahkan sketsa pada kertas milimeter dan beri pintu serta jendela. Sebab tidak banyak perubahan yang dilakukan maka tempatkan pada posisi pintu, jendela serta tangga. Sementara ruang kosong di bawah tangga bisa anda gunakan untuk kamar mandi dan shower hanya saja kamar mandi tersebut harus diturunkan ke 3 anak tangga.

  1. Beri Perabot dan Arsiran

denah rumah 2 lantai ukuran 6x10

Setelah anda memindahkan sketsa ke kertas milimeter, buatlah sketsa lahan dan zoning lantai 2 kemudian buat garis bantu dan jangan lupa untuk melakukan trial error. Beri pintu dan jendela serta berikan perabot dan arsiran. Denah rumah 2 lantai lengkap dengan perabot dan arsiran telah siap untuk anda gunakan. Jangan lupa untuk menyesuaikan perabot dengan konsep atau luas rumah anda. Sebaiknya tidak menggunakan perabotan yang terlalu banyak agar rumah tidak terlihat sempit.

Inilah beberapa langkah untuk membuat denah rumah 2 lantai lengkap dengan detailnya. Anda bisa mencoba membuatnya sekarang juga. Dapatkan pula kemudahan untuk mewujudkan rumah idaman anda. Pastikan bahwa apa yang anda gambar sudah sesuai dengan budget anda. Denah rumah 2 lantai idaman bisa anda konsultasikan lengkap dengan arsitek handal.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password