Cara Tepat Menanam Rumput Taman Agar Tumbuh Subur

Cara Tepat Menanam Rumput Taman

MyGriya – Cara Tepat Menanam Rumput Taman – Salah satu cara yang paling simple dan mudah untuk menghias area taman agar dapat terkesan menarik dan memiliki suatu cita rasa yang asri adalah dengan menanam sebuah rumput taman. Anda bisa tanam rumput taman di halaman rumah Anda, namun penanamannya tidak boleh sembarangan.

Tata cara tanam yang sembarangan tentu hal ini malah akan membuat rumput taman Anda tidak dapat tumbuh dengan subur. Bahkan bisa jadi rumput Anda tidak tumbuh secara sehat. Berikut kami uraikan bagaimana cara tepat menanam rumput taman agar tumbuh dengan subur yang Anda harus tahu dan pahami. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Cara Tepat Menanam Rumput Taman Agar Tumbuh Subur

Tentukan jenis rumput yang sesuai kondisi cuaca dan konsep taman

Cara Tepat Menanam Rumput Taman Agar Tumbuh Subur
Berbagai jenis rumput alami sekarang ini memang dapat menjadi pilihan rumput taman Anda mulai dari rumput Jepang, rumput gajah, sampai dengan rumput peking. Masing – masing rumput taman ini sendiri memiliki ketahanan yang berbeda terhadap curah hujan dan juga pada sinar matahari. Untuk rumput Jepang sendiri, agar bisa tumbuh perlu cahaya matahari lebih banyak. Ada juga rumput Swiss yang menjadi varian rumput  yang tidak tahan dengan curah hujan yang tinggi dan juga pijakan orang. Kemudian selain itu jenis rumput taman ini juga memiliki karakteristik berupa tekstur dan panjang yang berbeda – beda. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada hasil akhir tampilan taman Anda nantinya.

Siapkan tanah dengan cara Anda gemburkan pada lahan yang akan ditanami rumput taman

Tahapan ini merupakan sebuah tahapan penting untuk menanam rumput taman demi menentukan kualitas tanah yang digunakan. Tanah yang siap untuk ditanami rumput taman harus dalam keadaan lembab sehingga akan kaya material zat hara dan unsur organik. Cara menggemburkannya sendiri cukup mudah dengan Anda mencangkul 5 sampai dengan 10 cm di bagian atas tanah. Kemudian tanah Anda campurkan dengan kompos atau pupuk kandang. Penggunaannya sendiri lebih disarankan karena pupuk alami lebih mudah dalam proses penyerapan zat hara. Setelah semuanya tercampur merata, ratakan bagian atas tanah yang sudah tercampur dengan hal ini Anda juga bisa tambahkan gipsum agar tanah semakin mudah menyerap air.

Basahkan kemudian petakkan tanah sebelum menyemai bibit rumput taman

Cara Tepat Menanam Rumput Taman Agar Tumbuh Subur
Sebelum Anda mulai menyebarkan bibit rumput taman, Anda perlu basahkan tanah dengan sedikit air kemudian bagi ke dalam beberapa petak. Dalam melakukan penyemaian ini Anda bisa tanam membentuk pola selang seling atau pola zig zag. Setelah bibit rumput taman kemudian disebarkan, Anda bisa tambahkan gambut di bagian atasnya. Lapisan gambut ini sendiri akan sangat berguna dalam membantu menjaga kelembaban tanah di tahap perkecambahan.

Lakukan perawatan yang tepat ketika taman mulai tumbuh lebat

Cara Tepat Menanam Rumput Taman Agar Tumbuh Subur
Karena masing – masing jenis rumput taman memiliki karakter yang berbeda, maka untuk perawatannya juga butuh perilaku yang berbeda – beda. Beberapa jenis rumput tumbuh dengan cepat seperti halnya rumput Jepang yang Anda harus pangkas sekurang – kurangnya satu bulan sekali. Selain memangkas, Anda juga harus mencabuti gulmanya. Sementara rumput peking adalah jenis rumput taman yang paling banyak ditumbuhi gulma sehingga teksturnya yang halus menjadi penyebab mengapa rumput ini perlu perawatan secara intensif.

Itulah cara tepat dalam menanam rumput taman agar tumbuh subur. Selamat mencoba. Oh iya, Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi – bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password