Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC dengan Cara Simpel Ini!

Cara Simple Membikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Mygriya – Cara Simple Membikin Rumah Sejuk Tanpa AC – Rumah menjadi tempat berlindung dan beristirahat setelah beraktifitas di luar ruangan. Karena fungsinya tersebut, sudah seharusnya rumah bisa memberikan kenyamanan bagi para penghuninya.

Salah satu definisi rumah yang nyaman ditinggali adalah memberkan kesejukan bagi penghuni didalamnya. Dan untuk menghadirkan suasana sejuk ini biasanya penghuni rumah menghadirkan AC didalamnya.

Tetapi ternyata ada lho cara membuat rumah lebih sejuk tanpa harus menggunakan AC. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini!

Cara Simple Membikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Rumah Sejuk Tanpa AC

Untuk mendapatkan suasana sejuk dalam rumah, ada beberapa elemen rumah yang harus diperhatikan. Selain itu, dekorasinya juga menjadi poin penting dalam hal membuat sejuk dalam rumah ini.

Buat plafon lebih tinggi

Cara pertama untuk menghadirkan suasa sejuk di dalam rumah adalah dengan menerapkan plafon rumah yang lebih tinggi. Plafon rumah yang tinggi ini diyakini mampu memperlambat udara panas yang masuk ke dalam ruangan. Hal ini dikarenakan sinar matahari tidak langsung masuk ke ruangan rumah, melainkan masih menerpa dinding luar rumah terlebih dahulu. Lalu kemudian masuk ke rangka atap, dan diteruskan lagi ke plafon rumah hingga akhirnya mangalir ke dalam ruangan.

Buat ventilasi silang

Selanjutnya Anda juga bisa menerapkan ventilasi silang pada rumah Anda, bisa jendela maupun pintu. Buatlah dua ventilasi yang saling berhadapan di dalam satu ruang. Dengan demikian maka udara panas yang masuk ke ruangan akan lebih cepat keluar dan berganti dengan udara bersih yang sejuk. Cara satu ini biasanya lebih umum digunakan pada rumah dengan taman atau halaman yang cukup luas.

Memakai material rumah tahan panas

Dan cara yang terakhir untuk membuat rumah lebih sejuk adalah dengan memilih material rumah berbahan tahan panas. Material rumah tahan panas ini nantinya juga berfungsi menjadi pelindung dari radiasi sinar UV, dimana sinar inilah yang seringkali membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih panas.

Demikian tadi cara membikin rumah sejuk tanpa AC yang bisa kami bagikan kepada Andas semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password