Cara Praktis Meredam Panas Atap Seng

cara praktis meredam panas atap seng

Mygriya – Rumah yang menggunakan atap terbuat dari seng memang lebih terlihat simpel dan mudah dalam pemasangannya. Tapi ternyata, atap seng yang digunakan tak jarang menimbulkan beberapa masalah atau ketidaknyamanan bagi para pemilik rumah. Salah satunya adalah suhu panas yang dihasilkan oleh atap bermaterial seng tersebut. Selain panas, atap yang terbuat dari material seng ini sering juga menghasilkan kebisingan yang cukup mengganggu bagi sang penghuni rumah.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh atap bermaterial seng tersebut. Bukan suara bising dari seng, melainkan mengatasi suhu panas yang kerap kali ditimbulkannya. Caranya cukup mudah dan simpel, tak membutuhkan cara yang sepsifik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun untuk informasi lebih lengkapnya, bisa Anda simak pada ulasan dibawah ini mengenai cara praktis meredam panas atap seng paling ampuh.

Cara Praktis Meredam Panas Atap Seng

Untuk mengatasi panas yang ditimbulkan oleh atap seng ini, Anda bisa menggunakan benda sebagai lapisan bawah seng yang berfungsi sebagai isolator. Bahan pelapis ini memang sangat ampuh untuk menetralisir panas berlebih yang dihasilkan dari radiasi sinar matahari. Berikut adalah peredam panas atap seng yang bisa Anda gunakan :

Styroform (EPS-Expanded Polystyrene System)

Pelapis yang bisa digunakan untuk isolator atau peredam panas dari atap seng adalah styroform. Styroform ini memiliki kerapatan yang cukup rendah yang diakibatkan susunan dari butiran berisi udara yang tidak terlalu rapat. Struktur inilah yang memiliki peran penting untuk menghambat suhu panas yang dihasilkan oleh atap seng untuk masuk ke dalam ruangan. Styroform yang bisa digunakan ini sendiri berbentuk panel sehingga lebih mudah cara pengaplikasiannya.

Penggunaan styroform untuk peredam panas atap seng ini sebenarnya sudah menjadi cara lama, hanya saja masih ada beberapa orang yang tidak mengetahuinya. Penggunaan styroform diharapkan juga bisa mengrangi penggunaan panel kayu sebagai pendingin suhu akibat atap seng. Sehingga nantinya Anda juga bisa menciptakan rumah yang ramah lingkungan.

Aluminium Foil

Selain Styroform, benda lain yang bisa Anda gunakan untuk pelapis atap seng agar tidak menimbulkan suhu panas adalah aluminium foil. Aluminium Foil ini adalah pelapis atap yang mampu menangkal radiasi dari panas matahari yang akan masuk ke ruangan dalam rumah hingga mencapai 97%. Dalam hal meredam panas dari atap seng, kerja dari aluminium foil ini adalah dengan memantulkan panas, bukan menyerapnya seperti yang dilakukan oleh styroform.

Menurut beberapa orang, aluminium foil adalah peredam panas atap seng terbaik yang bisa digunakan. Tak heran banyak pemilik rumah lebih sering menggunakan aluminium foil tersebut. Aluminium foil bisa dipasang terlebih dahulu pada kerangka atap dengan kawat sebagai pengikatnya. Barulah nanti seng bisa dipasang diatas lapisan aluminium foil tersebut.

Polyurethane Foam

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan Polyurethane Foam sebagai peredam panas pada atas seng. Berbeda dengan benda-benda diatas, Polyurethane Foam memiliki bentuk foam dan cara penggunaannya adalah di semportkan ke permukaan atap yang akan dilindungi.

Jangan khawatir, Polyurethane Foam ini memiliki sifat yang ringan sehingga akan memberikan tekanan yang berlebih pada atap rumah. Selain itu, Polyurethane Foam tak hanya berfungsi untuk melindungi seng saja, melainkan juga material lainnya seperti, metal, beton, dan juga kayu.

Dengan penggunaan Polyurethane Foam ini nantinya akan membuat ruang dalam rumah akan terasa lebih dingin saat musim panas, serta terasa lebih hangat saat musim dingin.

Itulah tadi cara praktis meredam panas atap seng yang bisa Anda terapkan sendiri. Ruang dalam rumah tak akan lagi terapa lebih panas suhunya jika menggunakan atap seng. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password