Cara Praktis Mengatasi Atap Seng yang Bocor Menggunakan Perekat Buatan Sendiri

cara praktis mengatasi atap seng yang bocor

Mygriya – Sudah semestisa kita sebagai pemilik rumah memperhatikan tampilannya, baik dari segi interior maupun eksterior. Keindahan rumah bisa dicapai jika kita bisa dengan tepat memadupadankan interior dan eksterior rumah sesuai tema yang sudah dipilih. Berbagai komponen rumah ini haruslah serasi agar bisa menciptakan kesan yang lebih cantik dan elegan. Ada banyak bagian rumah yang perlu diperhatikan, baik cara pembuatannya maupun bahan yang digunakan. Salah satunya seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini yakni atap rumah.

Mengenai atap rumah, di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini ada beberapa bahan yang bisa dipilih. Salah satunya yang sering dijadikan pilihan adalah atap yang terbuat dari seng. Atap seng dipilih karena bisa menghemat pengeluaran untuk pembangunan rumah. Atap seng juga biasanya di pasang di bagian teras rumah, atau ruang tambahan sebagai dapur yang ada di belakang rumah. Meskipun sekarang ini cukup jarang orang memilih atap seng, tapi tetap saja ada beberapa pemilik rumah yang setia menggunakannya.

Tapi demikian, menggunakan atap seng ternyata menimbulkan beberapa kendala, salah satunya adalah atap yang bocor atau bolong. Sebenarnya yang seperti ini adalah hal wajar, dan pasti akan terjadi seiring berjalannya waktu. Tak perlu terlalu khawatir jika rumah Anda mengalami hal yang demikian ini. Karena ada cara praktis mengatasi atap seng yang bocor tersebut. Bahkan uniknya, Anda bisa membuat perekat sendiri yang nantinya bisa digunakan untuk menambal kebocoran seng.

Namun untuk informasi selengkapnya mengenai cara praktis mengatasi atap seng yang bocor, silahkan Anda simak dibawah ini.

Cara Praktis Mengatasi Atap Seng yang Bocor Menggunakan Perekat Buatan Sendiri

Atap yang mengalami kebocoran dkecil memang harus segera di tambal. Karena kalau dibiarkan, lama kelamaan akan lebih besar dan akhirnya tidak bisa lagi untuk di perbaiki dengan cara di tambal. Untuk itu, penting sekali Anda tahu bagaimana cara menambal atap seng yang bocor tersebut. Dalam hal ini kita bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai dan kiat buat sendiri sebagai perekatnya.

Namun sebelum lanjut ke cara membuat perekat untuk menambal seng yang bocor, perlu disiapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahannya, seperti :

  • Gabus atau bisa juga dengan styroform
  • Lem
  • Bensin
  • Kuas
  • Wadah/mangkuk

Setelah bahan dan alatnya sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah menerapkan cara pembuatan pereka untuk menambal kebocoran pada atap seng. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Langkah yang pertama adalah dengan memotong gabus atau styroform dalam bentuk yang kecil-kecil. Kemudian taruh pada wadah yang sudah disiapkan tadi.
  2. Setelah itu, tuangkan bensin secukupnya pada wadah yang berisi gabus atau styroform tadi. Nantinya gabus atau styroform akan larut secara perlahan akibat bensin yang dituangkan.
  3. Tunggu sampai gabus larut dan berubah menjadi seperti pasta.
  4. Jika sudah, tambahkan lem perekat seng ke dalam adonan tersebut. Kemudian aduk-aduk hingga merata.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan adonan perekat tadi pada permukaan seng yang bocor. Besihkan terlebih dahulu bagian permukaan seng yang bocor dan lalu oleskan adonan perekat ke permukaannya tersebut. Berikan sedikit tekanan agar adonan perekat bisa masuk lebih dalam ke pori-pori seng.
  6. Biarkan adonan mengering dengan sendirinya. Biasanya butuh sekitar 5-6 jam hingga nantinya adonan perekat kering secara sempurna.
  7. Jika sudah, cobalah untuk mengetes apakah kebocoran pada atap seng sudah tertutup sempurna atau belum. Bisa dengan mencoba mengalirkan air diatasnya.

Cukup mudah bukan cara mengatasi tap seng yang bocor diatas? Kini Anda tak perlu lagi bingung ketika atap seng pada rumah mengalami kebocoran, karena Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa harus ribet meminta bantuan pada tukang. Semoga informasi diaas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password