Lebih Unggul daripada Akuarium, Perhatikan dengan Jeli Bagaimana Cara Merawat Kolam Ikan

cara merawat kolam ikan

Memelihara ikan adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dicoba. Memelihara ikan tentu agak berbeda jika dibandingkan dengan memelihara hewan vertebrata. Alasannya, alokasi tempat yang dibutuhkan tidak terlalu menyulitkan. Di letakkan di mana saja juga bisa asalkan aman.

Namun saat memelihara ikan tidak dapat demikian. Ikan membutuhkan tempat khusus yang sekaligus dapat menampung air dan dirinya. Berdasarkan jenisnya, ada 2 tipe yang dapat menampungnya, yakni akuarium dan kolam.

Yang terakhir, kolam, umumnya lebih rumit perawatannya. Namun memelihara ikan dan meletakkannya di kolam punya daya tarik yang lebih tinggi. Orang yang melihatnya akan menilai Anda punya selera yang cukup tinggi. Selain kesan yang ditinggalkan, memilih kolam ketimbang akuarium juga memiliki keunggulan berupa mampu menampung ikan lebih banyak.

Saat memutuskan memilih kolam sebagai hunian ikan peliharaan Anda, jangan lupa menjaga kebersihannya. Hal ini tentu sangat penting karena kolam yang bersih tentu akan sangat memberi pengaruh bagi tumbuh kembang ikan. Berikut ini akan diulas sejumlah cara merawat kolam ikan. Apa saja ya kira-kira?

1. Rutin Menguras Kolam Ikan

rutin menguras kolam

Merawat kolam ikan tentu saja jangan lupa untuk rutin mengurasnya. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dicoba ketika menguras kolam. Pertama, pindahkan tumbuhan-tumbuhan yang berada di kolam ikan. Lakukan hal ini ketika air sudah berkurang banyak.

Lalu, pindahkan ikan-ikan kesayangan ketika ketinggian air tinggal 10 hingga 20 centimeter. Hal ini penting untuk dilakukan agar ikan tidak stress dan mengurangi tenaga saat menangkapnya.

Biarkan kolam ikan mengering oleh cahaya matahari, kemudian baru isi kembali. Gunakan air bersih yang berasal dari pompa air berkualitas sehingga kesehatan ikan Anda lebih terjamin.

2. Pasang filter Sesuai Ukuran

filter kolam renang

Filter dapat membantu merawat kolam ikan karena alat ini mampu mengurangi kotoran yang muncul di kolam ikan. Ukuran filter harus sesuai dengan kolam agar kualitas penampungannya memadai. Selain itu, jangan lupa menyalakan aerator dalam filter agar kolam tidak keruh dan sirkulasi udara terjaga dengan baik.

Jangan lupa juga untuk membersihkan filter dan pompa setidaknya sekali dalam seminggu agar tetap bersih. Periksa apakah ada kerusakan dalam filter jika melihat ada sesuatu yang ganjil.

3. Periksa Kolam Setiap Saat

memeriksa kolam ikan

Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah melihat apakah ada kotoran yang masuk ke dalam kolam. Kotoran tersebut dapat bermacam-macam mulai dari daun sampai sampah plastik.

Untuk membersihkannya, gunakan alat semacam gayung kecil jika agak jauh letaknya dan penting tidak mengganggu aktivitas ikan. Jangan lupa cuci tangan setelah dan sebelum membersihkan kolam ikan.

4. Pelihara Ikan yang Dapat Memakan Kotoran

ikan di kolam jernih

Ada beberapa jenis ikan yang dapat memakan kotoran-kotoran kecil seperti ikan sapu-sapu dan Chinese Algae Eater. Walaupun tidak begitu besar, ikan-ikan semacam ini bisa cukup membantu membersihkan kotoran yang berada di kolam.

Ikan-ikan pemakan kotoran-kotoran kecil dapat anda miliki dengan datang ke toko-toko ikan terdekat.

Itulah sejumlah cara dalam merawat kolam ikan. Nah untuk menerapkan beragam tips di atas, tentu saja Anda membutuhkan pompa air yang bagus. Pasokan air bersih sangat penting untuk merawat dan membersihkan kolam ikan kesayangan.

Pompa air Shimizu dapat diandalkan untuk menyediakan pasokan air bersih yang dibutuhkan. Shimizu telah lebih dari 30 tahun melayani kebutuhan masyarakat Indonesia akan air bersih. Salah satu jenis pompa air yang handal adalah Shimizu PC-165 BIT.

PC-165-BIT

Seri ini merupakan salah satu produk berkualitas Shimizu perusahaan pompa air nomor satu di Indonesia. Yang memiliki panjang pipa hisap 15 meter dan daya dorong maksimal 33 meter. Ampuhnya PC-165 BIT, sebanyak 28 liter air bersih mampu tersedia per menit pada head 7 meter. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

Sumber Gambar : rumahkuunik, youtube, bagiinfo, manandshark, shimizu

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password