Cara Merawat Karpet dalam Rumah Agar Tidak Lembab dan Bebas Debu

cara merawat karpet

Mygriya – Cara Merawat Karpet – Untuk menjadikan desain interior rumah lebih menarik dan indah, biasanya penghuni akan menghadirkan karpet yang bermotif atau polosan dengan berbagai macam warna. Karpet sendiri biasanya dihadirkan di ruang tamu ataupun ruang keluarga sebagai alas. Menghadirkannya di depan TV akan menjadi tempat berkumpul keluarga yang asyik dan seru. Hal ini juga akan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Tapi bukan tanpa masalah dengan menghadirkan karpet di dalam rumah. Jika tidak merwatnya dengan baik, bisa jadi karpet akan membuat penampilan rumah menjadi kurang menarik. Biasanya karpet akan menyebabkan lembab berlebih sehingga menjadi penyebab munculnya jamur. Tak hanya itu, jarpet biasanya juga menjadi sarang debu yang menumpuk. Lantas, bagaimana cara merawat karpet agar tidak lembab dan bebas debu?

Baca Juga : Contoh Model Karpet Lantai Terbaru Cocok untuk Hunian Idamanmu

Begini Cara Merawat Karpet dalam Rumah Agar Tidak Lembab dan Bebas Debu

Cara Merawat Karpet

Tips merawat karpet agar bebas lembab dan debu ini dikemukakan oleh Design Head Jaipur Rugs, Kavita Chaudhary. Berikut tips selengkapnya yang berhasil kami rangkum :

Pertama untuk mengusir debu dan lembab pada karpet bisa dengan menggunakan Vacuum Cleaner. Lakukan pembersihan dengan Vacuum Cleaner setidaknya 2 kali dalam seminggu. Vacuum Cleaner memiliki kemampuan untuk menyedot debu yang menumpuk, residu di karpet dan juga potensi jamur yang akan tumbuh.

membersihkan karpet menggunakan vacuum

Selain Vacuum Cleaner, pembersihan juga perlu dilakukan setiap hari baik di pagi maupun sore hari menggunakan kemoceng ataupun sapu. Ini juga berfungsi untuk menyingkirkan serat-serat karpet yang terlepas yang juga bisa berisiko menyebabkan alergi karena terhidup.

membersihkan karpet menggunakan kemoceng

Di beberapa kesempatan, cobalah untuk menjemur karpet dan membebernya di bawah sinar mtahari langsung.

menjemur karpet

Jika memang tidak digunakan, sebaiknya Anda menggulung karpet, bukan dengan cara melipatnya. Saat menggulungnya, sebaiknya juga menyematkan sekantung silica gel untuk mencegah lembab atau membuat karpet selalu dalam kondisi kering.

karpet di gulung

Dan jika daerah di rumah Anda merupakan daerah lembab, maka bisa disiasati dengan cara memilih karpet yang terbuat dari bahan katun ringan. Karpet akan tetap kering dan jauh dari kata lembab.

karpet bahan katun

Itulah tadi cara merawat karpet dalam rumah agar bebas debu dan lembab. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password