Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut di Tembok Paling Mudah

cara menghilangkan jamur

MyGriya – Sudah semestinya pemilik rumah selalu memperhatikan kondisi rumahnya. Hal yang demikian ini tak lain untuk menjaganya tetap kokoh dan juga memberikan tampilan yang elegan. Rumah yang kokoh dan elegan ini tak hanya akan memberikan keamanan yang baik kepada sang penghuni rumah, tapi juga bisa untuk membuatnya betah berlama-lama di dalamnya. Pikiran akan terasa lebih tenang dan fresh dengan tampilan rumah yang sempurna, terlebih lagi saat ada tetangga atau sanak saudara yang datang berkunjung.

Tapi apa jadinya jika rumah mengalami beberapa masalah, misalnya seperti tumbuhnya jamur dan lumut di tembok? Pastinya ini sangat mengganggu tampilan elegannya bukan? Banyak pemilik rumah yang mengeluhkan hal ini, dan tak jarang dari mereka juga kesulitan atau bahkan tidak tahu bagaimana cara untuk menghilangkannya. Sebenarnya ada banyak cara untuk menyingkirkan jamur dan lumut di dinding rumah tersebut. Bahkan Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasinya. Semua akan di jelaskan pada ulasan dibawah ini mengenai cara menghilangkan jamur dan lumut di tembok rumah.

Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut di Tembok

Munculnya jamur dan lumut di tembok, biasanya disebabkan oleh suhu ruangan yang lembab, yang mana ini memang menjadi suhu terbaik bagi jamur dan lumut untuk tumbuh. Selain itu, penyebab lainnya adalah penggunaan bahan pelapis tembok yang kurang baik. Pelapis tembok yang bagus memang kebanyakan dibanderol dengan harga mahal, tapi itu sesuai dengan kemampuannya menjaga tembok tetap kokoh dan bagus.

Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut di Tembok

Sebenarnya mudah saja untuk menerapkan cara menghilangkan jamur tembok atau lumut ini, tapi memang butuh langkah khusus supaya noda pengganggu tersebut bisa hilang secara sempurna. Sebelum lanjut ke cara membersihkan tembok dari jamur dan lumut, sebaiknya Anda gunakan perlengkapan keamanannya terlebih dahulu. Beberapa perlengkapan keamanan tersebut seperti, sarung tangan, masker dan juga pakaian berlengan panjang. Setelah semuanya sudah siap, barulah Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan larutan pembasmi lumut dan jamur tembok terlebih dahulu. Larutan tersebut bisa didapatkan dengan cara mencapurkan karbol dan air. Takarannya adalah 1:3 dengan 1 bagian untuk karbol dan 3 bagian untuk airnya. Jika memang Anda tidak menemukan karbol, bisa juga dengan menggunakan deterjen yang mengandung bahan aktif pencerah kain. Perbandingan takarannya juga sama seperti penggunaan karbol.
  2. Larutan tadi di masukkan ke dalam botol spray, lalu semprotkan secara merata pada tembok yang terdapat jamur dan lumut.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan menggosok-gosok tembok yang berjamur dengan sikat berbulu kaku supaya jamur dan lumut tersebut bisa terangkat lebih mudah. Gunakan juga kain berserat kasar untuk pembersihan akhirnya.
  4. Jika dirasa jamur dan lumut sudah terangkat, bilas menggunakan air bersih kemudian keringkan.
  5. Selesai.

Sekarang tembok yang sebelumnya ditumbuhi jamur dan lumut yang tentunya sangat mengganggu tampilan rumah, sekarang sudah menjadi bersih kembali dan rumah menjadi lebih elegan. Jika memang cara diatas kurang ampuh untuk diterapkan, maka Anda bisa mencoba menggunakan produk-produk yang memang khusus diformulasikan untuk membasmi jamur dan lumut di tembok. Zat yang terkandung di dalam produk khusus ini biasanya cukup keras dan memang cukup ampuh menghilangkan jamur dan lumut di tembok dengan mudah.

Terapkan cara diatas dengan benar dan bertahap, dan yang penting gunakan cat pelapis tembok yang terbaik agar tembok tidak ditumbuhi jamur dan lumut. Pastikan sirkulasi udara di dalam rumah lancar agar suhu di dalamnya tidak lembab. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password