Cara Membuat Sekat Rumah dari Bahan Material Kayu

cara membuat sekat rumah

MyGriya – Dalam hal mendesain interior rumah, sala satu yang tidak boleh anda lupakan adalah memilih sekat rumah antar satu ruang dengan ruang lainnya.

Sekat rumah ini sendiri terdiri dari berbagai jenis, seperti permanen, semi permanen serta juga yang bisa dipindah-pindah. Selain itu, untuk segi bahan yang digunakan untuk sekat rumah ini sendiri cukup bervariasi.

Namun yang paling sering dan umum digunakan adalah dari material kayu. Sekat rumah dari material kayu dipilih karena kepraktisannya saat digunakan.

Selain itu, modelnya juga cukup beragam untuk menunjang penampilan interior rumah, terutama untuk model rumah minimalis.

Selain memberikan kesan cantik dan elegan pada interior rumah, sekat dari kayu ini juga akan membuat rumah tampak asri.

Apalagi ketika anda bisa memilih model sekat yang tepat untuk pemisah ruangan di rumah anda.

Seperti yang disebutkan pada artikel sebelumnya, sekat rumah dari kayu ini cukup banyak modelnya dan bisa disesuaikan dengan keinginan serta selera masing-masing orang.

Sekat rumah dari bahan material kayu ternyata juga cukup murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Terlebih lagi jika anda bisa membuatnya sendiri, pasti biaya yang dibutuhkan bisa lebih ditekan lagi.

Berikut ini adalah cara membuat sekat rumah dari bahan material kayu yang mudah dan sederhana bisa anda terapkan.

Cara Membuat Sekat Rumah dari Bahan Material Kayu

Ada beberapa tahapan untuk membuat sekat rumah yang terbuat dari material kayu ini. Semua tahapan harus dilakukan dengan urut dan benar agar hasil yang didapat bisa maksimal pula. Inilah tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk pembuatan sekat rumah dari kayu :

Mempersiapkan anggaran pembuatan

Hal yang pertama paling penting dipikirkan terlebih dahulu untuk pembuatan sekat rumah adalah budget yang dibutuhkan. Tanpa adanya budget atau anggaran tentu tidak akan tercapai yang namanya membuat sekat rumah.

Anggaran biaya yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu akan mampu meminimalisir membengkaknya dana selama pembuatan. Bisa dipikirkan apa saja yang akan dibeli untuk bahan pembuatan sekat sehingga nanti bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan.

Menentukan ruangan yang akan diberi sekat

Selain anggaran, yang perlu dipikirkan terlebih dulu juga adalah ruangan yang akan diberi sekat. Tentukan ruangan yang ingin dipasang sekat, lalu ukura panjang atau lebarnya agar sesuai. Hal ini akan membantu anda meminimalisir kesalahan dalam pembuatan sekat rumah dari kayu ini.

Mendesain sekat rumah

Tak hanya ukuran sekat yang akan dibuat, desain sekat juga harus anda buat terlebih dahulu. Desain bisa anda sesuaikan dengan tema atau model ruangan dalam rumah. Sesuaikan juga dengan pilihan bahan kayu yang akan digunakan agar sesuai dengan desain yang sudah dipilih. Dengan demikian, nantinya anda akan mendapatkan desain ruangan yang cantik dan elegan.

Persiapan dan proses pembuatan

Sebalum akhirnya melakukan proses pembuatan sekat, terlebih dahulu lakukan persiapannya. Besihkan ruangan kerja untuk pembuatan agar tidak mengganggu aktifitas anda dalam membuat sekat rumah. Selain itu, persiapkan juga bahan dan alatnya seperti lembaran kayu, paku, palu, dan lain sebagainya.

Selanjutnya barulah pembuatan sekat bisa dilangsungkan. Silahkan rakit sekat sesuai dengan desain yang sudah dibuat tadi. Pasangkan lembaran kayu dengan rapi agar memberikan tampilan yang maksimal pada rumah.

Finishing

Dan yang terakhir tentunya proses finishing. Untuk proses finishing ini sendiri artinya anda akan mempermanis tampilan dari sekat kayu. Jika suka dengan warna ceria, anda bisa melapisi cat pada sekat. Tapi jika ingin wanrna yang alami, bisa membiarkan kayu berpenampilan natural atau pelapis lain yang bisa mengeluarkan sisi naturalnya.

Itulah tadi beberapa cara membuat sekat rumah dari bahan material kayu yang bisa anda terapkan sendiri. Ikuti langkah-langkahnya dan dapatkan tampilan rumah yang cantik dan elegan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password